Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang Menjadi Pilihan

Pondok Pesantren di Sulawesi Selatan

Meskipun di beberapa kabupaten di Wilayah Sulawesi Selatan yang dikenal dengan Sulsel mayoritas masyarakat beragama kristen protestan, tetapi tidak menutup adanya penyebaran agama islam di wilayah ini.

Oleh karena itulah, berikut ini akan dibahas daftar nama pondok pesantren yang ada di wilayah Sulawesi Selatan sebagai salah satu upaya penyebaran agama islam. 

Pesantren di Sulawesi Selatan

Wilayah Sulawesi Selatan dengan jumlah masyarakat lebih dari 9 juta jiwa ini memiliki 19 Kabupaten yang mayoritas penduduknya beragama islam, dan 5 kabupaten dengan mayoritas penduduknya beragama kristen protestan.

Proses penyebaran agama islma banyak dilakukan melalui pondok pesantren yang dibangun sejak tahun 1900-an. Semakin tahun, perkembangan pondok pesantren semakin pesat. Saat ini banyak dibangun pondok-pondok pesantren dengan metode pengajaran modern. 

Pengetahuan agama dan pengetahuan umum yang harus berjalan beriringan membuat masyarakat antusias untuk menimba ilmu agama di pondok pesantren. Bagi yang ingin mengetahui informasi terkait pondok-pondok pesantren yang ada di wilayah Sulawesi Selatan.

Daftar Pondok Pesantren di Sulawesi Selatan

Beberapa pondok pesantren yang ada di wilayah Sulawesi Selatan antara lain:

1. Pondok Pesantren Darul Istiqomah 

Pesantren yang berdiri pada tahun 1979 ini berlokasi di Jl. Komplek Pondok Pesantren 10, Maccopa, Maros, Sulawesi Selatan. Pesantren ini menjadi salah satu pesantren terbaik di wilayah ini, terbukti dengan akreditasi Istiqomah Boarding School yang sudah terakreditasi A. 

Program unggulan yang tersedia berupa Tahfidzul Quran, Bahasa Asing Arab-Inggris, serta kajian kitab. Pesantren ini juga menekankan program dawah dengan mengadakan ekstrakurikuler dakwah. Selain dakwah, ekstrakurikuler menarik lainnya berupa tata busana, tata boga, serta berbagai ekstrakurikuler lainnya.

2. Pondok Pesantren Darul Arqam 

Pesantren Muhammadiyah ini berlokasi di Jl. Ir. Sutami, Pai, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Berdiri pada tahun 1971, pesantren ini sudah membuka jenjang pendidikan MTs, SMP, MA, dan SMK. Saat ini pesantren ini sudah memilki lebih dari 500 santri setiap tahunnya. 

Sistem pendidikan di pesantren di Makasar ini terkenal cukup bagus. Hal terserbut terbukti dengan para alumni yang berhasil sukses di bidang agama dan bidang umum, sebagai contoh adalah Muhammad Syamsi Ali yang sekarang sudah menjadi imam di Islamic Center of New york, serta Anis Matta yang mrupakan mantan ketua DPR-RI yang saat ini menjadi ketua umum partai gelora. 

3. Pondok Pesantren Nurul Falah

Pesantren ini berlokasi di Borongganjeng, Gantarang Kindang Bulukumba, Sulawesi Selatan. Salah satu program yang menarik di pesantren ini adalah adanya program literasi serta mengusung pendidikan literasi. 

Selain pendidikan pesantren di Bulukumba, banyak kegiatan pengembangan di bidang seni seperti jurnalistik dan menulis berita, seni peran, serta pembuatan film bersama. Tersedia pula sanggar seni dan literasi, pers madrasah, serta kelompok pecinta bahasa. Hasil kreatifitas mahasiswa di bidang seni dapatdilihat di youtube resmi PP Nurul Falah bernama “NURFAL TV”

4. Pondok Pesantren Darud Da’wah Wal Irsyad

Pesantren ini merupakan berada di bawah yayasan organisasi islam Darud Da’wah Wal Irsyad ( DDI). Tidak hanya ada di Sulawesi Selatan, pondok ini juga bercabang di Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, hingga Maluku. 

