4 Pondok Pesantren di Kota Pariaman yang Keren

 

Pesantren di Kota Pariaman

Mempunyai anak yang berbakti, penurut, sholeh maupun sholehah merupakan dambaan bagi semua orangtua. Karena anak yang sholeh dan sholehah tersebut dapat memberi kebermanfaatan bagi kedua orangtuanya, dan mengantarkan orangtuanya menuju surga. 

Salah satu cara untuk mengantarkan anak-anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah ialah dengan memberikan pendidikan terbaik bagi mereka. Pendidikan tersebut bisa diperoleh dengan jalan pembelajaran di pondok pesantren. 

Pesantren di Kota Pariaman

Pondok pesantren yang pada dasarnya sudah tersebar ke seluruh berbagai nusantara ini ternyata juga telah ada di Kota Pariaman. Jumlah ponpes di Kota ini yaitu ada sekitar 4 pesantren yang memiliki keunggulan masing-masing. 

Daftar Pesantren di Kota Pariaman

Berikut dibawah ini yang merupakan daftar pesantren di Sumatra, khususnya Kota Pariaman ialah sebagai berikut;

1. Nahdlatul Ulum

Pertama yaitu ada Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum. Pondok pesantren yang satu ini alamatnya berada di Tk. Nan Renceh Kajai, Desa Sungai Rotan. Pesantren Nahdlatul Ulum mempunyai santri dengan jumlah sebanyak 90 orang. Sedangkan untuk pengajarnya yaitu ada sekitar 6 ustadz. 

2. Syekh Burhanudin Al Muhajirin

Kedua yaitu Pondok Pesantren Syekh Burhanudin Al Muhajirin. Alamat pondok pesantren Syekh Burhanudin Al Muhairin yaitu berada di Jalan Kompi Barayun Kp. Kandang Sungai Rotan. Pesantren Syekh Burhanudin Al Muhajirin ini memiliki santri yang jumlahnya ada sekitar 121 santri dan jumlah pengajarnya ada 7 orang. 

3. Nurul Yaqin Al-Yasini

Daftar pesantren ketiga yang ada di Kota Pariaman ialah Pondok Pesantren Nurul Yaqin Al-Yasini. Pesantren ini lokasinya berada di Dusun Parit Desa Punggung Lading. Pesantren ini didirikan pada tahun 1960 oleh seseorang yang bernama Syehk.

H. Ali Imran Hasan atau Tuanku Mudo. Sedangkan untuk jumlah santrinya sendiri ada sebanyak 55 santri dan jumlah pengajarnya ada 6 ustadz. Visi dari pesantren Nurul Yaqin Al-Yasini ialah untuk mewujudkan generasi yang alim secara sempurna serta dapat terjun dalam segala aspek kehidupan di masyarakat.

Beberapa fasilitas yang diperoleh dari pesantren ini meliputi Masjid, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur,  laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan. Selain itu, pesantren ini juga mengembangkan skill santri dengan memberikan kebebasan untuk mengikuti jenis ekstrakurikuler di pondok.

Berikut ini beberapa contoh ekskulnya yaitu seperti mading (majalah dinding), training khitobah, olahraga, bimbingan pelajaran umum, Seni baca Al Qur’an, kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, kursus komputer, bahasa asing arab dan inggris, pramuka, PMR, silat, tata boga, tata busana, seni qasidah, latihan pidato, elektro, berjanji, Ketrampilan wirausaha.

4. Ppm Tapuz

Terakhir adalah Pondok Pesantren Ppm Tapuz. Ponpes Ppm Tapus alamatnya yaitu ada di Jalan Syekh Burhanuddin Desa Marunggi. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada sekitar 142 santri dengan 8 ustadz yang mengajar.

Itulah tadi informasi yang bisa kami berikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kota Pariaman.

Belum ada Komentar untuk "4 Pondok Pesantren di Kota Pariaman yang Keren"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel