Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Persiapan Ketika Akan Tinggal di Pondok Pesantren

Persiapan Ketika Akan Tinggal di Pondok Pesantren

Tinggal di pondok pesantren bagi setiap orang tentu saja menjadi pengalaman yang dapat memberikan banyak pelajaran dan pengembangan pribadi untuk mengenal kehidupan yang islami. Oleh karena itulah bagi setiap orang yang akan tinggal di pondok pesantren NU ataupun Pondok Pesantren Muhammdyah dibutuhkan beberapa persiapan yang matang.

Artinya dalam hal ini ketika akan masuk dan tinggal di pondok pesantren nanti akan kesempatan untuk belajar, tumbuh, dan berkontribusi dalam lingkungan yang mendukung perkembangan spiritual dan pribadi.

Persiapan Ketika Akan Tinggal di Pondok Pesantren

Beberapa persiapan yang perlu dilakukan ketika akan tinggal di pesantren, antara lain;

1. Melakukan Sejumlah Survai dan Membangun Hubungan dengan Pengurus

Setiap seseorang yang akan tinggal di pondok pesantren setidaknya dibutuhkan pengenalan yang artinya dalam tahapan ini setidaknya ada pemahaman terkait dengan sejarah pondok pesantren termasuk nilai-nilai yang dianut oleh pondok pesantren.

Oleh karena itulah setidaknya bagi setiap santrei perlu untuk memahami tujuan pendidikan agama dan karakter yang ingin dikembangkan dalam santri di pondok pesantren tersebut. Komposisi atas adanya perwujutan ini bisa dilakukan dengan menghubungi pengelola pondok pesantren untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang persyaratan pendaftaran, jadwal masuk, serta aturan-aturan yang berlaku di pondok.

2. Memahami Kurikulun dan Mata Pelajaran yang Akan di Dapatkan

Langkah selanjutnya ialah setiap santri untuk bisa mempelajari kurikulum pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren, termasuk mata pelajaran agama yang akan di dapatkan seperti bahasa Arab, serta mata pelajaran lainnya. Sehingga dalam hal ini apa yang menjadi impian untuk nantinya didapatkan setelah lulus bisa dengan diamalkan.

3. Bertanya pada Alumni dan Kakak Kelas Ketika Mendaftar

Bagi teman-teman setidaknya untuk tinggal di pondok pesantren siapkan diri kalian secara mental untuk menjalani hidup di pondok pesantren yang mungkin memiliki tata tertib dan lingkungan yang berbeda dari rumah yang semua itu bisa didapatkan dari alumni ataupun kakak tingkat yang dikenal.

4. Membawa Peralatan Kebutuhan yang Sesuai Aturan

Selain adanya beberapa hal tersebut kalian yang akan tinggal di pondok pesantren tentu saja perlu lho ya untuk memastikan membawa perlengkapan pribadi yang diperlukan seperti pakaian, alat mandi, perlengkapan tidur, dan lainnya sesuai dengan aturan dan kultur pondok.

Hal ini seperti membawa celana yang di izinkan membawa perlatan kosmetik yang dibutuhkan bagi para santri perempuan dan lain sebagainya. Jangan sampai ada larangan membawa celana levis kalian semuanya para calon santri membawanya ya.

Dari adanya persiapan yang dijelaskan tersebut tentu saja dapatlah dikatakan bahwa ketika akan tinggal di pondok pesantren artinya teman-teman belajar mandiri sehingga dibuuhkan adaptasi secara sosial sepertinya berinteraksi dengan teman-teman baru dan menghormati aturan sosial serta norma-norma yang berlaku di pondok. Kondisi ini perlu dilakukan agar teman-teman semuanya betah untuk tinggal di pondok pesantren.

Posting Komentar untuk "4+ Persiapan Ketika Akan Tinggal di Pondok Pesantren"