Pesantren ini menganut ajaran tradisional seperti Nahdlatul Ulama. Selain jenjang sekolah Dasar hingga sekolah Menengah, pesantren ini juga membuka jenjang pendidikan Perguruan tinggi. Meskipun berdiri pada tahun 1938, pesantren ini tidak kalah bagus dengan pesantren-pesantren modern saat ini. 

5. Pondok Pesantren An-Nuriyah 

Pesantren ini berlokasi di Jl. Poros banteang- Jeneponto, Desa Maccini Baji, Kec. Batang, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan. Didirikan ada tahun 2005, pesantren ini cukup populer di kalanagn masyarakat Sulawesi selatan. Bahkan lebih dari 1000 santri menimba ilmu di pondok pesantren ini. 

Jenjang pendidikan yang disediakan mulai dari Madrasah ibtidaiyah hingga Madrasah Aliyah. Untuk fasilitas pendidikan, pesantren ini menyediakan lab. Bahasa hingga lab. Komputer sehingga mampu menunjang pembelajaran dengan sangata baik. 

6. Pondok Pesantren Darussalam Saroppo

Masih dari wilayah Jeneponto, pesantren ini berlokasi di Desa Tolo Selatan, Kec. Kelara, Kab. Jenoponto, Sulawesi Selatan. pesantren yang didirkan pada tahun 1997 ini, saat ini sudah menyediakan berbagai jenjang pendidikan mulai dari Madrasah Ibtidaiyah hingga Madrasah Aliyah. 

Untuk kelengkapan pendidikan dan pesantren, pesantren ini sudah memiliki lab komputer dan lab IPA sebagai pusat pendidikan terpadu. Selain itu, untuk menunjang kegiatan olahraga, pesantren ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti lap. Voli, lap. Sepakbola, lap. Takraw, dan lapangan tenis meja. 

7. Pondok Pesantren Al Falah Lemah Abang 

Pesantren ini berlokasi di Kec Bone-bone, Kab. Luwu Utara, Sulawesi Selatan. sama seperti pesantren pada umumnya, pesantren ini juga menyediakan jenjang pendidikan formal mulai dari RA hingga Madrasah Aliyah. Untuk jenjang non formal, pendidikan yang disediakan berupa Madin, TPA, dan tahfidz. 

Untuk fasilitas penunjang, pesantren di Luwu Utara ini sudah menyediakan lab. Komputer sehingga para santri mampu mengikuti pembelajaran agama berbasis modern. Bahkan pesantren ini memiliki gedung aula yang lumayan besar. 

8. Pondok Pesantren Mizanul Ulum Sanrobone

Pesantren ini berlokasi di Jl. Poros Kunjung Sanrobone, kec. Mappa Kasunggu, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan. Jenjang pendidikan formal yang tersedia ada MTs dan MA. Selain ilmu agama, pesantren ini juga mengembangkan pengembangan diri dari bidang seni. Salah satu yang terkenal adalah kelompokk hadroh yang sering menampilkan musik di lingkungan masyarakat sekitar. 

9. Pondok Pesantren Assalam Takalar

Pesantren ini berlokasi di Timbuseng, Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Pesantren ini menyediakan jenjang pendidikan formal Madrasah Tsaniyah dan Madrasah Aliyah. 

Untuk jenjang MTs, pesantren ini sudah terakreditasi C. sedangkan untuk jenjang MA, saat ini sudah terakreditasi B. Proses pembelajaran mengacu pada peraturan kemetrian agama. 

10. Pondok Pesantren Modern Mahyajatul Qurra’ Lassang 

Pesantren ini berlokasi di Lassang, Polombangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. sesuai dengan namanya, pesantren ini menyelenggarakan pendidikan modern serta memasukan mata pelajaran umum dari kementrian agama dan kementrian pedidikan dalam penerapan kurikulum. 

