Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Pesantren Mahasiswa Terbaik di Malang

Nama Pondok Pesantren Mahasiswa di Malang

Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dipercaya oleh sebagian besar orangtua untuk bisa mendidik anak-anaknya dengan akhlak karimah. Oleh karena itu tidak heran apabila saat ini banyak anak muda yang memilih sekolah di pondok pesantren mulai dari jenjang SD hingga perguruan tinggi sekalipun.

Mahasiswa yang menjadi santri umumnya akan mempelajari dua hal sekaligus, yaitu pengetahuan umum dari bangku perkuliahan dan pengetahuan agama dari ponpes. 

Pesantren Mahasiswa di Malang

Salah satu pondok pesantren mahasiswa di Indonesia yang saat ini terus berkembang dan memiliki kualitas yang semakin membaik ialah pondok pesantren mahasiswa di Malang.

Kota Malang sendiri merupakan kota pelajar karena di daerah tersebut banyak lembaga pendidikan yang mampu mencetak generasi-generasi muda menjadi lebih hebat, salah satunya ialah pondok pesantren mahasiswa yang diuraikan lebih lanjut dibawah ini. 

Daftar Pondok Pesantren Mahasiswa di Malang

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren mahasiswa di daerah Malang adalah;

1. Pesantren Mahasiswa Al-Hikam

Daftar pertama pondok pesantren di Malang , khususnya mahasiswa yaitu pondok pesantren mahasiwa Al-Hikam Malang yang didirikan pada tanggal 21 Maret 1992 atau dalam bulan islam bertepatan dengan `17 Ramadhan 1413 H.

Perlu diketahui bahwa pondok pesantren mahasiswa al-hikam ini merupakan ponpes yang mempelopori berdirinya pesantren khusus mahasiswa. Tujuan utama didirikannya pesantren Al Hikam adalah untuk memadukan ilmu pengetahuan umum yang ada di universitas dengan ilmu agama yang ada di pondok pesantren.

Sehingga dalam hal ini, para mahasiswa juga dituntut untuk belajar ilmu agama agar dapat dijadikan bekal kehidupan didunia maupun diakhirat. Tokoh yang mengagas Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang yaitu bernama KH. A. Hasyim Muzadi. Sedangkan untuk lokasinya sendiri, pondok pesantren ini berada di Jl. Cengger Ayam No 25 Lowokwaru Malang.

2. Pesantren Mahasiswa Firdaus 

Kedua yaitu ada pondok pesantren mahasiswa firdaus yang lokasinya dekat dengan beberapa kampus negeri di kota malang antara lain seperti universitas brawijaya, universitas negeri malang, universitas islam negeri maulana malik ibrahim dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa pondok pesantren ini didirikan sejak 7 Februari 1989 atau bertepatan pada 1 Rajab 1409 H di Jalan Gajayana No 20 Malang. Dalam beberapa kurun waktu, pesantren mahasiswa firdaus lokasinya bepindah di Jalan Mertojoyo Selatan Blok B/10 Merjosari Malang.

3. Pesantren Anwawarul Huda

Selanjutnya yaitu ada pondok pesantren Anwarul Huda yang beralamat di jalan raya candi III/454 Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang.

Lokasi pondok pesantren ini terbilang strategis, hal ini karena disekitar pondok dikelilingi berbagai universitas mulai dari universitas swasta maupun negeri. Sehingga mahasiswa yang bermukim di pesantren ini tidak jauh lokasinya dari tempat belajar di kampus.

Pondok pesantren Anwarul Huda juga memiliki visi yaitu mencetak muslim yang siap memimpin bangsa yang ramah menuju Baldatun Thayibatun Warobbun Ghafur.

4. Ponpes Miftahul Huda

Berikutnya yaitu pondok pesantren Miftahul Huda yang berlamat di  Jl. Gading Kasri Malang Klojen Malang.

6. Ponpes Sabilur Rosyad

Terakhir adalah pondok pesantren Sabilur Rosyad yang alamatnya berada di Jl. Raya Candi 6C Gasek Karangbesuki Sukun Malang.

Nah, itulah saja daftar informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca. Berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren mahasiswa yang ada di wilayah Malang, Provinsi Jawa Timur. Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya.

Posting Komentar untuk "5+ Pesantren Mahasiswa Terbaik di Malang"