Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Kepulauan Riau yang Menjadi Pilihan

Pondok Pesantren di Kepulauan Riau

Provinsi yang terbentuk dari adanya pemekaran dari Provinsi Riau, Pulau Sumatera ini memiliki mayoritas penduduk beragama islam. Islam sebagai agama mayoritas tentu didukung pula dengan penyebaran agama yang pesat. Salah satunya adalah dengan adanya pondok pesantren di Kepulauan Riau.

Disisi lainnya, Ponpes yang ada di wilayah Provinsi Kepulauan Riau tersebar di 7 kabupaten diantaranya Bintan, Karimun, Natuna, Lingga, Kepulauan anambas, Kota Batam, dan Tanjung Pinang. Jumlah pondok pesantren terbanyak berada di kota batam yang memiliki lebih dari 30 pondok pesantren.

Pondok Pesantren di Kepulauan Riau

Jumlah penyebaran yang cukup merata, masyarakat khususnya masyarakat Kepulauan Riau dapat memanfaatkan kesempatan untuk menimba ilmu agama islam. Untuk biaya, beberapa pondok pesantren memungut biaya, sebagian lainnya membebaskan biaya pendidikan alias gratis. 

Daftar Pondok Pesantren di Kepulauan Riau

Beberapa pondok pesantren yang ada di wilayah kepulauan Riau, antara lain: 

1. Ponpes Madani

Ponpes yang beralamat di Jl. Tata Bumi, Toapaya Asri, Toapaya, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau ini merupakan cabang ke dari pondok pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur.

Beberapa program keagamaan gencar dilakukan, mulai dari program mengaji bersama hingga pendirian rumah Tahfidz. Pondok pesantren di Kabupaten Bintan ini juga bekerja sama dengan pondok tebu ireng di Jombang sehingga program yang dijalankan pun mengaar dari program pondok tebu ireng Jombang. 

2. Ponpes Ar Raudhah

Ponpes yang berdiri pada tahun 1994 ini terletak di Tlk. Uma, Tebing, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Pesantren ini menyediakan program pendidikan formal mulai dari TK Al-Islami Ar raudhah, Madrasah Ibtidaiyah Ar Raudhah, Madrasah Tsanawiyah Ar Raudhah hingg Madrasah Aliyah Ar Raudhah.

Dengan visi untuk menciptakan santri yang berakhlakul karimah, fasih Al Quran, dan berprestasi berlandaskan akidah ahlussunnah wal jamaah, ponpes di Kabupaten Karimun ini juga memberlakukan sistem pembelajaran agama islam dengan mengikuti perkembangan IPTEK. 

3. Ponpes Miftahus Sa’adah

Ponpes yang berdiri pada tahun 2002 ini berada di Jalan P Selat Nenek, Batam, Kepulauan Riau. Awal berdri hanya mendirikan sebuah pesantren.

Namun saat ini sudah berkembang dengan memiliki sekolah formal yaitu SMP Miftahus Saadah, SMA Miftahus Saadah, serta SMK Miftahus Saadah. Selain pendidikan agama untuk pesantren di Batam ini juga para santri juga dibekali dengan ketrampilan seperti menjahit dan berbagai ketrampilan lainnya. 

4. Ponpes An Nikham Dapur XII

Jl. Dapur XII, Sungai Pelunggut, Sagulung, Kota Batam, Kepulauan Riau. Ponpes ini memiliki program unggulan berupa Thafidz Quran dan kitab Kuning. Ponpes ini menyediakan empat program pendidikan, yaitu Kuliyatul Mualimin Al Islamiyah (KMI), Pondok Pesantren Salafiyah Wustha An-Ni’mah, Madrasah Aliyah An-Ni’mah, serta Takhosus tahfidz An-Ni’mah. 

Keunggulan lainnya dari ponpes ini adalah para santri di didik tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa daerah dalam kehiudpan sehari-hari, tetapi juga diajarkan menggunakan bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. 

5. Ponpes Al Ikhsan Bintan

Ponpes yang satu ini beralamat di Jl. Bukit Namling RT 05 RW 02, Desa Toapaya, Kec. Toapaya, Bintan, Kepulauan Riau. Ponpes ini menerapkan konsep pondok modern islamic boarding school. 

Berbagai fasilitas pembelajaran di sediakan di ponpes ini, mulai dari asrama dengan kapasitas maksimal 4 orang, masjd yang luas, ruang belajar yang dilengkapi AC, kolam renang, dan lain fasilitas menunjang lainnya yang memadai akan membuat para santri merasa nyaman belajar di pondok pesantren, khususnya dalama belajar menghafal Al Quran. 

6. Ponpes Idris Bintan

Masih berlokasi di wilayah Bintan, ponpes berikutnya ialah pondok pesantren Idris yang beralamat di Jl. Wisata Bahari, Kp. Jeropet, Kawal, Gn. Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. 

Ponpes ini menyediakan dua jenjang pendidikan yaitu Madrasah Tsanawiyah Idris Bintan dan Madrasah Aliyah Idris Bintan dengan dua jurusan yaitu jurusan program keagamaan dan jurusan IPA. Bagi para santri yang ingin menimba ilmu di ponpes ini harus mengikuti seleksi masuk berupa tes seleksi dan wawancara. 

