Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Kalimantan Utara

Pondok Pesantren di Kalimantan Utara

Letak geografis dan lokasi yang masih banyak terdapat perkebunan sawit menyebabkan tingkat pendidikan di Provinsi ini masih dalam upaya pengembangan ke arah yang lebih baik. Meskipun demikian, wilayah Kalimantan Utara memiliki banyak gedung-gedung sekolah yang layak dan pondok-pondok pesantren.

Oleh karena itulah, maka tulisan ini  akan membahas terkait dengan daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Kalimantan Utara. 

Pesantren di Kalimantan Utara

Wilayah Kalimantan Utara memiliki pondok pesantren yang tersebar di seluruh kabupaten ataupun kota. Pendirian pondok pesantren menjadi salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya pendidikan agama islam, 

Wilayah Kalimantan Utara memiliki jumlah pondok pesantren yang lumyan banyak. Namun artikel ini hanya akan membahas 15 daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Kalimantan Barat. Semoga dapat menjadi referensi bagi para calon santri yang ingin melanjutkan pendidikan pesantren khususnya di wilayah Kalimantan Utara. 

Daftar Pondok Pesantren di Kalimantan Utara

Beberapa daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Kalimantan Utara antara lain; 

1. Pondok Pesantren RTQ Tarakan

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Cahaya Baru, Perumahan bahana Biru, Karang Harapan, Tarakan, Kalimantan Utara. Pesantren di Kota Tarakan ini memiliki dua jenjang pendidikan yaitu MTs dan MA. Biaya pendaftaran pada tahun 2020 sekitar 5.850.000 sudah termasuk perlengkapan asrama, seragam, hingaa DPP. 

Sebagai pusat pengkaderan hafidz Quran, pesantren ini memiliki program internasional sepertipengambilan sanad quran hadistdan mutun kitab, halaqah Tahsin& tajwid, Halaqah masjid nabawi, serta seminar internasional (dauroh). 

2. Pondok Pesantren Al Khairat

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Jeralai, Tanjung Selor, Bulungan, kalimantan Utara. Pesantren ini menggunakan kurikulm dari dari yayasan Al Khairaat serta kurikulum umum dari dinas pendidikan Indonesia. 

Berdiri sejak tahun 2003, perkembangan pesantren di Kabupaten Bulungan ini cukup bagus. Terbukti degan jumlah santri saat ini mencapai lebih dari 300 santri per tahun. Sampai saat ini, pondok pesantren Al Khairaat Tanjung Selor sudah memiliki dua jenjang pendidikan yaitu MTs dan MA. 

3. Pondok Pesantren Daruul Ilmi

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Jendral Sudirman, No. 66 Kp. Baru Pamusian Tarakan, Kalimantan Utara. Pondok pesantren ini memegang nilai-nilai muhammadiyah dalam pengajaran agama. 

Bagi para santri yang ingin menimba ilmu di pesantren ini harus melalui tahap tes seleksi. Disini tersedia dua jenjang pendidikan formal yaitu SMP dan SMA dengan program pendidikan MIPA, Bahasa, dan Takhasus). 

4. Pondok Pesantren Darud Da’wah

Pondok pesantren Darud Da’wah berlokasi di Jl. Yos Sudarso, Kelurahan No.RT 7, RW.1, Lingkas Ujung, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Pesantren ini menyediakan program pendidikan dari TK hingga MA. 

Berbagai prestasi banyak ditorehkan oleh para santri. Salah satu yang terbaru ialah santri yang mengikuti TC STQ Tingkat nasional sebagai perwakilan dari Kalimantan Utara pada bulan Oktober 2021. Tidak hanya satu, beberapa siswa juga berhasil melaju pada tingkat nasional mewakili kalimantan utara dalam berbagai cabang lomba. 

5. Pondok Pesantren Ulul Albab 

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. P. Sumatera, Pamusian, tarakan tengah, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Pondok pesantren ini membuka jenjang pendidikan formal SMPIT dan SMAIT. 

Untuk jenjang SMAIT, pesantren ini sudah menyediakan program kelas Takhassus. Untuk jenjang SMPIT program tersebut masih dalam proses perundingan. Tidak kalah dengan ponpes Darud Da’wah, pondok pesantren ini juga memilii para santri yang berhasil lolos mewakili Kalimantan Utara di tinkat Nasional untuk berbagai cabang perlombaan. Salah satunya adalah kompetisi Sains Nasional.

6. Pondok Pesantren Al Khairat P. Banyu

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Sei Buaya, Kel. Bunyu Barat, Kec. Bunyu, Bulungan, Kalimantan Utara. Pesantren ini menyelenggaran program unggulan berupa pengkajian kitab kuning. Aqidah/tauhid menjadi pengajaran utama. 

Saat ini santri yang bermukim sekitar 57 santri setiap tahunnya. selain pendidikan keagamaan, para santri juga diajarkan jiwa enterpreneur dengan komoditas utama berupa maritim dan perikanan. 

