Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbersih di Indonesia yang Harus Kamu Baca

Pondok Pesantren Terbersih di Indonesia

Pondok pesantren bisa dikatakan sebagai lembaga pendidikan agama Islam yang saat ini semakin menjadi incaran banyak orang. Hal ini karena pesantren bukanlah jenis pendidikan yang kuno, melainkan telah berkembang menjadi lebih baik dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat dengan tetap mempertahankan nilai-nilai keagamaan yang ada.

Oleh karena itulah anggapan salah bahwa hidup di lingkungan pesantren kurang bersih (kotor). Lantaran setiap pesantren senantisa menjadwalkan untuk para santrinya melakukan bersih di tengah kesibukan memperdalam ilmu Agama Islam.

Pesantren Terbersih di Indonesia

Negara Indonesia telah memiliki ribuan pondok pesantren yang tersebar ke seluruh nusantara. Tentunya masing-masing pesantren tersebut mempunyai ciri khasnya masing-masing dan yang menjadi salah satu daya tarik pondok pesantren selain di program-programnya ternyata kebersihan menjadi hal yang paling penting pula. Karena dengan lingkungan yang bersih para santri dapat belajar dengan lebih nyaman dan tenang. 

Daftar Pondok Pesantren Terbersih di Indonesia

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren terbersih yang ada di Indonesia adalah : 

1. Pondok Pesantren Sabilurrasyad

Pondok pesantren sabilurrasyad merupakan pesantren yang memiliki fasilitas pondok kelas satu dengan bangunan 3 lantai. Selain itu lokasi pondok pesantren ini juga sangat strategis, aman, dan bebas polusi karena tidak diperkenankan untuk merokok. Inilah alasannya mengapa pondok pesantren sabilurrasyad menjadi salah satu ponpes terbersih yang ada di Indonesia.

2. Pondok Pesantren Tazkia International Islam Boarding School (IIBS)

Lokasi pondok pesantren yang satu ini berada di jalan tirto sentono No 15 Dau, Malang. Pondok pesantren di Malang bernama Tazkia ini telah berdiri sejak tahun 2012 namun angkatan pertama baru dimulai tahun 2014.

Gedung dan bangunan yang ada di pondok pesantren ini sangat mewah dan begitu bersih. Selain itu setiap kamar diisi hanya 8 santri dengan kamar tidur susun dengan penataan yang sangat baik dan rapi.

3. Pondok Pesantren Ar Rohmah Islamic Boarding School

Alamat lengkap pondok pesantren Ar Rohmah Islamic Boarding School yaitu berada di Jalan Jambu Semanding Sumbersekar Dau, Malang. Bangunan pondok pesantren ini mulai didirikan sejak tahun 2000.

Fasilitas yang ada di ponpes ini terbilang mewah dan sangat terjaga kebersihannya. Umumnya setiap kamar diisi oleh 12 santri dengan tempat tidur susun yang lebih minimalis.

4. Pondok Pesantren Daarul Ukhuwah  

Pondok pesantren daarul ukhuwah beralamat di Jalan Asrikaton Bamban, Pakis, Malang. Ponpes yang satu ini juga menjadi salah satu pondok pesantren terbersih yang ada di Indonesia. Selain itu ada banyak fasilitas yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para santri. 

5. Pondok Pesantren Al Izzah International Islamic Boarding School

Pondok pesantren Al Izzah International Islamic Boarding School merupakan pesantren yang memiliki fasilitas terbaik mulai dari asrama, masjid, ruang UKS dan lain sebagainya. Dengan adanya fasilitas yang baik itu pula, maka tingkat kebersihan pesantren sangat diperhatikan dan diutamakan. Tuuannya agar para santri dapat merasa lebih nyaman. 

6. Pondok Pesantren Al Hikmah Boarding School

Alamat pondok pesantren ini berada di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. Pondok pesantren Al Hikmah Boarding School merupakan ponpes yang memiliki fasilitas megah dan dilengkapi dengan adanya taman hijau yang menambah keindahan pondok pesantren tersebut. 

7. Pondok Pesantren Istana Mulia

Pondok pesantren istana mulia adalah pesantren yang sempat memperoleh anugrah terbaik dan terfavorit sebagai ponpes paling bersih dan teduh di yang berada di tingkat Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Oleh karena itulah bisa dikatakan bahwa pesantren di Serang yang bagus ini menjadi pilihan. 

8. Pondok Pesantren An Nahl Darunnajah 5 

Pondok pesantren An Nahl Darunnajah 5 termasuk ponpes yang memiliki predikat terbersih. Hal ini karena pondok pesantren ini mewajibakan para santrinya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri maupun lingkungannya. 

9. Pondok Pesantren Modern Al Umanaa

Pondok pesantren terbersih berikutnya yang ada di Indonesia adalah ponpes Modern Al Umanaa. Ponpes ini memiliki visi menjadi lembaga (yayasan) yang mandiri, unggul dalam akhlak dan prestasi serta mampu menciptakan kader pemimpin masa depan dan intelektual muslim yang berquran.

10. Pondok Pesantren Gontor

Terakhir yaitu ada pondok pesantren Gontor yang berdiri pada tahun 1926 di Ponorogo, Provinsi Jawa Timur. Pesantren di Jawa Timur ini didirikan oleh tiga bersaudara putra Kiai Santoso Anom Besari yaitu meliputi KH Ahmad Sahal, KH Zain 

Nah, itulah saja informasi yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang terbersih di Indonesia dari berbagai wilayah. Semoga bisa berguna bagi kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbersih di Indonesia yang Harus Kamu Baca"