Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren Mahasiswa Terbaik di Surabaya

 

Pondok Pesantren Mahasiswa di Surabaya

Surabaya adalah salah satu kota padat yang ada di Indonesia dan terkenal sebagai pusat penyebaran agama islam di Pulau Jawa. Oleh karena itu tidak heran apabila apabila di daerah ini terdapat banyak sekali pondok pesantren yang digunakan sebagai tempat belajar para santri untuk memperdalam ilmu agama.

Pondok pesantren yang ada di Jawa Timur, khususnya Surabaya ini juga banyak macamnya mulai dari pesantren salaf, modern, dan juga ponpes yang ada di sekitar lingkungan kampus.  

Pesantren Mahasiswa di Surabaya

Pondok pesantren mahasiswa merupakan lembaga pendidikan agama islam yang diikuti oleh mahasiswa sebagai santri yang belajar ilmu agama di ponpes tersebut.

Adanya pondok pesantren mahasiswa di Surabaya ini menjadi salah satu bukti bahwa terdapat harmonisasi budaya intelektualitas dengan menonjolkan nilai islami dengan kemajuan peradaban ilmu yang lebih luas. 

Daftar Pondok Pesantren Mahasiswa di Surabaya

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren di Surabaya, khususnya untuk para mahasiswa maupun mahasiswi adalah : 

1. Pusat Ma’had Al Jamiah

Pusat Ma’had Al Jamiah umumnya lebih dikenal sebagai pesantren mahasiswa atau pesantren kampus di kalangan akademisi UINSA. Pondok pesantren ini berdiri sejak 16 tahun yang lalu atau tepatnya di tahun 2005.

Pusat Ma’had Al Jamiah merupakan lembaga pendidikan yang didirikan dibawah naungan kampus UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Sedangkan lokasinya sendiri sangat dekat dengan kampus yaitu hanya sekitar 200 meter dari kampus UINSA atau berada di Jl. Ahmad Yani No. 177 Kec Wonocolo, Jawa Timur.

Beberapa program unggulan yang terdapat di Pusat Ma’had Al Jami’ah yaitu seperti melaksanakan pembelajaran bidang wawasan keislaman, pusat tahfidz alquran, pembinaan akhlak, penyelenggaraan baca tulis quran, kajian kitab kuning dan lain-lain. 

2. Pondok Pesantren Al Jihad

Pondok pesantren Al Jihad merupakan ponpes mahasiswa yang didirikan sejak tahun 2005. Alamat pondok pesantren ini yaitu berada di Jl. Jemursari Utara RT 3 RW 9, Kec. Wonocolo, Jawa Timur.

Bahkan salah satu pondok pesantren mahasiswa di Indonesia ini selain memberikan bekal-bekal pendidikan agama islam juga memberikan bekal ketramplilan yang dibutuhkan para santri untuk menghadapi kehidupan di masa depan. 

3. Pondok Pesantren Darul Arqom

Pondok pesantren darul arqom termasuk salah satu ponpes mahasiswa yang usianya sudah cukup tua yaitu berdiri sejak tangga 1 Mei 1972. Pendiri pondok pesantren ini yaitu bernama Alm. KH Abdul Fatah.

Selain itu penekanan pembelajaran pada pondok pesantren Darul Arqom yaitu pada penguasaan al quran, terutama dalam bidang hafalan. Santri juga diberi pembelajaran hadits, fiqh, dan tafsir.

Kitab-kitab yang dipelajari yaitu bersumber dari kitab kuning berupa tafsir jalalain, goyah wataqrib, riyadhus sholihin dan mukhtarol hadits. Alamat lengkap pondok pesantren darul arqom berada di Jl. Jemur Wonosari, Surabaya.  

4. Pondok Pesantren An-Nur 

Pondok pesantren An-Nur beralamat di Jl. Wonocolo No 10-A, Kec Wonocolo, Jawa Timur. Pesantren yang satu ini selain memberikan bekal pendidikan agama islam kepada para santrinya ternyata juga memberikan bekal pendidikan sosial, budaya, organisasi, dan olahraga. 

5. Pondok Pesantren Luhur Al Husna

Pondok pesantren luhur al husna adalah salah satu ponpes mahasiswa yang ada di Surabaya dengan penerapan kedisiplinannya yang sangat dikenal masyarakat luas.

Pesantren ini juga mengajarkan kepada para santri penguasaan ilmu nahwu. Sedangkan tahun pembuatan pondok pesantren luhur al husna yaitu pada tahun 2003. Alamat ponpes ini berada di Jl. Jemur Wonosari, Gg. Masjid No 42, Surabaya. 

6. Pondok Pesantren Jagad Alimussirry

Daftar pondok pesantren mahasiswa yang terakhir adalah pondok pesantren jagad alimussirry yang lokasinya dekat dengan kampus UINSA, yaitu hanya berkisar 5 KM. Pondok pesantren yang satu ini merupakan ponpes moderat dan sangat aktif dalam berbagai kegiatan keislaman.

Salah satu kegiatan yang dilakukan secara berkala di pondok pesantren jagad alimussirry ini yaitu menerbitkan jurnal studi islam. Bahkan para santri di pesantren ini juga melakukan berbagai kegiatan atau organisasi santri. Hingga pada akhirnya memunculkan banyak prestasi baik dari bidang akademik maupun non akademik.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren untuk mahasiswa yang ada di wilayah Kota Surabaya. Semoga saja bisa berguna untuk semuanya.

Posting Komentar untuk "6+ Pesantren Mahasiswa Terbaik di Surabaya"