Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren Tahfidz Qur’an Terbaik di Kota Medan

Pesantren Tahfidz Quran di Medan

Medan adalah kota terbesar ketiga yang ada di Indonesia, selain dari Kota Surabaya dan Kota Jakarta. Selain itu kota medan juga mempunyai wilayah yang cukup asri dengan banyaknya bangunan gedung- gedung yang menjulang tinggi.

Akan tetapi siapa sangka kota yang penuh dengan kemoderenan tersebut justru memiliki lembaga pendidikan agama islam seperti halnya pondok pesantren penghafal Al-Qur'an atau dikenal dengan tahfidz Qur’an dengan kualitas-kualitas yang terbaik. 

Pesantren Tahfidz Qur’an di Medan

Pondok pesantren tafidz quran yang ada di Medan pada dasarnya didirikan untuk memberdayakan masyarakat agar lebih agamis, serta menjadikan kota Medan sebagai daerah dengan iklim religius, ramah, beradab, serta beradat.

Selain itu pondok pesantren di Medan tidak hanya melaksanakan sistem pendidikan salaf (tradisional), namun juga menggunakan sistem kholaf (modern). Oleh karena itu santri tidak hanya diberi bekal pendidikan agama saja, melainkan juga diberi pemahaman mengenai pengetahuan umum. 

Daftar Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an di Medan

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren di Sumatra, khususnya yang fokus pada tahfidz quran di wilayah Kota Medan. Antara lain;

1. Pondok Pesantren Al Husnah

Pondok pesatren Al-Husnah adalah pondok pesantren tahfidz quran yang mempunyai program unggulan seperti hufadz. Program hufadz ialah program untuk santri putra maupun putri yang ingin menghafal Al-Qur'an 30 Juz.

Selain itu pesantren al husnah juga menelaah beberapa kitab hadist masyhur seperti Mustholah Hadist dan untuk program pendidikannya sendiri yaitu ada pendidikan formal meliputi SMP dan SMA.

Pondok pesantren al husnah juga mempunyai visi yaitu mewujudkan insan yang terampil dan mandiri dengan menguasai ilmu agama islam yang nantinya agar dapat digunakan dalam kehidupan di masyarakat.

Pondok pesantren ini alamatnya berada di di Pelajar Pasar III Desa Marindal I Kecamatan Patumbak Medan Sumatera Utara.

2. Pondok Pesantren Tahizhil Quran Yayasan Islamic Centre

Pondok pesantren ini memiliki 3 program pendidikan yaitu madrasah tsanawiyah (MTS dan Tahfiz), madrasah aliyah (MA dan Tahfiz), serta madrasah tahfizhil quran (Takhosus). Pesantren ini juga telah dilengkapi dengan berbagai sarana atau fasilitas seperti masjid, ruang belajar, asrama, UKS, laboratorium, perpustakaan, dan lain-lain. 

3. Pondok Pesantren Amanah Tahfidzul Quran

Sekolah agama islam ini memiliki program khusus yang diberi nama tasmi al quran. Program ini adalah kegiatan yang dilakukan sekolah dengan mengajarkan para santrinya agar dapat menghafal 5 juz al quran.

Selain itu kegiatan tersebut juga dilakukan agar dapat mencapai visi sekolah yaitu menjadikan al quran sebagai pedoman hidup dan petunjuk yang rahmatan lil alamin. Lokasi amanah tahfidz quran ini berada di Jl. Pelita- Sei Mencirim, Ds. Medan Krio Kecamatan Sunggal. 

4. Pondok Pesantren Madrasah Tahfidzul Quran An-Nur

Lokasi pondok pesantren yang satu ini berada di Jalan Flamboyan Raya Tanjung Selamat-Medan. Selain itu usia ponpes ini juga sudah cukup lama yaitu sekitar 19 tahun atau didirikan sejak tahun 2002. Pembelajaran di ponpes ini dapat dikatakan berlangsung selama 24 jam.

Para santri umumnya akan melakukan kegiatan menghafal quran, menghidupkan sunnah nabi muhammad dan lain sebagainya.

Madrasah tahfidzul quran an nur juga mempunyai program santri harus keluar dari pesantren selama 3 hari untuk khuruj keluar di Jalan Allah-Khuruj Fi Sabillah untuk latihan mendapatkan iman yakin terhadap kalimat thoiyibah La Ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah.

5. Pondok Pesantren Raudhah Hasanah

Pondok pesantren raudah hasanah didirikan sejak tahun 1982 dengan sistem modern. Bahkan sistem maupun pola pendidikan yang ada di pondok pesantren ini hampir mirip dengan pondok pesantren Gontor Ponorogo, hal ini dikarenakan salah satu pendiri pesantren raudhah hasanah ialah alumni ponpes Gontor Ponorogo.

Sedangkan untuk kurikulumnya sendiri yaitu menggunakan perpaduan kurikulum umum dan kurikulum agama yang disatukan. Alamtat lengkap pesantren raudhah hasanah berada di Jl. Setia Budi Ujung Simpang Selayang. 

6. Pondok Pesantren Tahfidz Quran At Tabligh

Kegiatan utama yang ada di pondok pesantren ini adalah menghafal quran. Sehingga para tenaga pendidik berusaha untuk membimbing dengan benar agar para santri yang mondok dapat berhasil menjadi hafidz maupun hafidzoh.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan daftar nama-nama pondok pesantren tahfidz Al-Qur’an yang berada di wilayah Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara. Semoga saja bisa berguna.

Posting Komentar untuk "6+ Pesantren Tahfidz Qur’an Terbaik di Kota Medan"