7. Pondok Pesantren Fatimah Az Zahra 

Pesantren ini berlokasi di Jl. Makam, Kel. Gunung Sari, Kec. Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara. Saat ini, santri yang bermukim lebih dari 60 santri setiap tahunnya. Sama halnya dengan ponpes Al Khairat P.Banyu, pesantren ini menganbdalkan komoditas perikanan untuk sumber ekonomi pondok pesantren 

Salah satu upaya entrerpreneurship yang diajarkan kepada para santri ialah pembudidayaan bibit lele. Kegiatan tersebut juga bekerja sama dengan dinas perikanan setempat. 

8. Pondok Pesantren An Nisa Tarakan

Pondok pesantren ini berlokasi di Juata Kerikil, Kec. Tarakan Utara, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Pesantren ini di khususkan hanya unt santri putri. Program unggulan berupa hafalan Quran, Kitab kuning, dan bahasa sesuai aqidah. 

Berbagai prestasi diraih oleh pesantren ini. salah satunya adalah juara 1 hafalan 500 hadist tanpa sanad tingkat provinsi Kalimantan Utara. Prestasi tersebut menjadi salah satu bukti keberhasilan pondok pesantren dalam membimbing para santrinya. 

9. Pondok Pesantren Nurul Mujahidah NW Tanjung Selor 

Pondok pesntren ni berlokasi di Jl. Salak, Kel. Gunung Sari, Tanjung Selor, Bulungan, Kalimantan Utara. Satuan pendidikan yang tersedia berupa MTs dan MA. Kegiatan lain selain pedidikan formal diantaranya diniyah sore, belajar malam,  ngaji kitab, serta hiziban mingguan. 

Program unggulan berupa program menghafal Al Quran, Bahasa Ingggrsi, Bahasa Arab, Tilawah, serta program seni bela diri. 

10. Pondok Pesantren Ibadurahman 

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Teuku Umar, kel. Nunukan Tengah, Kec. Nunukan, Nunukan, Kalimantan Utara. Pengasuh pondok ibadurahman, Ustadz H. Rokhmatullah dalam sebuah berita mengatakan bahwa pondok pesantren ini dibuat untuk meningkatkan ilmu agama bagi masyarakat sekitar. 

Dari segi prestasi, pesantren ini tidak kalah saing dengan lulusan-lulusan dari ponpes maupun sekolah-sekolah umum lainnya. Beberapa lulusan pondok pesantren ini berhasil masuk perguruan tinggi. 

11. Pondok Pesantren Tahfidzul quran Ibnu Abbas

Pondok pesantren ini berlokasi di Tarakan, Kalimantan Utara. Sebagai pondok Tahfidzul Quran, pondok pesantren ini menargetkan para santri agara mampu menghafal 30 juz selama masa pendidikan. Rpogram ini tentunya diterima dan sangat diminati oleh para calon santri. 

Untuk biaya pendidikan berkisar antara 2-3 juta. Berbagai prestasi pun banyak ditorehkan oleh para santri. Salah satunya adalah juara 2 MTQ 10 Juz tingkat provinsi. Hal tersebut tentunya menjadi bukti keberhasilan pondok pesantren dalam membina dan membimbing para santri. 

12. Pondok Pesantren Daarul Quraan Kaltara 

Didirikan pada tahun 2017, pondok pesantren ini brada di Jl. Sungai Bengawan, Kel. Juat Permai, Tarakan, Kalimantan Utara. Pondok pesantren ini didirikan dengan tujuan untuk meperbanyak penghafal Al Quran di wilayah tersebut. Pendirian pondok pesantren ini juga mendapat banyak dukungan dari masyarakat dan juga pemerintah sehingga memberikan dampak positif bagi kemajuan pondok pesantren. 

13. Pondok Pesantren As’adiyah

Pondok pesantren ini berlokasi di pulau sebatik, Kalimantan Utara. Pesanttren ini menyediakan tingkat pendidikan RA, MI, MTs, dan Madrasah Aliyah. Tidak hanya dari pulau Sebatik, para santri di ponpes ini banyak yang berasal dari pulau Nunukan dan juga Kota Tarakan. 

Setiap tahun jumlah santri selalu meningkat. Hal tersebut menjadi bukti apresiasi masyarakat dan para orang tua santri yang memerikan kepercayaan penuh kepada pondok pesantren ini dalam meningkatkan ilmu keagamaan para santri. 

14. Pondok Pesantren Al Mukkminun

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Rambutan, Kl. Kampung Empat, kec. Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Pondok ini merupakan salah satu pondok LDII di wilayah Kalimantan Utara. Sarana dan prasarana yang disediakan berupa masjid, perpustakaan, aula, asrama putra, dan asrama putri. Untuk jumlah santri di pondok pesantren ini lebih dari dari 150 santri laki-laki dan perempuan. 

15. Pondok Pesantren Al Mustaqim 

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Yos Sudarso, Kampung Empat, Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Pengajaran menggunakan kurikulum pesantren dan kurikulum 13 dari kementrian pendidikan. Saat ini pesantren ini sudah terakreditasi C.

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada kalian semuanya tentang adanya daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di Provinsi Kalimantan Utara. Semoga saja memberikan wawasan yang berkesan.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Kalimantan Utara"