Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13+ Pesantren dengan Santri Terbanyak di Indonesia

Daftar Pesantren dengan Santri Terbanyak

Negara Indonesia merupakan negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Sehingga tidak heran apabila negara ini memiliki ribuan pondok pesantren dari berbagai penjuru daerah. Masing- masing pesantren yang ada di Indonesia tentunya bertujuan untuk mencetak generasi muda yang paham agama dan berakhlak mulia, agar tumbuh menjadi pemuda yang bermanfaat dan mampu mengemban amanah dengan lebih baik 

Oleh karena itulah untuk jumlahnya sendiri ada ribuan bahwa jutaan. Sehingga tak khayal Indonesia juga sudah mengesahkan Hari Santri Nasional yang biasanya diperingati pada tanggal 20 Oktober.

Pesantren dengan Santri Terbanyak di Indonesia

Pondok pesantren dengan jumlah santri terbanyak di Indonesia bisa dikatakan berpusat pada Pulau Jawa, meski ada sebagai pesantren juga berada di provinsi lainnya. 

Daftar Pondok Pesantren Dengan Santri Terbanyak Di Indonesia

Berikut dibawah ini beberapa contoh daftara pondok pesantren di Indonesia dengan jumlah santri terbanyaknya yaitu : 

1. Pondok Pesantren Gontor 

Pondok pesantren gontor adalah pesantren yang memiliki sistem pendidikan modern dan menjadi pelopor berdirinya ponpes yang lebih modern serta kompleks dalam berbagai bidang. Selain itu pondok pesantren gontor juga menjadi salah satu pondok pesantren terbaik yang ada di negara Indonesia.

Pesantren ini dibangun sejak tahun 1926 dan memiliki penekanan aspek disiplin yang begitu tinggi. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes gontor juga begitu banyak, pada tahun 2020 ponpes ini menerima pendaftaran hingga mencapai 7.121 orang.

Banyaknya jumlah santri tersebut merupakan hasil persebaran pondok pesantren yang berada di berbagai cabang seperti di Kediri, Banyuwangi, Ponorogo, Magelang, Lampung dan lain – lain. 

2. Pondok Pesantren Yanbu’ul Quran

Pondok pesantren yanbu’ul quran merupakan pesantren yang didirikan oleh KH Arwani Amin Said. Sedangkan banyaknya santri yang belajar di pondok pesantren ini sangatlah banyak karena berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Bahkan alumni pondok pesantren yanbu’ul quran juga telah mencapai ribuan orang. 

3. Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang

Pondok pesantren yang satu ini beralamat di Desa Karangmangu dan dahulu sempat diasuh atau dipimpin oleh KH Maimun Zubair. Ponpes al-anwar memiliki jenjang pendidikan yang meliputi MTs, MA, kepesantrenan, tahfidz quran dan lain-lain.

Selain itu santri yang belajar di pondok pesantren di Rembang juga begitu banyak, hal ini sesuai dengan banyaknya fasilitas di pondok. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya ialah kamar santri sebanyak 106, 2 ruang tamu, perpustakaan, dan lain sebagainya. 

4. Pondok Pesantren Lirboyo

Pondok pesantren lirboyo berada di daerah Kediri atau tepatnya terletak di sebelah barat sungai brantas, Kecamatan Mojoroto. Perlu diketahui pula bahwa pondok pesantren lirboyo ini merupakan ponpes yang tumbuh dan berkembang sehingga menjadi pusat riset islam sejak puluhan tahun sebelum kemerdekaan Indonesia diraih.

Selain itu pesantren di Kediri ini juga berhasil melahirkan tokoh-tokoh penting sehingga pada akhirnya mampu mengkombinasikan tradisi dengan nilai kemodernitasan secara lebih baik lagi.  

5. Pondok Pesantren API Tegalrejo

Pondok pesantren ini didirikan pada tanggal 1 Oktober 1944 dan beralamat di Desa Krajan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Pesantren di Magelang mampu bertahan hingga sekarang dan telah mengalami perkembangan dengan begitu baik.

Bahkan dalam sejarahnya, pada tahu 1950 pondok pesantren ini tercatat telah melahirkan para alumni tokoh masyarakat yang menjadi pemimpin penting, salah satunya ialah KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). 

6. Pondok Pesantren Modern Selamat

Pondok pesantren yang satu ini merupakan salah satu pesantren di Indonesia yang mempunyai santri dengan jumlah begitu banyak, tepatnya yaitu mencapai 2000 santri yang berasal dari berbagai penjuru daerah. 

7. Pondok Pesantren Tebuireng

Pondok pesantren Tebuireng adalah sala satu pesantren terbesar yang ada di Indonesia. Ponpes di Kabupaten Jombang-Provinsi Jawa Timur ini didirikan pada tahun 1899 oleh KH Hasyim Asyari. Jumlah santri di pesantren tebuireng ini diketahui telah mencapai 3.518 orang. 