7. Ponpes Attamadun

Ponpes ini beralamat di Jl. KH Ahmad Dahlan, Tj. Riau, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Ponpes yang berdiri pada tahun 2001 ini memilki lebih dari 200 santri. Meskipun terbilang ponpes yang sudah berdiri cukup lama, ponpes ini masih dalam upaya meningkatkan fasilitas para santri yang memadai untuk menunjang pembelajaran. 

8. Ponpes Tahfidzul Quran Al Fitrah 

Ponpes ini beralamat di Jl. Kemboja, kampung rawabangun, Toapaya, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Sesuai namanya, ponpes di Kota Tanjung Pinang ini juga memiliki program utama untun mendidik dan mengajarakan para santri agar menjadi tahfidzul Quran. Dari segi kualitas, ponpes ini sudah tidak diraguan lagi karena telah mendapatkan Piagam Izin Operasional dari kementrian agama setempat. 

9. Ponpes modern Az Zainiyah

Pondok pesantren berikutnya yang bisa menjadi salah satu referensi adalah pondok pesantren modern Az Zainiyah yang berlokasi di Jl.KH.Ahmad Dahlan, Tj. Riau, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau. 

Dengan menggunakan kurikulum Pendidikan Nasional dari Departemen agama, ponpes ini memiliki empat program unggulan, yaitu Kajian Akhlak, Tahfidz Quran, Muhadiarah, dan Majelis Ta’lim. Ponpes ini juga mengajarakan para santri belajar bahasa Arab untuk dpaat diterapkan dalam keseharian di pesantren. 

10. Pondok Pesantren Syeikh Zainuddin Nahdhatul Watham Bintan

Ponpes ini beralamat di daerah Toapaya, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Dengan visi Menjadi Lembaga Pendidikan Yang Unggul Dalam Menghasilkan Generasi Yang Smart.

Ponpes ini memiliki target capaian program berupa Hifzil Quran 10 Juz, Qira’atul kitab, serta diimbangi dengan program nonfromal berupa ekstrakurikuler seperti Muhadhoroh, bahasa Arab, bahasa Inggris, Fahmil Quran, Komputer dan Enterpreneur, serta Hadrah. 

11. Ponpes LDII Abdul Dhohir

Ponpes yang stau ini berada di Patam Lestari, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Ponpes ini menyediakan dua program pendidikan yaitu setingkat SMP dan SMA.

Selain pendidikan agama, ponpes ini juga mengajarkan kepada para santri mengenai enterpreneursip yanng dilakukan melalaui kegiatan seminar dan kegiatan-kegiatan lain. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan santri yang berakhlakul karimah serta mandiri. 

12. Pondok Pesantren Anshorus Sunnah Batam

Ponpes ini beralamat di Jl. Sudirman No.14, Belian, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau. Ponpes ini meneydiakan empat jenjang pendidikan yaitu TPAT untuk putra dan putri, Tahfizul Quran/SD, Al Muttawassithoh/ SMP, dan ATS Tsanawiyah/SMA. 

Untuk jenjang al Muttawassitthoh dan ATS Tsanawiyah, ponpes ini menyelenggaran seleksi masuk untuk para calon santri berupa tes Al Quran, Pengetahuan dasar Islam, dan tes bahasa arab. Oleh karenanya, para santri di ponpes ini memiliki kualitas pendidikan yang baik.  

13. Ponpes Khodijah

Ponpes ini beralamat di Ruko Genta Plaza Blok C No 4/5 Buliang, Batu Aji, Kota Batam. Pondok ini hanay dikuhususka untuk santri putri. Ponpes ini berada di bawah naungan yayasan Islam Al Kahfi Batam. Untuk biaya pendidikan di ponpes ini berkisar Rp. 500.000 per bulan, termasuk asrama. 

14. Ponpes Imam Syafi’i

Ponpes ini berlamat di Jl. Hang Lekiu No. 2 Sambau Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. Dengan program unggulan Tahfidz Quran, ponpes ini menyediakan dua jenjang pendidikan yang dikemas secara modern dan islamiyah yaitu SMP Islam terpadu dan SMA Islam terpadu. 

Sama seperti beberapa pondok pesantren terbaik lainnya di Kepulauan Riau, ponpes ini juga melaksanakan seleksi masuk bagi para calon santri berupa tes Tahsin, Tes Tahfizh, dan tes wawancara untuk calon santri dan orang tua. 

15. Ponpes Hidayatullah Batam

Ponpes satu ini mungkin sudah tidak asning lagi bagi kamu. Hal tersebut dkarenakan ponpes ini memiliki banyak cabang baik di wilayah kepulauan Riau maupun di pulau-pulau lain seperti pulau Jawa dengan pondok pusat yang berada di wilayah Balikpapan.

Di Kepulauan Riau sendiri, Ponpes ini terletak di Jl. Letjen Soeprapto, Kibing, Kec. Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau. 

Program unggulan ponpes ini adalah tahfidzul Quran. Keunggulan lainnya juga terlihat dari jenjnag pendidikan yang tersedia. Ponpes ini membuka jenjang pendidikan untuk perguruan tinggi. untuk jenjang perguruan tinggi pun antara santri putra dan santri putri tidak digabung menjadi satu melainkan dipisah.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Semoga saja bisa berguna bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Kepulauan Riau yang Menjadi Pilihan"