Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11+ Pesantren Tahfidz Quran Terbaik di Sumatera

 

Pesantren Tahfidz Quran di Sumatra

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang memberikan bekal pengetahuan islam secara lebih mendalam. Selain itu belajar di pondok pesantren juga merupakan salah satu cara yang dipilih orangtua yang ada di Pulau Sumatra untuk meminimalisir terpengaruhnya generasi muda dengan pergaulan yang tidak baik.

Karena pada dasarnya para santri yang belajar di pesantren tidak hanya dibekali pengetahuan saja, akan tetapi juga dididik dan dibimbing agar memiliki akhlak dan perilaku yang terpuji. Bahkan tak jarang akan diajarkan untuk menjadi penghafal Al-Qur'an.

Pesantren Tahfidz di Sumatera

Sumatera adalah nama sebuah provinsi maupun pulau yang ada di negara Indonesia. Secara umum pondok pesantren di Sumatra untuk penduduk yang tinggal di daerah berbagai daerah. Bahkan Sumatera merupakan bangsa Melayu dan terbagi dalam beberapa suku yaitu suku Aceh, Minangkabau, Lampung, Rejang dan lain-lain. 

Daftar Pondok Pesantren Tahfidz Quran di Sumatera

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren tahfidz quran di Sumatera adalah : 

1. Pondok Pesantren Roudhotul Ulum

Pertama yaitu Pondok Pesantren Roudhotul Ulum yang beralamat di Desa Sakatiga, Kecamatan Inderalaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatra Selatan. Selain itu visi dan misi Pondok Pesantren di Ogan Komering Ilir (OKI) ini adalah untuk mewujudkan pondok pesantren yang lebih berkembang dan terkenal khususnya di wilayah Sumatera

2. Pondok Pesantren Al-Ittifaqiyah

Daftar pondok pesantren tahfidz quran kedua yang ada di Sumatera ialah pondok pesantren Al- Ittifaqiyah. Pemimpin ponpes yang satu ini bernama Drs. KH. Mudrik Qori MA. Sedangkan jenjang pendidikan di ponpes ini yaitu terdiri dari TK hingga perguruan tinggi. 

3. Pondok Pesantren Sabilul Hasanah

Alamat pondok pesantren Sabilul Hasanah yaitu berada di Jl. Raya Palembang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Pembangunan pondok pesantren ini yaitu berawal dari tanggal 17 April 1994 dan hingga saat ini telah berkembang semakin luas dan berkualitas. 

4. Pondok Pesantren Qudrotullah

Ketiga yaitu ada pondok pesantren Qudrotullah yang beralamat di jalan Palembang-Jambi km 3,5 Kecamatan, Banyuasin Lii, Banyuasin. Tokoh yang memimpin sekaligus mengurus pondok pesantren di Banyuasin yang satu ini bernama Qodratullah Buya HM Husni Thamrin Madani.

5. Pondok Pesantren Darul Muttaqien OKI

Tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren Darul Muttaqien OKI yaitu bernama KH. M. Daud Denin. Pesantren ini didirikan sekitar tahun 1994 pada tanggal 17 Juli. 

6. Pondok Pesantren Musthafawiyah

Pondok pesantren Musthafawiyah berdiri pada tahun 1912 dan lokasinya berada di Desa Tanobato. Tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren ini bernama Syeikh Mustafa Husein bin Umar Nasution Al-Mandaily.

Selain itu pesantren Musthafawiyah juga mempunyai nama lain yaitu disebut pondok pesantren Purba Baru. Jenjang pendidikan di pesantren Musthafawiyah yaitu mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Oleh karena itu, sistem pendidikan di ponpes ini tidak hanya memihak pada pendidikan agama islam saja, melainkan juga dibekali pengetahuan umum lainnya. 

7. Pondok Pesantren Al-Haromain

Daftar pondok pesantren tahfidz quran berikutnya yang ada di Sumatera ialah ponpes Al-Haromain yang berada di kabupaten Muara Enim. Hingga saat ini pondok pesantren ini telah mengalami perkembangan yang semakin baik dengan adanya sarana prasarana yang semakin memadai. 

8. Pondok Pesantren Pembangunan Pulau Punjung

Pimpinan pondok pesantren Pembangunan Pulau Punjung yaitu bernama Satya Muspida Wita S.Pd. Pesantren yang satu ini didirikan sejak tahun 1952 dan bertujuan untuk membangun dan mewujudkan generasi islam yang berakhlak mulia. 

9. Pondok Pesantren Darul Falah Aek Songsongan

Berikutnya yaitu ada pondok pesantren Darul Falah Aek Songsongan yang beralamat di jalan Teratai No. 12. Tahun berdirinya pesantren Darul Falah Aek Songsongan yaitu pada tanggal 15 Juli 2011. Selain itu, ponpes yang satu ini tidak hanya bergerak di bidang keagamaan saja, melainkan juga pada bidang sosial. Jenjang pendidikan ponpes Darul Falah Aek Songsongan terdiri dari MI hingga SMA. 

10. Pondok Pesantren Assalam Sungai Lilin

Pondok pesantren yang satu ini muli berkembang pada saat tahun 1990 an. Jenjang pendidikan pondok pesantren assalam sungai lilin yaitu SMP hingga SMA dengan pemberikan pengetahuan umum dan pendidikan agama islam secara lebih mendalam.

11. Ponpes Roudlatul Qur'an

Bagi masyarakat di Provinsi Lampung nama pondok pesantren Roudlatul Qur'an atau yang dikenal dengan PPRQ Metro tentusaja tidak asing lagi, alasannya karena selain pusatnya di Kota Metro beberapa cabang pondok ini juga berada di Kabupaten Lampung Timur dan Lampung Selatan.

Adapun fokus yang ada di salah satu pondok pesantren terbaik di Lampung ini ialah mencetak penghafal Al-Qur,an yang baik dan bersanad. Oleh karena itulah, tentusaja bagi pembaca khususnya di Lampung bisa menitipkan anaknya untuk belajar disini.

Nah, barangkali itu saja informasi yang bisa dberikan pada semua kalangan berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren Tahfidz Quran yang ada di Pulau Sumatera. Semoga saja bisa memberikan pemahaman bagi kalian ya.

Posting Komentar untuk "11+ Pesantren Tahfidz Quran Terbaik di Sumatera"