Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang Menjadi Pilihan

Pondok Pesantren di Sulawesi Tengah

Wilayah dengan lokasi terluas di wilayah Sulawesi ini memiliki mayoritas penduduk beragama Islam. Perkembangan islam di wilayah ini dibawa oleh para ulama. Perkembangan tersebut masih berkembang pesat sampai saat ini.

Salah satunya adalah dengan banyaknya pendirian pondok-pondok pesantren di wilayah Sulawesi Tengah yang kerapkali terkenal dengan sebutan Sulteng. Berikut ini akan dibahas tentang daftar pesantren terbaik yang ada di wilayah Sulawesi Tengah. 

Pesantren di Sulawesi Tengah

Pondok pesantren yang ada di wilayah ini tersebar di 11 kab/kota. Lebih dari 60 pondok pesantren berdiri wi wilayah seluas 61.841 km2 ini. Kabupaten Donggala menjadi wilayah paling banyak memiliki pondok pesantren. 

Sebagai ibukota provinsi Sulawesi Tengah, wilayah Palu berada di urutan kedua jumlah pondok pesantren terbanyak di Sulawesi Tengah dengan jumlah pondok pesantren sekitar 12. Tidak hanya pondok pesantren dengan model pengajaran klasik, pondok pesantren bertema modern juga banyak berdiri di wilayah ini.

Daftar Pondok Pesantren di Sulawesi Tengah

Beberapa pondok pesantren yang berada di wilaya Sulawesi Tengah antara lain: 

1. Pondok Pesantren Al Khairat (PI)

Pesantren pertama yang akan kita bahas adalah pesantren Al Khairat yang berlokasi di Jl. Sis Aljufri, Siranindi, Kec. Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Pesantren ini didirikan pada tahun 1985 dan didirikan khusus untuk puteri.

Tingkat pendidikan yang tersedia berupa play grup, TK, SD, MTs, SMP, SMA, MA, SMK. Dibawah naungan yayasan Al Khairat, pesantren di Kota Palu ini juga memiliki panti asuhan. Sarana prasarana tambahan yang disediakan berupa lab. Komputer serta gedung aula serbaguna yang digunakan sebagai pusat kegiatan santri. Selain itu, pesantren ini juga menyediakan btempat khusus untuk kegiatan menjahit berupa lab. Menjahit. 

2. Pondok Pesantren DDI Midarul Ulum 

Pesantren ini berlokasi di Kilongan permai, kec. luwuk utara, Kab. Banggai, Sulawesi Tengah. Jenjang pendidikan yang tersedia antara lain MI, MTs, hingga MA. Prestasi para santri juga dapat bersaing dengan pesantren-pesantren lain di wilayah Sulawesi. 

Salah satu yang terbaru adalah siswa Madrasah Aliyah yang menjuarai kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2021 tingkat kabupaten. Prestasi tersebut menunjukan bagaimana keberhasilan pesantren dan sekolah formal lingkup pesantren dalam mendidik dan membimbng para santri/siswa. 

3. Pondok Pesantren Hidayatullah

Mungkin diantara kalian sering mendengar pospes Hidayatullah. Nama pondok pesantren ini memang banyak tersebar di wilayah Indonesia. Salah satunya di wilayah Sulawesi Tengah, tepatnya di Tondo, Kec. Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah. 

Pesantren ini didirikan pada tahun 1976. Letak pesantren ini berada dekat dengan pesisir pantai sehingga pada zaman dahulu atau awal didirikannya menjadi salah satu pondok pesantren dengan lokasi yang strategis. Jenjang pendidikan yang tersedia berupa KB (Kelompok belajar) hingga MA. 

4. Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Dolo

Pesantren ini berlokasi di Desa Kotarindu, Kec. Dolo, KB. Donggala, Sulsel. Didirikan pada tahun 1992, pesantren ini menyediakan jenjang pendidikan RA, MIS, MTs, MA, dan SMK. Pembelajaran di pesantren dan di sekolah menggunakan kurikulum dari kementrian agama, kementrian pendidikan, dan kurikulum pesantren Madinatul Ilmi Dolo. 

5. Pondok Pesantren Modern Al Istiqamah Ngatabaru

Pesantren ini berlokasi di Jl. Padat Karya Ngatabaru, Ngatabaru, Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Berdiri sejak tahun 1992, sampai saat ini pesantren ini sudah membuka berbagai jenjang pendidikan formal diantaranya TMI, SD/MI, serta SLTP/SLTA. 

Apabila kebanyakan sekolah/pesantren menempuh jenjang SLTP/SLTA dalam jangka waktu 3 tahun, disini para santri/murid menempuh jenjang tersebut selama 4 tahun. Program yang menjadi unggulan disini hampir sama dengan pesantren lainnya seperti Pembiasaan baca Al Quran, latihan dasar kepemimpinan, dan banyak kegiatan lainnya. 

Berdasarkan informasi dari web resmi pesantren ini, biaya awal masuk disini sebesar Rp. 3.750.000 dan SPP Rp. 680.000 sudah termasuk biaya kebutuhan pesantren. 

6. Pondok Pesantren Al Ittihad DDI Soni

Pesantren ini berlokasi di Jl. Hal. Asaf No.1, Soni, Dampal Sel., Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah. Beberapa jenjang pendidikan formal yang tersedia di sini antara lain MI, MTs, MA, serta SMK. 

Untuk jenjang MA, jurusan yang tersedia hanya IPA dan IPS. Sedangkan untuk jenjang SMK tersedia jurusan Teknik komputer jaringan, dan jurusan budidaya tanaman pangan. Untuk program pondok secara umum memiliki 2 program unggulan yaitu program bahasa Arab dan program Tahfidz. 

