Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Pesantren di Kabupaten Penajam Paser Utara Yang Terkenal

 

Pondok Pesantren di Penajam Paser Utara

Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan daerah yang ada di Kalimantan Timur dan berbatasan langsung dengan beberapa daerah. Salah satunya yaitu berbatasan dengan kabupaten Kutai Kartanegara di bagian utara.

Sedangkan disebelah selatan berbatasan langsung dengan kabupaten Paser. Kemudian di sebelah timur kabupaten Penajam Paser Utara berbatasan dengan Selat Makasar dan terakhir di bagian barat berbatasan dengan kabupaten Kutai Barat.  

Pesantren di Penajam Paser Utara

Kabupaten Penajam Paser Utara diketahui memiliki bangunan pondok pesantren yang digunakan untuk mendidik para santri agar menjadi lulusan yang paham ilmu agama, mencintai al quran, namun juga tetap memiliki wawasan ilmu pada umumnya.

Pondok pesantren yang ada di kabupaten Penajam Paser Utara ini berada di beberapa kecamatan seperti di kecamatan Waru, Penajam dan lain sebagainya. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Penajam Paser Utara

Daftar nama pondok pesantren yang ada di Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten Penajam Paser Utara antara lain ialah sebagai berikut ini : 

1. Jannatul Firdaus

Daftar nama ponpes pertama yang ada di kabupaten Penajam Paser Utara ialah Pondok Pesantren Jannatul Firdaus.

Lokasi pondok pesantren ini berada di Jl.Provinsi Km.18 Petung. Selain itu, jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes Jannatul Firdaus yaitu ada sekitar 82 orang dengan 7 ustadz yang membimbing. 

2. Bina Ul Muhajirin

Pondok Pesantren Bina Ul Muhajirin beralamat di Jl Rawa Pelita Rt. 05 Desa Rawa Mulia. Pesantren ini diketahui telah memiliki 260 santri dan 16 ustadz yang mengajarkan tentang pendidikan agama islam kepada para santri. 

3. PP. Hidayatullah

Pondok Pesantren PP. Hidayatullah beralamat di Jl. Silkar Km. 2 Kec. Penajam. Santri yang belajar di pondok pesantren PP. Hidayatullah jumlahnya mencapai 110 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada sebanyak 8 orang. 

4. Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari Penajam

Alamat Pondok Pesantren Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari Penajam yaitu berada di Jl. Propinsi Km. 03, Rt. 01. Para santri yang menimba ilmu di ponpes ini jumlahnya telah mencapai 236 orang. Sedangkan tenaga pendidik yang mengajarkan tentang ilmu agama islam yaitu ada sekitar 14 orang. 

5. Nurul Hidayah

Pondok Pesantren Nurul Hidayah beralamat di Kel. Sotek Rt. 004. Jumlah santri yang belajar di pesantren ini yaitu ada sekitar 88 orang dengan 7 guru yang mengajar. 

6. Ishlahul Ummah

Pondok Pesantren Ishlahul Ummah beralamat di Jl Pulau Laut Rt. 01 Semoi Dua. Pondok pesantren Ishlaul Ummah diketahui telah mempunyai 80 santri dan 6 orang ustadz yang membimbing para santri agar memiliki bekal agama islam dengan lebih mendalam. 

7. Tahfidzul Qur`an

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur`an beralamat di Komplek Masjid Al Muhajirin Rt. 013. Santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini jumlahnya ada sekitar 160 orang. Sedangkan jumlah gurunya ada 11 orang.

8. Darussyafa`ah

Pondok Pesantren Darussyafa`ah beralamat di Jl. Tambong Rt.023 Desa Babulu Darat. Jumlah santri di ponpes yang satu ini yaitu ada sekitar 130 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada 10 orang.

Hanya itulah saja informasi yang bisa kami begikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Posting Komentar untuk "8+ Pesantren di Kabupaten Penajam Paser Utara Yang Terkenal"