Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren Tahfidz Qur’an Terbaik di Depok

Pondok Pesantren Tahfidz di Depok

Siapa yang tidak kenal dengan kota Depok? Kota yang terletak di provinsi Jawa Barat ini merupakan daerah yang lokasinya berada di sebelah selatan Jakarta. Kota Depok ini pada dasarnya berada di tengah-tengah Bogor dan Jakarta.

Selain itu Depok juga terbagi atas 13 kecamatan antara lain seperti kecamatan Limo, kecamatan Pancoran Mas, kecamatan Sawangan, dan lain-lain.  

Pesantren Tahfidz Qur’an di Depok

Kota Depok juga dikenal memiliki beberapa lembaga pendidikan islam seperti pondok pesantren. Salah satunya yaitu pondok pesantren tahfidz quran yang mampu menciptakan lulusan santri dengan gelar hafidz maupun hafidzoh.

Selain itu ponpes tahfidz quran di Depok juga memberikan bekal atau pengajaran akhlak mulia kepada para santri, agar lulusan ponpes dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan sopan dan santun.

Daftar Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an di Depok

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren tahfidz quran di Depok adalah : 

1. Pondok Pesantren Putri Al Awwabin

Pertama yaitu Pondok Pesantren Putri Al Awwabin yang merupakan ponpes dengan jenjang pendidikan cukup lengkap karena sampai pada jenjang perkulihan khusus putra putri yang terpisah dalam kampus yang berbeda.

Pengajarannya yaitu masih bersifat tradisional dengan pengkajian kitab kuning seperti pesantren Salaf di Jawa Timur, yaitu mengaji sorogan. Lokasi pondok pesantren putri al awwabin yaitu berada di Jl. H. Sulaiman Desa Perigi No.12, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

2. Pondok Pesantren Darus Sholihin Sawangan

Kedua yaitu pondok pesantren darus sholihin sawangan yang merupakan pesantren dengan dua perpaduan pendidikan formal dan pendidikan Al Quran.

Sistem pendidikan yang dilakukan pada pondok pesantren ini yaitu dengan waktu belajar pendidikan formal mulai pagi sampai waktu dzuhur.

Sedangkan di waktu bada dzuhur hingga sore akan dihabiskan dengan nuansa lingkungan lebih kental dengan lingkungan pesantren tradisional melalui model pengajian. Pada kegiatan sehari-harinya para santri pondok pesantren di Depok ini lebih sering mengedepankan unsur dengan Al Quran.

3. Pondok Pesantren Baitul Quran

Ketiga yaitu pondok pesantren baitul quran yang didirikan pada tahun 2016. Program tahfidz quran di pondok pesantren ini digabungkan dengan unsur pendidikan lainnya seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Oleh karena itu setiap santri akan memperoleh budaya pendidikan yang seimbang baik dari segi pendidikan formalnya maupun pendidikan agamanya. Salah satu hal kelebihan yang ada di pondok pesantren ini adalah adanya kuota untuk dhuafa dan yatim yang akan menerima keringanan bagi yang kurang mampu.

4. Pondok Pesantren Madinatul Quran

Keempat yaitu pondok pesantren madinatul quran yang memang difokuskan pada penghafalan Al Quran.

Setiap jenjang yang ada di pondok pesantren ini mempunyai target hafalan dalam jumlah juz tertentu. Sedangkan untuk kurikulumnya sendiri yaitu perpaduan antara 4 hal meliputi ilmu Aqidah, ulumul Quran, Tafsir, Fiqh, dan lain sebagainya.

5. Pondok Pesantren Tahfidzhul Qur'an Halimah Assa'diyyah

Kelima yaitu pondok pesantren tahfidzhul quran halimah assadiyyah yang beralamat di Depan Lapangan Bola Perigi, Jl. H. Sulaiman Kp. Perigi No.24, RT.04/RW.07, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

6. Pondok Pesantren Tahfiz Wadi Al-Qur'an

Terakhir yaitu pondok pesantren tahfiz wadi al quran yang lokasinya berada di Jl. Ngarai No.100B, RW No.07 Kelurahan, Pasir Gn. Sel., Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Nah, demikinlah saja barangkali informasi yang bisa dibagikan bagi semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren khusus tahfidz qur’an yang ada di wilayah Depok, Provinsi Jawa Barat. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6+ Pesantren Tahfidz Qur’an Terbaik di Depok"