Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Wilayah Tapal Kuda

Pondok Pesantren di Tapal Kuda

Pendidikan agama pada dasarnya adalah hal yang penting untuk dimiliki setiap orang. Alasannya karena dengan pemahaman agama yang baik maka masing-masing orang dapat menentukan perbuatan yang benar dan salah. Selain itu untuk memperoleh pendidikan agama islam secara lebih mendalam di zaman sekarang ini jauh lebih mudah yaitu dapat melalui pondok pesantren.

Disisi lainnya. Pondok pesantren ini menjadi sistem pendidikan tertua di Indonesia yang ada di berbagai wilayah. Salah satunya ialah di Tapal Kuda

Pondok Pesantren di Tapal Kuda

Tapal Kuda merupakan penyebutan untuk bagian ujung timur pulau Jawa yang wilayahnya meliputi Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso dan lain-lain. Adapun untuk pondok pesantren di Tapal Kuda ini ada banyak jumlahnya dengan berbagai program pesantren yang berbeda-beda. 

Daftar Pondok Pesantren di Wilayah Tapal Kuda

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren di Tapal Kuda adalah : 

1. Pondok Pesantren Bustanul Ulum

Pertama yaitu ada pondok pesantren bustanul ulum yang beralamat di Jalan Purbakala, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Sedangkan tokoh pendiri pesantren di Bondowoso bernama KH. Abdus Syukur. 

2. Pondok Pesantren Al Ghafur

Daftar kedua ponpes yang ada di Tapal Kuda ialah pondok pesantren al ghafur yang memiliki karakter khusus. Perlu diketahui bahwa pesantren yang satu ini sangat unik dan berbeda dengan ponpes lainnya. Hal ini karena ponpes al ghafur ialah pesantren yang para santrinya merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). 

3. Pondok Pesantren Al Ishlah

Pondok pesantren Al-Ishlah alamatnya berada di Jl. Raya No. 17-19, Dadapan, Grujugan, Bondowoso. Pesantren yang satu ini dipimpin oleh KH. Muhammad Ma’shum dan KH. Muhammad Thaha Zakaria. Selain itu ponpes al ishlah juga memiliki lembaga perguruan tinggi yang diberi nama STIT Al-Ishlah. 

4. Pondok Pesantren Nurut Taqwa

Pondok pesantren nurut taqwa merupakan salah satu pondok tertua yang ada di Indonesia. Pesantren yang satu ini diketahui telah didirikan pada tahun 1976. Tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren nurut taqwa yaitu bernama Al Maghfirullah KH. Ma’shum Zainullah. Lokasi pesantren ini berada di Krajan II, Grujugan, Cermee, Kabupaten Bondowoso. 

5. Pondok Pesantren Darul Istiqamah

Berikutnya yaitu ada pondok pesantren darul istiqamah yang merupakan ponpes modern dengan lingkungan sejuk dan asri. Alamat pondok pesantren yang satu ini berada di Desa Pakuniran, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Sedangkan nama tokoh pendirinya yaitu KH Masruri Abd Muhit dengan pembangunan pesantren berawal dari tahun 1994. 

6. Pondok Pesantren Darul Ulum

Pondok pesantren darul ulum merupakan ponpes yang alamatnya berada di Maskuning Kulon Rt 14, Pujer, Kab. Bondowoso.

7. Pondok Pesantren Al-Barokah

Pondok pesantren al barokah letaknya berada di Jl. Pesantren Blok-A, Desa Padasan, Pujer, Kab. Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Pesantren di Jawa Timur ini selain mempunyai lembaga sekolah formal ternyata juga memiliki program universitas terbuka. 

8. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah 

Pesantren di Situbondo ini sendiri sejatinya didirikan pada tahun 1908 dan lokasinya berada di Jl. KHR. Syamsul Arifin, Sukorejo, Sumberejo, Kec. Banyuputih, Jawa Timur.

9. Pondok Pesantren Misbahul Kamal

Pondok pesantren berikutnya yang ada di Tapal Kuda ialah ponpes misbahul kamal. Alamat pondok pesantren yang satu ini berada di  Jln Patirana Rt/Rw 05/01 Dadapan-Dadapan–Grujugan. Sedangkan jumlah santrinya yaitu ada sekitar 72 orang dengan 11 ustadz yang membimbing. 

10. Pondok Pesantren Al Faruq

Terakhir yaitu ada pondok pesantren al faruq yang beralamat di Jl.Raya Jember No.7-Taman-Grujugan. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 120 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar yaitu ada sebanyak 7 orang.

Nah, demikinalah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Tapal Kuda. Semoga saja bisa memberi wawasan untuk semuanya ya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Wilayah Tapal Kuda"