8. Pondok Pesantren Langitan

Pondok pesantren langitan adalah pondok pesantren yang sudah tua di negara Indonesia. Oleh sebab itu, sudah pasti santri yang belajar di pesantren ini sangatlah banyak, begitupun dengan para alumninya. Hingga saat ini kurang lebih pondok pesantren langitan telah memiliki 5.000 santri. 

9. Pondok Pesantren Sidogiri

Daftar pondok pesantren berikutnya yang memiliki santri terbanyak di negara Indonesia adalah ponpes sidogiri. Saat ini jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren sidogiri yaitu ada sekitar 7888 orang.

10. Pondok Pesantren Al-Fadhlu

Terakhir yaitu ada pondok pesantren Al-Fadhlu yang didirikan pada tahun 1985. Ponpes ini diketahui telah memiliki banyak santri yang telah menjadi alumni maupun yang masih belajar di pondok. Selain itu berbagai fasilitas juga bisa diperoleh para santri diantaranya ialah asraman, perpustakaan, gedung, laboratorium dan lain sebagainya.

11. Pondok Pesantren Musthafawiyah

Salah satu pondok pesantren yang terletak di luar pulau Jawa dengan jumlah santri yang amat besar ialah Pondok Pesantren Musthafawiyah yang dikenalpula dengan nama Pesantren Purba Baru. Alamat lengkap pondok pesantren ini berada di Kecamatan Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal.

12. Pondok Pesantren Al Fatah Temboro

Daftar lengkap lainnya tentang adanya pondok pesantren dengan jumlah santri terbayak di Indonesia adalah PonPes Al-Fatah Temboro yang beralamatkan di Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan.

Untuk jumlah santrinya sendiri puluhan ribu. Bahkan beberapa masyarakat dari lau negeri menimba ilmu di pesantren ini.

13. Pondok Pesantren Darussalamah

Informasi tentang adanya Pondok Pesantren Salafiyah Darussalamah juga perlu untuk menjadi tulisan menarik bagi masyarakat Indonesia.

Dimana pesantren yang beralamatkan di Desa Braja Dewa, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur ini juga memiliki santri dengan jumlah ribuan. Bahkan alumninya juga terseber di beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Nah, itulah saja informasi yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang memiliki jumlah santri terbanyak di Indonesia. Semoga saja bisa berkenaan ya.

12 komentar untuk "13+ Pesantren dengan Santri Terbanyak di Indonesia"

Unknown 8 Oktober 2021 pukul 01.23 Hapus Komentar
yang saya ketahui jumlah santri pesantren API tegalrejo semuanya ada sekitar 15ribuan
Admin 15 Oktober 2021 pukul 02.15 Hapus Komentar
Wahhh. Trimakasih atas tambahan informasinya kak :)
Putri 24 Desember 2021 pukul 19.36 Hapus Komentar
Apakah saya bisa mendapatkan alamat2 ponpes tersebut ustad/ustadzah guna kebutuhan riset?
Unknown 22 Februari 2022 pukul 21.39 Hapus Komentar
Yaa.. padahal purba baru yg terletak di Sumatera utara itu mencapai belasan ribuan santri, masa gak termasuk sih, lain kali jauh jauh lah main nya, jangan di Jawa aja, Sumatra juga Indonesia kali,.. miris ah
Admin 26 Mei 2022 pukul 01.49 Hapus Komentar
Wahh, trimakasih banyak. Sudah saya tambahkan juga kak. :)
Anonim 4 Juni 2022 pukul 11.40 Hapus Komentar
Lihat temboro dunggg puluhan ribu... cabangnya juga udh ada dimalaysia jumlah santri keseluruhan ±52.000
Anonim 8 Juni 2022 pukul 06.10 Hapus Komentar
Pesantren temboro di pusat 22.000 santri, belum termasuk cabang nya sekitar 30.000 santri lebih
Anonim 8 Juni 2022 pukul 06.11 Hapus Komentar
Kalah sama temboro
Admin 19 Juni 2022 pukul 00.46 Hapus Komentar
Wahhh trimakasih atas informasinya. Sudah kami tambahkan kok kak, iya memang kami butuh kritik dan sarannya. Agar bisa bener-bener memberikan informasi yang valid untuk masyarakat Indonesia.
Admin 19 Juni 2022 pukul 00.47 Hapus Komentar
Alamatnya ada kok, sudah di cantumkan kak :) maksudnya alamat apa ya kak? :)
Admin 19 Juni 2022 pukul 00.47 Hapus Komentar
Wahhh trimakasih atas informasinya. Sudah kami tambahkan kok kak, iya memang kami butuh kritik dan sarannya. Agar bisa bener-bener memberikan informasi yang valid untuk masyarakat Indonesia.
Anonim 22 April 2023 pukul 20.54 Hapus Komentar
Santri al fatah 26.772(pusat)
Cabang. 25.686(cabang)
Total:52.458 santri

Dilihat dari data komputer al fatah temboro