10 Pondok Pesantren di Kabupaten Langkat Yang Terbaik

 

Pesantren di Kabupaten Langkat

Kabupaten Langkat merupakan kabupaten yang memiliki 23 kecamatan dengan luas daerah 6.273,29 km². Pada kabupaten ini juga dikenal beberapa pariwisata yang mampu mendorong tingkat perekonomian daerah beberapa diantaranya yaitu pariwisata  tangkahan, bukit lawang, masjid azizi, dan batu katak. 

Selain memiliki pariwisata yang bagus dan baik untuk perkonomian daerah. Dalam bidang pendidikan sendiri, kabupaten Tapanuli Langkat yang ada di Provinsi Sumatera Utara ini juga mempunyai pondok pesantren yang sangat baik untuk menanamkan nilai – nilai keagamaan dalam diri generasi muda. 

Pesantren di Kabupaten Langkat

Pesantren di Kabupaten Langkat ada sekitar 18 pesantren. Pada dasarnya pesantren disini ingin mengajak masyarakat agar lebih memperdalam Al - Qur’an dan As -Sunnah serta menjadikannya sebagai pegangan hidup 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Langkat

Beberapa daftar pesantren di Sumatra, khususnya Kabupaten Langkat tersebut diuraikan sebagai berikut ini;

1. Al Husniyyah

Pertama ialah Pondok Pesantren Al Husniyyah. Pondok pesanren ini berdiri tahun 2000an tepatnya di tahun 2016. Alamat Pondok Pesantren Al Husniyyah ada di lingk II kp.Lalang. sedangkan jumlah santrinya yaitu ada 78 santri dengan 7 ustadz yang membimbing. 

2. Darul Uluum Al-Hidayah

Pondok Pesantren Darul Uluum Al-Hidayah sudah didirikan sejak tahun 2014. Sedangkan alamat dari Pondok Pesantren Darul Uluum Al-Hidayah ini berada di Jalan Panglong Arang Dusun IV Sei Siur. Santri di pondok pesantren darul uluum al – hidayah jumlahnya ada 51 santri dengan pengajarnya yang berjumlah 6 orang. 

3. At-Taqwa

Berikutnya yaitu Pondok Pesantren At-Taqwa. Ponpes ini berdiri sejak tahun 2002. Sedangkan alamat Pondok Pesantren At-Taqwa yaitu berada di Jalan Kuala Bahorok, Lingk VII Banten Kelurahan Pekan Kuala. Santri di pondok pesantren ini berjumlah 201 santri dengan 19 ustadz yang mengajar. 

4. Al Fatah 

Pondok Pesantren Al Fatah ini sudah ada sejak 9 tahun yang lalu, tepatnya di tahun 2012. Alamat dari Pondok Pesantren Al Fatah yaitu berada di Jalan Dusun Sumber Rejo Desa Sei Bamban Kecamatan Batang Serangan. Santri disini jumlahnya ada sekitar 162 orang. Sedangkan pengajar atau para ustadz jumlahnya ada 11 orang. 

5. Az-Zuhroh

Pondok Pesantren Az-Zuhroh berdiri pada tahun 2003. Alamat Pondok Pesantren Az - Zuhroh ini ada di Jalan Pasar Belakang No. 3. Sedangkan santrinya ada sekitar 214 santri dan 10 ustadz yang mengajar. 

6. Darul 'Ulum Nizamuddin 

Pondok Pesantren Darul 'Ulum Nizamuddin berdiri pada tahun 2016 dan alamatnya berada di Dusun VI Suka Ramai Hulu Desa Telaga Said Kec. Sei Lepan. Jumlah santri di ponpes darul ulum nizamuddin yaitu ada sekitar 44 santri dengan 6 orang pengajar atau ustadz. 

7. Darurrosyid

Pondok Pesantren Darurosyid berdiri sejak 7 tahun lalu atau tepatnya sejak tahun 2014. Sedangkan alamat dari Pondok Pesantren Darurrosyid ini yaitu berada di Lingkungan Sidodadi. Jumlah santrinya ada 73 orang dengan 7 orang ustadz yang mengajar. 

8. Al Fath

Pondok Pesantren Al Fath termasuk salah satu contoh pesantren di kabupaten Langkat yang masih baru yaitu didirikan pada tahun 2017. Pondok Pesantren ini alamat lengkapnya berada di Jalan Lintas Medan-Banda Aceh Dusun V Desa Air Hitam Kec. Gebang. Sedangkan santrinya berjumlah 162 santri. 

9. Al Habib

Pondok Pesantren Al Habib juga sama dengan pondok pesantren Al Fath yaitu berdiri pada tahun 2017. Sedangkan alamat Pondok Pesantren Al Habib ini berada di Lingk. Kampung Baru Kel. Alur Dua Baru Kec. Sei Lepan. Untuk santrinya sendiri ada sekitar 108 santri dengan 5 orang ustadz yang mengajar. 

10. Pendirian Pondok Pesantren Moderen Taajussalaam

Pendirian Pondok Pesantren Moderen Taajussalaam berdiri pada 20 Desember 2002. Alamat pondok pesantren ini yaitu berada di Desa Besilam-Babussalaam Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat Sumatera Utara, kode pos 20853.

Ponpes ini memiliki dua visi, yang pertama yaitu mendidik generasi yang beriman teguh, beramal shaleh, berilmu pengetahuan luas, dan berakhlaq mulia. Sedangkan visi kedua ialah mengajak masyarakat untuk memperdalami Al-Qur’an dan As-Sunnah serta menjadikannya sebagai pegangan hidup.

Itulah tadi informasi yang bisa kami uraikan pada kalian terkait dengan nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Langkat.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Langkat Yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel