Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Film Terbaik Tentang Pesantren yang Populer

Judul Film Tentang Pesantren

Dunia perfilman di Indonesia memang tidak diragukan lagi karya-karyanya. Hingga saat ini perfilman telah berhasil menciptakan berbagai genre film yang layak untuk disaksikan banyak orang. Salah satu genre film yang baik dan sangat berkualitas untuk memberikan pendidikan, pengalaman, sekaligus pembelajaran ialah genre film keseharian para santri di pondok pesantren. 

Melalui tema film tentang pesantren inilah yang kadangkala diambil dari novel tentang pondok pesantren, nantinya dapat membuat masyarakat luas lebih bisa mengenal pondok pesantren dan memiliki daya tarik untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang dunia pondok pesantren. 

Film Pesantren

Film tentang pesantren di negara Indonesia sendiri sudah banyak bermunculan. Bahkan film-film yang mencontohkan tentang rasa toleransi, saling menghormati dan tidak saling mencela sudah ada dalam daftar judul film di Indonesia.

Film tentang pesantren juga menjelaskan tentang kehidupan seorang santri berjuang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan agama yang digunakan sebagai bekal dunia dan akhirat di kemudian hari. 

Daftar Film Tentang Pesantren

Berikut dibawah ini yang termasuk deretan daftar film tentang pesantren ialah : 

1. Sang Kiai (2013)

Film Sang Kiai dirilis tahun 2013 dan diperankan oleh Ikranagara, Christine Hakim, Agus Kuncoro, Adipati Dolken. Genre film Sang Kiai yaitu drama dan action. 

2. Negeri 5 Menara (2012)

Film ini sering juga disebut film dengan judul man jadda wajada. Beberapa tokoh yang berhasil akting dan menyempurnakan alur film ini ialah Ikang Fawzi, Lulu Tobing, David Chalik, Donny Alamsyah, Ariyo Wahab.

3. Perempuan berkalung sorban (2009)

Film ini dirilis pada tahun 2009 dan diperankan oleh Revalina S. Temat, Widyawati, Oka Antara, Reza Rahadian. Film ini mengangakat cerita tentang seorang wanita yang ingin memerdekakan dirinya dari lingkungan pesantren dan keluarga yang masih menganut tradisi islam konservatif. 

4. Kalam kalam langit (2016)

Genre film kalam kalam langit adalah religi dan drama. Film ini diperankan oleh Dimas Seto, Meriza Febriani, Elyzia Mulachela, Mathias Muchus.

Film ini bercerita tentang pemuda bernama Ja’far yang ditentang oleh ayahnya untuk menggapai mimpi di bidang Musabaqah Tilawatil Qur’an, karena dianggap memperjual belikan kalam-kalam Allah SWT hanya demi popularitas dan imbalan hadiah semata.

5. Pesantren Impian (2016)

Film yang dirilis pada tahun 2016 ini disutradarai oleh Ifa Isfansyah. Sedangkan beberapa tokoh yang berperan dalam film ini yaitu Prisia Nasution, Fachry Albar, Dinda Kanyadewi. Film ini bercerita mengenai perempua-perempuan yang berlatar belakang berbeda dengan berbagai permasalahan yang menghampiri kehidupannya hingga harus tinggal di pondok pesantren yang terletak di pulau terpencil.

Pada akhirnya kehidupan di pondok pesantrenlah yang membawanya pada penemuan hidayah dan menjadi manusia yang lebih baik lagi. 

6. Cahaya cinta pesantren (2016)

Film ini bergenre drama dan dirilis pada tahun 2016. Beberapa aktris yang berperan dalam film cahaya cinta pesantren ialah Yuki Kato, Febby Blink, Silvia Blink, Vebby Palwinta.

Film ini bercerita mengenai gagalnya anak seorang nelayan untuk masuk SMA negeri impiannya dan harus belajar di pondok pesantren hingga adaptasi dengan lingkungan pondok yang menuntutnya mengenal pendidikan agama islam secara lebih mendalam.

7. The santri (2019)

Film ini dirilis pada tahun 2019 dengan genre adventure, drama, dan family. Beberapa pemain yang berperan pada film the santri adalah Wirda Manshur, Azmi Askandar, dan Emil Dardak. Film pesantren bernuansa Nahdlatul Ulama ini berceritakan tentang perjuangan seorang santri dalam belajar di pondok pesantren serta hal-hal yang diusahakan dalam menggapai cita-citanya untuk bisa belajar ke luar negeri. 

8. 3 doa 3 cinta

Film ini dimaikan oleh aktris Dian Sastrowardhoyo dan aktor Nicholas Saputra. Selain itu film ini juga mendapat 7 nominasi Festival Film Indonesia 2008 dan meraih Grand Jury Prize di Vesoul International Film Festival Perancis 2009. 

9. Zharfa (2019)

Film yang berasal dari malaysia ini mengangkat cerita tentang kehidupan gadis malaysia yang penuh dengan kepiluan dan permasalahan. Hingga pada akhirnya dengan masuk di pondok pesantrenlah masalah satu persatu dapat teratasi dengan baik. 

10. Suporter masuk pesantren (2019)

Film yang berasal dari Malaysia ini juga menggambarkan tentang persahabatan beberapa orang yang pada akhirnya membuat mereka semakin dekat dan saling mendukung satu sama lain agar dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Nah, itulah saja informasi yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama judul film tentang pondok pesantren yang palig populer di Indonesia. Semoga saja bisa memberikan pembelajaran ya.

Posting Komentar untuk "10+ Film Terbaik Tentang Pesantren yang Populer"