Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Tengah yang Bagus

Provinsi Aceh memang dikenal sebagai daerah yang mementingkan persoalan agama termasuk dalam melakukan berbagai hal yang ada kaitannya dengan kehidupan sosial. Oleh karena itu tidak heran apabila di provinsi Aceh, khususnya di Kabupaten Aceh Tengah terdapat aturan-aturan agama demi kenyamanan dan kepentingan bersama.

Bahkan di Aceh sendiri terdapat banyak sekali pondok pesantren yang nantinya dapat memberikan pendidikan agama, moral, maupun akhlak baik kepada generasi muda. Pondok pesantren tersebut tersebar di seluruh pelosok provinsi Aceh salah satunya yaitu di Kabupaten Aceh Tengah. 

Pesantren di Aceh Tengah

Pesantren yang ada di Sumatra, khusus Kabupaten Aceh Tengah ini memiliki visi dan misi tertentu. Visinya yaitu ada dua hal, yang pertama untuk mewujudkan masyarakat Aceh Tengah yang taat beragama, cerdas, rukun, dan sejahtera lahir bathin.

Visi yang kedua adalah untuk mewujudkan Aceh Tengah yang mandiri, berdaulat, dan berkepribadian dengan dasar gotong royong. Berdasarkan visi tersebut maka pesantren yang ada di Aceh Tengah ini perlu mengadakan misi yang sesuai antara lain seperti meningkatkan pemahaman tentang agama, menciptakan kerukunan antar umat beragama, menyediakan fasilitas keagamaan dan lain-lain. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Aceh Tengah

Berikut dibawah ini beberapa daftar pesantren di Kabupaten Aceh Tengah adalah sebagai berikut :

1. Ikhwanul Yaqin

Pertama yaitu Pondok Pesantren Ikhwanul Yaqin. Pesantren ini berdiri sejak tahun 1999. Alamat Pondok Pesantren Ikhwanul Yaqin yaitu berada di Jalan Lintang Lr. Musara Ate.

2. Darul Mujahadah

Pondok Pesantren Darul Mujahadah merupakan pondok pesantren di Aceh Tengah yang beralamat lengkap di Jalan Angkup, Blang Mancung.

3. Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum letaknya ada di Jalan Angkup - Rusip. Pesantren merupakan pondok pesantren terpadu yang mengkombinasikan antara pendidikan ilmu pengetahuan agam islam dengan pendidikan ilmu pengetahuan umum. 

4. Al-Azhar

Pondok Pesantren Al-Azhar berada di Jalan Takengon - Blang Kejeren Km. 10 Kp. Paya Jeget. Pesantren ini memiliki lahan seluas 10.000 m2. Kurikulum yang digunakan dalam pondok pesantren Al-Azhar yaitu menggunakan kurikulum terpadu yang mengkolaborasikan antara pendidikan agama islam dengan pendidikan secara umum.

Kurikulum ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi santri dalam masalah pengetahuan umum maupun penguasaan agama dan memiliki akhlak yang mulia di masa yang akan datang. Jumlah santri yang belajar di Pondok Pesantren Al-Azhar yaitu sekitar 106 orang, terdiri dari 75 orang santriwan dan 31 orang santriwati.

5. Pondok Pesantren Terpadu Dayah Darul Amal 

Ponpes berikutnya yang ada di kabupaten Aceh Tengah adalah Pondok Pesantren Pondok Pesantren Terpadu Dayah Darul Amal. Pesantren ini beralamat di Jalan Takengon – Isaq - Blang Kejeren Km 11 Kampung Uring Kec.Pegasing.

6. Al-Huda

Alamat Pondok Pesantren Al-Huda yaitu ada di daerah Jagong Jeget. Pengambilan ide nama pesantren ini awalnya berasal dari nama masjid Alhuda, masjid di kampung Jagong Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah.

Pesantren ini memiliki sejarah yang cukup panjang yaitu bermula dari hanya 4 orang santri yang mendaftar, dan hanya 2 orang saja yang tinggal di pesantren. Pada akhirnya pemimpin pondok pesantren Al-Huda memiliki insiatif untuk merekrut anak putus sekolah dan tidak punya biaya untuk bersekolah agar mau masuk dalam pesantren untuk menimba ilmu agama.

Pimpinan ponpes tersebut bernama bernama Tgk. Kamaruddin. Hingga beberapa tahun kemudian ponpes Al-Huda semakin berkembang dan maju. 

7. Dayah Ruhul Amal Takengon

Pondok Pesantren Dayah Ruhul Amal Takengon ini berada di Jalan Yos Sudarso Lr. Man 2 Takengon.

8. Darul Mukhlisin

Pondok Pesantren Darul Mukhlisin merupakan ponpes di Aceh Tengah yang sudah lama didirikan yaitu sejak tahun 1990. Pondok Pesantren Darul Mukhlisin ini lokasinya berada di Jalan Takengon Isaq, Burni Jimet, Kec. Bebesen.

9. Ulumul Qur`an 

Lokasi Pondok Pesantren Ulumul Qur`an yaitu berada di Jalan Pintu Nangka. No.1 Bebesen.

10. Mifathul Falah

Pondok Pesantren Mifathul Falah berada di alamat Sumber Makmur, Atu Lintang, Jln Takengon - Jagong 24563.

Itulah saja daftar nama-nama terkait dengan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Posting Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Tengah yang Bagus"