10 Pondok Pesantren di Kabupaten Bireuen Yang Bagus

Pesantren di Kabupaten Bireuen

Kabupaten merupakan kabupaten di Provinsi Aceh yang memiliki jumlah penduduk sekitar 389.024 orang. Luas daerah di Kabupaten Bireuen yaitu 1.796,31 km². Sedangkan di Kabupaten ini sendiri ada sekitar 17 kecamatan beberapa diantaranya yaitu seperti Kecamatan Jangka, Kecamatan Gandapura, Kecamatan Pandrah, Kecamatan Samalanga dan lain-lain. 

Berbagai kecamatan yang ada di kabupaten Bireuen memiliki sejumlah pondok pesantren yang digunakan untuk menuntu ilmu agama oleh kaum setempat maupun dari luar daerah masyarakat Bireuen. Ponpes yang ada di Aceh, khususnya Kabupaten Bireuen ini memiliki program masing-masing yang membantu meningkatkan pemahaman pengetahuan umum maupun Agama Islam.   

Pesantren di Bireuen 

Kabupaten Bireuen merupakan salah satu kabupaten yang ditetapkan sebagai kota santri oleh Pemerintah Provinsi Aceh. Hal ini karena di Kabupaten Bieuen memiliki pesantren terbanyak yang jumlah santrinya mencapai hingga 51 ribu orang.

Oleh karena itulah Kabupaten Bireuen juga sempat diberi kesempatan sebagai pusat daerah yang melaksanakan hari santri pada tahun 2020 di Provinsi Aceh. 

Daftar Pesantren di Bireuen

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pesantren di Sumatra, khsusnya wilayah Kabupaten Bireuen adalah :

1. Darussa`adah Aceh Cab. Lipah Rayeuk 

Pondok Pesantren Darussa`adah Aceh Cab. Lipah Rayeuk merupakan pesantren di Kabupaten Bireuen yang alamat lengkapnya berada di Jalan. Cot Unoe-Kuala Dusun Timur Desa Lipah Rayeuk.

2. Ma'hadal Ulum Diniyah Islamiyah

Pondok Pesantren yang satu ini sudah didirikan cukup lama pada tahun 90an, tepatny di tahaun 1963. Lokasi Pondok Pesantren Ma'hadal Ulum Diniyah Islamiyah yaitu berada di Jalan Mesjid Raya Km. 1,5 Mideun Jok Samalanga.

Pesantren ini memiliki syarat materi tes pada saat hendak mendaftar sebagai calon santri. Materi tes tersebut antara lain seperti Al-Qur'an yang meliputi tajwid, makhrajil huruf, dan fashahah. Selain itu ada pula materi nahwu dan kitab-kitab yang lainnya.  

3. Putri Muslimat Samalanga

Pondok Pesantren Putri Muslimat Samalanga juga termasuk pesantren di Kabupaten Bireuen yang  didirikan tahun 90an, yaitu pada tahun 1975. Pondok Pesantren Putri Muslimat Samalanga ini lokasinya berada di Jalan. Mesjid Raya Km. 1,4. Pendiri ponpes ini yaitu bernama AlMukarram Tgk. H. Hanafiah Bin Abbas.

Sedangkan beberapa nama pengasuh yang ada di pesantren muslimat samalanga yaitu ada Tgk. H. Hanafiah Bin Abbas, Tgk H. Jalaluddin Hanafiah, Tgk H. Ahmadallah dan Tgk. H Nuruzzahri Yahya. Kurikulum yang digunakan dalam pesantren ini yaitu kurikulum pendidikan formal dan non formal.

Pada pendidikan non formal yaitu ada pembelajaran salafiah, kegiatan majlis taklim dan lain sebagainya. Selain itu ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler pula yang dilakukan seperti tahfidzul Al-Qur'an, pengajian kitab kuning, seni hadrah/marawis, paduan suara dan lain-lain.  

4. Raudhatul Muta'llimin

Peantren berikutnya yaitu bernama Raudhatul Muta'llimin. Pondok pesantren yang satu ini didirkan pada tahun 2000an tepatnya di tahun 2004. Alamat dari Pondok Pesantren Raudhatul Muta'llimin yaitu berada di Gampong Lancang Padang Kuta Samalanga.

5. Riyadhul Mubarak

Selanjutnya yaitu ada Pondok Pesantren Riyadhul Mubarak yang sudah berdiri sejak tahun 1996. Pondok Pesantren Riyadhul Mubarak ini lokasinya ada di Jalan Tgk. Di Angkieng Tanjongan Samalanga Kab. Bireuen 24264. Pemimpin pesantren Riyadhul Mubarak yaitu bernama Tgk. Busairi Yahya. 

6. Nurussyari'ah

Berdiri pada tahun 2002, Pondok Pesantren Nurussyari'ah alamatnya berada di Lhok Seumira Samalanga.

7. Ihya Ulumuddin 

Pondok Pesantren Ihya Ulumuddin termasuk salah satu ponpes di kabupaten Bireuen yang sudah didirikan sejak tahun 2009. Pondok Pesantren Ihya Ulumuddin ini alamatnya berada di Balng Tambue Simpang Mamplam.

8. Raudhatun Hasanah Al-Aziziyah 

Pondok Pesantren Raudhatun Hasanah Al-Aziziyah berdiri pada tahun 2011. Sedangkan alamatnya sendiri yaitu berada di Namploh Manyang Samalanga.

9. Dayah Manyang

Pondok Pesantren Dayah Manyang merupakan pesantren di Kabupaten Bireuen yang sudah tua. Ponpes yang satu ini didirkan sejak tahun 1953. Alamat Pondok Pesantren Dayah Manyang yaitu berada di Gampong Meuleum Samalanga.

10. Tarbiyatul Ula 

Terakhir ialah Pondok Pesantren Tarbiyatul Ula. Alamat pesantren ini yaitu ada di Ie Rhob Timu Simpang Mamplam.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan tentang informasi daftar nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Bireuen Yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel