Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pondok Pesantren di Kota Pelembang yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Pelembang

Perlu anda ketahui bahwa kota Palembang merupakan kota yang besar di provinsi Sumatera setelah kota Medan. Bahkan wilayah di Palembang ini dikatakan strategis karena disebut sebagai daerah yang dapat menghubungkan antar daerah di Pulau Sumatera. 

Selain itu penduduk di kota Palembang pada umumnya ialah etnis Melayu. Kemudian penduduk di wilayah ini sebagian besar juga beragama islam. Sehingga tidak heran apabila kota Palembang memiliki banyak pondok pesantren. 

Pesantren di Kota Pelembang

Pondok pesantren di Sumatra, khususnya Kota Pelembang jumlahnya cukup banyak yaitu ada sekitar 32 pesantren.

Sedangkan untuk jumlah santri dari 32 pesantren tersebut yaitu mencapai 8.569 santri. Jumlah tersebut terdiri dari 5.111 santri yang asalnya dari dalam daerah dan sebanyak 3.458 santri berasal dari luar daerah. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Pelembang

Daftar pondok pesantren di kota Palembang yaitu sebagai berikut : 

1. PPS Tahfidz Nurul Qur`an

Pondok Pesantren PPS Tahfidz Nurul Qur`an berdiri pada tahun 2016. Pondok Pesantren PPS Tahfidz Nurul Qur`an beralamat di Jalan Srijaya Raya Rt. 12 Rw. 5.

Jumlah santri yang belajar di pesantren ini yaitu ada 70 santri dan 5 ustadz pembimbing. Program pendidikan yang ditetapkan pada pesantren ini yaitu program tahfidz qur’an, madrasah diniyyah dan ekstrakurikuler. 

2. PPS Tahfidzul Qur'an Mutiara Sunnah

Pondok Pesantren PPS Tahfidzul Qur'an Mutiara Sunnah berdiri pada tahun 2016. Pondok Pesantren PPS Tahfidzul Qur'an Mutiara Sunnah beralamat di Jl. KI. Anwar Mangku Lr. Asli Rt. 17 Rw. 04. Santri yang menempuh pendidikan di pesantren PPS Tahfidzul Qur'an Mutiara Sunnah yaitu ada 659 orang dan 11 ustadz pengajar. 

3. Assa`adatud Daroien

Pondok Pesantren Assa`adatud Daroien berdiri pada tahun 2012. Pondok Pesantren Assa`adatud Daroien beralamat di Jl. Ramakasih Iii No.693 Rt. 07/02. Santri di pesantren Assa’adatud Daroien jumlahnya yaitu mencapai 80 santri dengan 7 ustadz pengajar. 

4. Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Mutiara Sun

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Mutiara Sun beralamat di Komplek Masjid Imam Syafii, Jl. Ki Anwar Mangku, Lr. Sikam, RT. 17, RW.05, Seberang Ulu, Kel. Sentosa, Plaju. 

5. Aulia Cendekia

Pondok Pesantren Aulia Cendekia berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Aulia Cendekia beralamat di Jl. AMD RT.12 RW.03 Kelurahan Talang Jambe. Sedangkan jumlah santri yang menuntut ilmu di pesantren yaitu sekitar 842 santri dengan 39 ustadz yang mengajar. 

6. Pesantren Putri Azzahra

Pondok Pesantren Putri Azzahra` beralamat di Jln.Kh Azhari No.99 Rt.06. jumlah santri yang belajar di pondok pesantren Putri Azzahra yaitu ada 232 santri dengan 14 ustadz pembimbing. 

7. Assanadiyah

Pondok Pesantren Assanadiyah berdiri pada tahun 1988. Pondok Pesantren Assanadiyah beralamat di Jln Jaya 7 lrg lematang kelurahan 16 Ulu Kecamatan SU 2. Santri di ponpes ini jumlahnya mencapai 95 orang dengan 8 guru yang mengajar. 

8. Muqimus Sunnah 

Pondok Pesantren Muqimus Sunnah berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Muqimus Sunnah beralamat di Jl. Depaten Lama No 147 Rt 06 Rw 02 Kel 27 Ilir. Pesantren ini mempunyai jumlah santri sekitar 533 santri dan 25 ustadz pembimbing.

Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di ponpes ini antara lain seperti karate, basket, futsal, grup belajar dan lainnya. selain itu para pengajar baik ustadz maupun ustadzah yang ada di pesantren ini juga sudah memiliki kualitas yang bagus. Oleh sebab itu, pesantren ini menjadi salah satu ponpes terbaik yang ada di Kota Palembang. 

9. Ar Rahman

Pondok Pesantren Ar Rahman berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Ar Rahman beralamat di Jl. Tegal Binangun Komp. Ponpes Ar Rahman. Pesantren Ar Rahman memiliki santri dengan jumlah 365 santri dan 21 ustadz pengajar. 

10. Alfirdaus 

Pondok Pesantren Alfirdaus berdiri pada 17 Juli 1996. Pondok Pesantren Alfirdaus beralamat di Jl.Taqwa Matamerah No.17E Rt.23 Rw.05. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada 329 santri dan 18 pengajar atau ustadz.

Visi pesantren Alfirdaus ialah membentuk lembaga pendidikan islam yang mampu mengembangkan, menumbuhkan, dan menghasilkan generasi siap Rahmatan Lil ‘Alamin. Sedangkan fasilitas yang telah tersedia di ponpes antara lain seperti masjid pesantren, ruang belajar, ruang asrama, perpustakaan, ruang komputer, kantin dan lain sebagainya.

Itulah saja ragam informasi terkait nama-nama pondok pesantren terbaik di Kota Pelembang, Provinsi Sumatra Selatan. Semoga memberikan wawasan.

Posting Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren di Kota Pelembang yang Bagus"