Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Tanah Bumbu

 

Pondok Pesantren di Tanah Bumbu

Kabupaten Tanah Bumbu merupakan wilayah di Kalimantan Selatan yang beribukota di Batulicin. Selain itu kabupaten ini pada dasarnya merupakan daerah hasil pemekaran kabupaten Kotabaru. 

Perekonomian di kabupaten Tanah Bumbu ini di dorong dengan adanya usaha industri dan perusahaan tambang. Sedangkan untuk masyarakatnya sendiri terdiri dari berbagai suku mulai dari suku Banjar, Bugis, Jawa, Bali, Sunda dan lain sebagainya.  

Pesantren di Tanah Bumbu

Pondok pesantren di kabupaten Tanah Bumbu merupakan ponpes yang memiliki tujuan untuk memajukan karakter generasi muda agar memiliki akhlak baik. Bukan hanya itu saja akan tetapi masing-masing pesantren berusaha untuk memberikan wawasan ilmu agama islam maupun pengetahuan umum lainnya dengan lebih baik lagi. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Tanah Bumbu

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Tanah Bambu antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Anwar Muhammad 

Pondok Pesantren Anwar Muhammad beralamat di Jl. Provinsi Km. 167 RT.003 Desa Sinar Bulan Kec. Satui. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini yaitu ada sekitar 127 orang dengan 6 ustadz yang membimbing. 

2. Raudhatur Rahmah 

Pondok Pesantren Raudhatur Rahmah beralamat di Jl. Provinsi Km. 224. Ponpes ini diketahui telah memiliki 115 orang santri dengan 9 ustadz yang mengajar di pesantren. 

3. Asy-Syafi`iyah

Pondok Pesantren Asy-Syafi`iyah beralamat di Jl. Valgoson Desa Pacakan Kusan Hulu Tanah Bumbu Kalsel. Jumlah santri laki-laki di pesantren Asy-Syafi’iyah ini yaitu ada 50 orang sedangkan santri perempuannya ada 100 orang. Sedangkan tokoh pendiri ponpes ini yaitu bernama Arsani. 

4. Al-Istiqamah

Pondok Pesantren Al - Istiqamah berdiri pada tahun 2006. Pondok Pesantren Al -Istiqamah beralamat di Jl. Kodeco Km.41 Dusun Ds. Mantewe 1 Kec. Mantewe. Santri di ponpes Al – Istiqamah memiliki santri yang jumlahnya mencapai 245 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 14 orang. 

5. Darul Falah

Pondok Pesantren Darul Falah beralamat di Jl.Raya Serongga Km 8,5 Rt 07 Rw 02 Desa Gunung Besar. Ponpes yang satu ini diketahui telah memiliki 29 santri laki – laki dan 23 santri perempuan. Sedangkan tokoh pendiri pesantren bernama M. Yunani. 

6. Hidayatullah

Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl. Provinsi Km. 161 Desa Sungai Cuka Rt. 1. Tokoh yang berhasil mendirikan ponpes Hidayatullah bernama Gazali Rahman. Sedangkan jumlah santrinya yaitu ada 59 orang dengan pembagian 40 orang santri laki – laki dan 19 orang santri perempuan. 

7. Ponpes Al-Asmaul Husna

Pondok Pesantren Al-Asmaul Husna beralamat di Jln. Sampurna Km 3,5. Pesantren ini memiliki 128 santri dan 8 ustadz yang membimbing.  

8. Al Kautsar

Pondok Pesantren Al Kautsar beralamat di Jl.Propinsi Km.176 Rt 01 Dusun Al-Husein. Pendiri ponpes Al kautsar yaitu Habib Saleh Al Idrus dan jumlah santrinya mencapai 397 orang yang terdiri dari 163 santri laki-laki dan 234 santri perempuan. 

9. Darul Ma`rifah

Pondok Pesantren Darul Ma`rifah beralamat di Jl. Karya Bersama Desa Makmur Mulia. Pesantren ini diketahui memiliki 122 santri dan 6 ustadz yang membimbing. 

10. Datuk Kelampayan

Pondok Pesantren Datuk Kelampayan berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Datuk Kelampayan beralamat di Jl. Brigjen Hasan Basri. Jumlah santri di ponpes ini yaitu mencapai 335 orang dengan 18 tenaga pendidik yang mengajar di pesantren.

Demikinalah saja daftar informasi tentang nama-nama pondok pesantren yang berada di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. Semoga saja memberikan wawasan untuk semua pembaca yang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Tanah Bumbu"