Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Pesantren Termahal di Indonesia dengan Kualitas Terbaik

Pondok Pesantren Termahal di Indonesia

Lembaga pendidikan agama seperti pondok pesantren merupakan salah satu wadah pendidikan yang saat ini menjadi pilihan beberapa orangtua untuk memberikan pendidikan kepada anaknya. Terutama bagi orangtua yang ingin memberikan ilmu agama secara lebih mendalam, maka ponpes menjadi pilihan utamanya. 

Pada perkembangan zaman seperti sekarang ini, banyak pondok pesantren yang sudah berkembang semakin baik dan terus meningkatkan kualitasnya. Perubahan-perubahan tersebut bukan hanya dari sistem pendidikan maupun program-program yang ada di pesantren. Akan tetapi setiap ponpes juga berusaha untuk memberikan fasilitas yang baik agar para santri lebih nyaman dan betah. 

Pondok Pesantren Termahal di Indonesia

Berikut dibawah ini yang merupakan 5 daftar pondok pesantren termahal yang ada di Indonesia adalah:

1. Pondok Pesantren Bi Ba’a Fadlrah, Malang

Pondok pesantren Bi Ba’a Fadlrah adalah ponpes termegah yang ada Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pesantren ini sudah lama didirikan yaitu sejak 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau lebih sering dipanggil dengan nama Romo Kiai Ahmad.

Perlu diketahui bahwa pesantren ini dianggap megah karena bangunannya terdiri dari 10 lantai.  Lantai pertama hingga lantai empat digunakan untuk pondok santri, selanjutnya pada lantai enam digunakan sebagai ruang keluarga.

Kemudian untuk lantai lima, tujuh, dan delapan terdapat toko-toko kecil yang pengelolanya ialah para santri wanita. Lebih hebatnya lagi, ternyata pondok pesantren ini juga dilengkapi oleh fasilitas mewah seperti kolam renang, bahkan ada pula lift didalam pesantren ini. 

2. Pesantren Al-Zaytun atau Ma’had Al-Zaytun

Megahnya pondok pesantren Ma’had Al-Zaytun atau pondok pesantren Al-Zaytun ini maka pada tahun 2005 pernah dinobatkan oleh Washington Times sebagai pesantren terbesar se-Asia Tenggara. Lokasi pondok pesantren yang satu ini berada di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat dan berdiri di lahan seluas 1.200 hektar.

Santri yang belajar agama di ponpes ini bukan hanya dari Indonesia saja, akan tetapi juga dari berbagai negara diantaranya negara Malaysia, Singapura hingga Afrika Selatan. Berbagai fasilitas menarik juga tersedia di pesantren ini salah satunya yaitu fasilitas olahraga seperti lapangan voli hingga hoki.

3. Pesantren Daar El-Qolam, Tangerang, Banten

Pondok pesantren ini didirikan sejak tahun 1968 dan terletak di Kabupaten Tangeran, Banten. Pondok pesantren Daar El-Qolam bahkan sudah tercatat telah menerima santri sebanyak 5.000 orang. Program yang ada di ponpes wilayah Tangerang ini bukan hanya mengajarkan ilmu agama Islam saja, akan tetapi juga menawarkan pelajaran Bahasa Inggris bagi para santrinya.

4. Pesantren Darunnajah, Jakarta 

Pondok pesantren Darunnajah beralamat di Jalan Ulujami Raya Nomor 86, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Pondok Pesantren Darunnajah ini telah lama didirikan yaitu sejak tahun 1961 dan telah mempunyai 17 cabang yang tersebar di berbagai tempat mulai dari Bogor, Jakarta, Tangerang Selatan hingga Dumai.

Kurikulum yang ada di pondok pesantren ini juga bukan hanya perihal masalah agama saja, akan tetapi juga menawarkan kurikulum belajar pengembangan diri di dunia global. Sehingga banyak orangtua yang berminat untuk mendaftarkan anak-anaknya agar belajar di pondok pesantren tersebut.

5. Pondok Pesantren Gontor

Pondok pesantren Gontor letaknya berada di Ponorogo Jawa Timur. Pondok pesantren Gontor pada saat ini namanya telah berubah menjadi Sekolah Pesantren Islam Modern Gontor karena modernisasi pendidikan Islam yang telah dilakukan di dalam pondok tersebut.

Selain itu ponpes di Jawa Timur yang satu ini juga terkenal dengan banyaknya ribuan santri yang mendaftar di pesantren tersebut bakan telah memiliki banyak alumni yang berhasil dan sukses dalam lingkungan masyarakat.

Pondok Pesantren di Kabupaten Ponorogo ini juga mempunyai beberapa karakteristik yang selalu dijaga diantaranya yaitu selalu menerapkan tingkat kedisiplinan yang tinggi dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam kehidupan sehari-hari para santri, konsisten menggunakan sistem pendidikan Kulliyyatu-l-Mu‘allimin al-Islamiyyah (KMI) 6 tahun, bukan sistem SMP-SMA atau Tsanawiyah-Aliyah.

Kemudian pondok pesantren ini juga tidak ikut serta dalam Ujian Nasional dan ponpes ini selalu berusaha memberikan kesejahteraan bagi para tenaga pendidiknya.

Nah, itulah saja daftar informasi tentang adanya pondok pesantren termahal dengan kualitas terbaik di Indonesia. Semoga saja bisa bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

Posting Komentar untuk "5+ Pesantren Termahal di Indonesia dengan Kualitas Terbaik"