Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Kotawaringin Barat

Pondok Pesantren di Kotawaringin Barat

Perlu anda ketahui bahwa kabupaten Kotawaringin Barat merupakan daerah yang dianggap cukup strategis dan memiliki jaringan transportasi secara lengkap mulai dari transportasi laut, darat, maupun udara.

Selain itu kabuparen ini juga memiliki beberapa objek wisata yang kerap dikunjungi wisatawan seperti tempat wisata Taman Nasional Tanjung Puting, Pantai Tanjung Keluang, Monumen Palagan Sambi dan lain sebagainya.  

Pesantren di Kotawaringin Barat

Kabupate Kotawaringin Barat memiliki bangunan pondok pesantren sebanyak 12 pesantren. Ponpes tersebut menempati beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Kotawaringin Barat seperti kecamatan Pangkalan Lada, Pangkalan Benteng, Arut Selatan, Arut Utara dan lain – lain.  

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Kotawaringin Barat

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di Kalimantan Tengah, khususnya berada diwilayah kabupaten Kotawaringin Barat, antara lain;

1. Miftahul Hidayah 

Pondok Pesantren Miftahul Hidayah beralamat di Jl. Ahmad Yani Km.24 Desa Sumber Agung. Pesantren ini memiliki santri yang jumlahnya mencapai 223 orang dengan 14 ustadz yang membimbing. 

2. PP. Entrepreneur Dar Al-Raudhah 

Pondok Pesantren PP. Entrepreneur Dar Al-Raudhah didirikan pada tahun 2010 dan beralamat di Jl. Pangkalan Bungur Sungai Tatas Rt/rw. 26/10 Kelurahan Baru.

Pendidikan di ponpes ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu pendidikan formal meliputi SMP, SMK, dan pendidikan non formal meliputi Madrasah Al-Qur'an, Madrasah Diniyah Ula, Madrasah Diniyah Wustho, Wajar Dikdas Ula, Wajar Dikdas Wustho. 

3. PP. Mambaul Kasan Lidda`wah

Pondok Pesantren PP. Mambaul Kasan Lidda`wah beralamat di Jl. Puskesmas, Rt. 06 Desa Sumgai Tendang. Santri yang belajar di ponpes ini berjumlah 28 orang dengan 11 ustadz yang membimbing. 

4. PP Darul Ulum Panglima Kobar

Pondok Pesantren PP Darul Ulum Panglima Kobar beralamat di Jl. Kopong RT.31 Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada sekitar 47 orang dengan 6 ustadz yang mengajar. 

5. PP Tahfidz Syafa'atul Qur'an

Pondok Pesantren PP Tahfidz Syafa'atul Qur'an beralamat di Jalan Abdul Ancis RT 21 RW 07 Kelurahan Mendawai. Pesantren ini diketahui mempunyai santri sebanyak 37 orang dengan adanya 6 ustadz yang mengajar. 

6. Al Huda 

Pondok Pesantren Al Huda beralamat di Jl. Lintas Kabupaten Rt.05 Kelurahan Kotawaringin Hilir. Jumlah santri yang menimba ilmu di ponpes Al Huda ini jumlahnya ada sekitar 133 orang. Sedangkan untuk tenaga pendidiknya sendiri yaitu ada 6 orang. 

7. Nidaul Fitrah

Pondok Pesantren Nidaul Fitrahh beralamat di Desa Pangkalan Tiga, Blok A, Rt.015/ 004. Ponpes ini diketahui telah mempunyai 259 santri dan 6 ustadz yang membimbing. 

8. Sabilur Rosyad 

Pondok Pesantren Sabilur Rosyad beralamat di Jl. Aci Dina Rt.01 Kelurahan Mendawai Seberang. Santri di ponpes Sabilur Rosyad jumlahnya ada sekitar 79 orang. Sedangkan untuk tenaga pendidiknya sendiri yaitu ada 7 orang. 

9. Ar Raudhah

Pondok Pesantren Ar Raudhah beralamat di Jl. A.Yani Km. 6,5 Rt.23 Kelurahan Baru. Pesantren Ar Raudhah mempunyai 96 santri dan 8 orang ustadz yang mengajar di ponpes tersebut. 

10. Ar Rahman 

Pondok Pesantren Ar Rahman beralamat di Jl. A. Yani Km. 23 Desa Sumber Agung. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini yaitu ada sekitar 34 orang dengan 6 guru yang mengajar.

Itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi KalTeng (Kalimantan Tengah). Semoga bisa bermanfaat untuk semua pembaca yang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Kotawaringin Barat"