Sebagai salah satu pondok pesantren dengan kualitas yang bagus, pesantren ini memiliki sarana prasarana yang memadai seperti lab. Komputer, hingga studio musik. Untuk program unggulan keagamaan, hampir sama dengan ponpes pada umumnya yaitu tahfidz Quran dan pengkajian kitab kuning. 

11. Pondok Pesantren Bahrul Ulum 

Pesantren yang didirikan tahun 1987 ini berlokasi di Jl. Pallangga Raya, Desa Pallangga, Kec. Pallangga, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan. Pendidikan agama yang diajarkan menganut pendidikan Nadlatul Ulama. Lemabaga pendidikan formal yang tersedia berupa MI, MTs, dan MA. 

Untuk pembelajaran yang diajarkan di sekolah secara umum hampir sama dengan ponpes lainnya yaitu Al Quran, tafsir, hadist, mustholah hadist, nahwu, shorof, balaghog, fiqih, ushul fiqih, tarikh, serta ilmu tauhid. Salah satu program unggulan di luar bidang agama adalah pogram di bidang IT seperti jaringan komputer, rakit komputer, serta pelatihan komputer. 

12. Pondok Pesantren Darul Istiqamah Puce

Pesantren ini berlokasi di Jl. Dakwah Sinjai, Desa sangianseri, Kec. Sinjai Selatan, Kab. Sinjai, Sulawesi Selatan. Pesantren ini menjadi salah satu penyelenggara pendidikan dakwah dan ekonomi syariah. 

Kurikulum yang digunakan berupa kurikulum pesantren salafiyah & modern serta kurikulum kementrian agama & kementrian pendidikan. Berbagai jenis pengembangan diri mulai dari olahraga, hingga seni ikut diperhatikan di pesantren ini dengan memasukan ke dalam kegiatan ekstrakuikuler. 

13. Pondok Pesantren Syiar Islam

Pesantren ini berlokasi di Semataring, Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Pndidikan formal yang tersedia berupa MTs dan MA. Salah satu program terbaru dan merupakan program unggulan adalah adanya kelas Tahfidz program 2 tahun hafal 30 juz. Program ini hanya khusus untuk akhwat. 

Program tersebut tentunya menarik minat para santri untuk terus belajar. Biaya untuk program unggulan tersebut sebesar 350.000/per bulan dan biaya pendaftaran sebesar 1.000.000. Program ini juga terbatas hanya untuk 20 santri dalam setiap periodenya. 

14. Pondok Pesantren Darul Abrar

Pesantren ini berlokasi di Luwu Utara, Bone, Sulawesi Selatan. Pesantren ini menjadi salah satu pesantren dengan sistem pembelajaran modern yang mengacu pada kurikulum pondok modern Gontor. Program unggulan Tahfidz Quran tersedia di pesantren ini. 

Kualitas pendidikan disini sangat diperhatikan. Hal tersebut terbukti dari para tenaga pengajar yang baru bergabung harus mengikuti pembekalan dan pemantapan guru baru. Hal tersebut tentunya dilakukan dengan tujuan untuk membentuk para santri yang berakhlak dengan diimbangi ilmu dan iptek. 

15. Pondok Pesantren Kelautan Perak

Pesantren dengan nama unik ini berlokasi di pulau sabutang, kec. Liukang tuppabiring utara, kab. Pangkajenne, Sulawesi Selatan. Pesantren ini pertama kali ddirikan pada tahun 1997. Pesantren kelautan perak juga dikenal dengan pesantren 3 dimensi karena pesantren ini mmiliki dua cabang lainnya. 

Meskipun jumlah santri tidak terlalu banyak karena berada di pulau yang tidak terlalu besar, kualitas pesantren ini sudah cukup bagus. Untuk pesantren kelautan perak ini mnyediakan jenjang pendidikan formal MTs.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) semoga saja bisa berguna bagi kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang Menjadi Pilihan"