7. Pondok Pesantren Darul Istiqamah Banggai

Pesantren ini didirikan pada tahun 1991 di Kelurahan Lompio, Kec. Banggai, Sulawesi Tengah. Awal mula berdiri, pesantren ini hanya berupa pesantren saja tanpa adanya pendidikan formal. Namun seiring berjalannya waktu, pesantren ini kemudian mendirikan jenjang pendidikan Tsanawiyah dan Aliyah. 

Dari tahun ke tahun, pesantren ini memiliki jumlah santri yang semakin meningkat. Saat ini jumlah santri lebih dari 100 santri. Santri disini dibagi menjadi dua yaitu santri asrama dan santri tidak asrama. Saat ini santri disini. 

8. Pondok Pesantren Al Khaerat Toli-Toli 

Pesantren ini didirikan pada tahun 1967 di Toli-toli, Sulawesi Tengah. Perlu diketahui bahwa pesantren ini ternyata merupakan pesantren pertama yang didirikan di kab. Toli-toli dan merupakan cikal bakal berdirinya pessantren-pesantren lain di kab. Ini. 

Pesantren ini bertipe salaf dengan pembelajaran utama berupa pengkajian kitab kuning dengan menekankan pada pengkajian kitab tafsir dan hadis yang kemudian dilakuakn juga program tahfidz Quran. 

9. Pesantren Al Misbah

Pesantren ini berlokasi Kab. Buol, Sulawesi Tengah pada tahun 2003. Sama seperti pesantren Al Khaerat di Toli-toli, pesantren ini juga merupakan pesantren pertama yang berdri di kabupaten Buol. Meskipun tak sebanyak pesantren di daerah Toli-toli, namun kualitas pesantren di sini tidak kalah dengan pesantren lain di wilayah Sulteng. 

Sistem pendidikan yang diterapkan adalah pendidikan pesantren klasik dan pendidikan modern. Hal tersebut memungkinkan para santri belajar ilmu agama dan pengetahuan dengan mengikuti perkembangan teknologi. 

10. Pondok Pesantren Maraqit Taqlim

Sama seperti Pesantren misbah, pesantren ini berlokasi di Kab. Buol, Sulawesi Tengah. Sistem pengajaran yang dianut menekankan pada sistem pengajaran modern. Meskipun lokasinya di wilayah Sulsel, pesantren ini merupakan salah satu pesantren yang dikekola oleh komunitas suku jawa yang ada di kabupaten tersebut. 

Untuk jumlah santri setiap tahunnya tidak pasti. Informasi terakhir yang penulis peroleh ada lebih dari 20 santri setiap tahunnya. 

11. Pondok Pesantren Al Hikmah

Pesantren ini berlokasi di Kab. Toli-toli, Sulsel. Saat ini, pesantren ini hanya terfokus pada pendidikan pessantren sehingga tidak ada pendidikan formal khusus. Para santri yang ingin menimba ilmu di pesantren tersebut harus mencari sekolah formal terdekat untuk menuntut ilmu pengetahuan umum. 

12. Pondok Pesantren Nurul Ummah

Pesantren ini berlokasi di Lambelu, Bumi Raya, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Lokasi nya yang strategis dan perkembangan pendudukan yang sudah berkembang, pesantren ini berkembang cukup pesat sejak awal pendiriannya. 

Saat ini jenjang pendidikan yang tersedia yaitu RA, MI, MTs, MA, SMA BP(Berbasis pesantren), serata SMK. Kegiatan wajib yang harus diikuti santri adalah bimbingan Tahsin dan Tahfidz, bahasa arab, kitab kuning, tilawah quran, kaligrafi, serta hadroh. Para santri juga akan diberikan fasilitas yang memadai seperti lab. Komputer, perpustakaan, dan lain-lain. 

13. Pondok Pesantren Darul Iman

Pesantren ini berlokasi di Jl. Asam 2, Kec. Palu Barat, Kab.Palu, Sulteng. Pesantren ini berada di bawah naungan Yayasan Darul iman. Yayasan tersebut menyediakan berbagai jenjang pendidkan seperti RA, MI, MTs, serta MA. Para santri akan mendapatkan program unggulan berupa Baca tulis Al Quran, Kelas Tajwid dan Hafidz, kelas dakwah, serta kelas olahraga.

14. Pondok Pesantren Amaliah

Pesantren ini didirikan pada tahun 2006 di Jl. Jati, Kel Tavanjuka, Kec. Palu Selatan, Kota Palu, Sulteng. Selain pendidikan agama melalui pesantren dan pendidikan formal melalui sekolah formal tingkat SMP dan SMK, pesantren ini mengembangkan berbaga jenis usaha yang juga diajarkan kepada para santri. 

Kegiatan wirausaha diberikan kepada para santri dalam bidang agribisnis kambing dan holtikultura, serta budidaya sayuran. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk melatih kemandirian santri serta mengajarkan untuk selalu menjaga alam dan lingkungan. 

15. Pondok Pesantren Putri Tahfidzul Quran dan Ta’lim Hadis At-Tariqah

Pesantren ini berlokasi di wilayah Toli-toli. Pesantren ini hanya terfokus pada ilmu agama. Salah satu aturan yang diterapkan di pesantren ini adalah para santri tidak diizinkan untuk mengikuti pendidikan formal.

Artinya, para santri harus fokus untuk menimba ilmu agama. Sesuai dengan namanya, pesantren ini hanya dikhususkan untuk santri putri.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Sulteng (Sulawesi Tengah). Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang Menjadi Pilihan"