10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Tamiang Yang Bagus

Pesantren di Kabupaten Aceh Tamiang

Provinsi Aceh merupakan wilayah yang sangat kental dengan kehidupan religinya. Oleh karena itu tidak heran apabila di provinsi ini terdapat banyak sekali pondok pesantren yang tersebar ke berbagai kabupaten. Salah satunya yaitu beada di Kabupaten Aceh Tamiang.

Kabupaten Aceh Tamiang ini mempunyai 12 kecamatan dengan jumlah penduduk sekitar 250.992 orang yang terdiri atas 126.724 pria dan 124.268 wanita. Berbagai kecamatan yang ada di kabupaten ini juga terdapat pesantren yang didirikan untuk membentuk karakter generasi muda agar memiliki kecintaan terhadap agama islam dengan baik. 

Pesantren di Kabupaten Aceh Tamiang

Pesantren yang ada di setiap Provinsi Aceh, terkhusus Kabupaten Aceh Tamiang ini memiliki visi dan misinya masing-masing. Akan tetapi tujuan utamanya yaitu hampir sama untuk mencetak generasi muda yang berilmu, beragama, dan memiliki akhlak baik sesuai dengan ajaran al quran.  

Daftar Pesantren di Kabupaten Aceh Tamiang

Beberapa daftar pesantren di Sumatra, khususnya Kabupaten Aceh Tamiang ini diuraikan menjadi sebagai berikut;

1. Raudhatul Muna

Pondok Pesantren pertama yang ada di Aceh Tamiang yaitu bernama Pondok Pesantren Raudhatul Muna. Alamat ponpes ini yaitu berada di Dusun Asam Kumbang Kp Meunasah Paya.

Dalam pondok pesantren raudhatul muna diselenggarakan pemebelajaran kitab kuning dan satuan pendidikan pada umumnya. Selain itu jumlah santri yang ada di ponpes ini yaitu sekitar 139 santri dengan 8 orang ustadz yang mengajar. 

2. Darul Musthafawiyah

Selanjutnya yaitu Pondok Pesantren Darul Musthafawiyah. Pesantren ini lokasinya berada di Dusun Lama Kp Alue Nunang. Jumlah santrinya yaitu ada 244 orang santri dengan 14 ustadz. 

3. Raudhatul Jannah

Pondok Pesantren Raudhatul Jannah alamatnya berada di Dusun Pelita Kp Matang Seping. Santri yang ada di ponpes ini berjumlah 155 santri, sedangkan jumlah ustadnya yaitu ada 14 orang. 

4. Almadinatu Diniyah Nurul Akmal

Selanjutnya ialah Pondok Pesantren Almadinatu Diniyah Nurul Akmal. Pesantren ini lokasinya berada di Jalan Pesantren Kp Suka Jadi Paya Bujok. Santri yang ada di pesantren ini berjumlah sebanyak 238 orang dengan 14 ustadz yang mengajar. 

5. Nurul Iman

Pondok Pesantren Nurul Iman termasuk salah satu ponpes di Aceh Tamiang yang alamatnya berada di Desa Dalam. Pengajar yang ada di pondok pesantren nurul iman ada 8 orang ustadz. Sedangkan jumla santri yaitu ada 124 santri. 

6. Tahfizul Qur`an Ihyaus Sunnah

Pondok Pesantren Tahfizul Qur`an Ihyaus Sunnah alamatnya berada di Kp Johar. Sedangkan santri yang ada di pesantren ini jumlahnya yaitu sekitar 85 orang dengan 7 orang ustadz yang membimbing. 

7. Manarul Islam 

Alamat dari Pondok Pesantren Manarul Islam yaitu berada di Jalan Medan -Banda Aceh. Seumadam. Jumlah santri di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 134 orang denga 9 orang ustadz. 

8. Tahfizhul Qur`an Al Fuad

Berikutnya yaitu Pondok Pesantren Tahfizhul Qur`an Al Fuad. Alamat Pondok Pesantren Tahfizhul Qur`an Al Fuad yaitu berada di Jalan Pekan Seruway. Jumla santri yang terdapat di pondok ini yaitu ada 168 santri dengan 12 orang ustadz. 

9. Ibdaul Islam

Pesantren di Aceh Tamiang yang selanjutnya ialah Pondok Pesantren Ibdaul Islam. Alamat ponpes ini yaitu berada di Dusun Simpang Iii Kp.Paya Ketenggar. Pesantren ibdaul islam memiliki santri yang jumlahnya ada sekitar 134 santri dengan 9 orang ustadz. 

10. Darul Muta`alimin 

Pondok Pesantren Darul Muta`alimin, lokasinya berada di Dusun Denpasar Iii Kampung Alur Selebu. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada 290 santri dengan 16 orang ustadz yang mengajar. 

Itulah tadi informasi yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Tamiang Yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel