Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pondok Pesantren Internasional di Indonesia Yang Terbaik

Daftar Nama Pondok Pesantren Internasional di Indonesia

Siapa yang tidak tahu pondok pesantren? Lembaga pendidikan agama islam yang satu ini merupakan jenis pendidikan non formal yang semakin hari semakin berkembang dan berkualitas. Hal ini terbukti dari banyaknya peminat yang ingin sekolah di pondok pesantren.

Selain itu di masa sekarang ini, pondok pesantren justru semakin modern dan tidak hanya mengajarkan pendidikan agama islam saja, melainkan juga mampu mengasah kemampuan santri melalui kegiatan ektsrakurikuler maupun program-program lainnya yang ada di pesantren. Bahkan tak jarang banyak sekali tokoh pemimpin yang berasal dari pesantren.

Pesantren Internasional di Indonesia

Negara Indonesia sendiri merupakan negara berkembang yang memiliki jumlah pondok pesantren begitu banyak. Bahkan jenis pesantren yang ada di Indonesia yaitu ada pondok pesantren bertaraf internasional dengan konsep pendidikan modern.  

Daftar Nama Pondok Pesantren Bertaraf Internasional di Indonesia

Dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren internasional di negara Indonesia adalah sebagai berikut: 

1. Pondok Pesantren Modern Gontor

Pondok pesantren modern Gontor merupakan salah satu contoh ponpes international yang ada di Indonesia. Hal ini karena ponpes di Ponorogo bisa disebut sebagai pelopor lahirnya pesantren- pesantren modern yang lainnya.

Bahkan banyak yang telah mengadopsi sistem pendidikan di pondok pesantren modern Gontor dengan visi dan misi yang telah ditetapkan sebelumnya. Perlu diketahui pula, bahwa ponpes modern Gontor tidak hanya terkenal di dalam negeri saja, akan tetapi kepopulerannya mencapai mancanegara. 

2. Pondok Pesantren Sidogiri 

Pondok pesantren Sidogiri merupakan pesantren tertua yang ada di Indonesia dan hingga saat ini tetap berkembang dengan baik. Sistem pendidikannya juga tetap mempertahankan pendidikan salaf murni dan hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menempuh pendidikan di ponpes yang satu ini. 

3. Pondok Pesantren Langitan

Daftar ponpes internasional berikutnya yang ada di Indonesia adalah pondok pesantren Langitan, Tuban. Pesantren di Tuban ini dibangun pada tahun 1852, dengan lokasi pesantren yang sangat luas dan nyama untuk belajar para santri. 

4. Pondok Pesantren Lirboyo

Pondok pesantren Lirboyo didirikan pada tahun 1910 dan lokasinya berada di kecamatan Mojoroto, Kediri Jawa Timur. Pada catatan sejarah, salah satu ponpes terbesar di Indonesia yang berdiri sebelum kemerdekaan. 

Sehingga pada saat peristiwa-perstiwa perjuangan memperebutkan kemerdekaan Indonesia, para santri ponpes di Kediri, yaitu Lirboyo juga ikut serta melawan penjajah. 

5. Pondok Pesantren Daar El Qolam

Lokasi pondok pesantren Daar El Qolam yaitu berada di Banten, atau lebih tepatnya berada di Desa Pasir Gintung, kecamatan Jayati Tanggerang Banten. Pesantren di Banten ini didirikan pada tanggal 20 Januari 1968.  

6. Pondok Pesantren Rasyidiah Khalidiah

Pondok pesantren Rasyidiah Khalidiah juga termasuk ponpes terbaik yang ada di Indonesia. Lokasi ponpes yang satu ini berada di Amuntai, Kalimantan Selatan.

Jenis pendidikan di ponpes ini ada banyak macamnya, antara lain ialah STAI Rakha, MA Islam Putra, MA Islam Putri, Mts Islam Putra, Mts Islam Putri, Qismu Takhassus Diny, Raudhah Tahfidz Alquran, Ma’had Aly, TPA/ TK Alquran, PAUD, RA Islam Terpadu, dan MI Terpadu.

7. Pondok Pesantren Al Kausar Islamic Boarding School Indonesia

Lokasi pondok pesantren ini yaitu berada di Jl. Habib Babakan Jaya, Babakanjaya, Kec. Parung Kuda, Sukabumi Regency, Jawa Barat.

8. Pondok Pesantren International Islamic Primary School Al Abidin

Selanjutnya yaitu ada pondok pesantren International Islamic Primary School Al Abidin yang alamatnya berada di Jl. Adi Sumarmo, Banyuanyar, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. 

9. Pondok Pesantren Al-Izzah International Islamic Boarding School.

Alamat lengkap pondok pesantren Al-Izzah International Islamic Boarding School yaitu berada di Jl. Indragiri, Gg. Pangkur No.87, Sumberejo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. 

10. Pondok Pesantren Modern Boarding Baitussalam

Pondok pesantren Modern Boarding Baitussalam letaknya berada di Jalan Pulerejo, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Pulir Rejo, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Iimewa Yogyakarta.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nam-nama pondok pesantren bertaraf Internasional yang ada di Indonesia dari berbagai wilayahnya. Semoga bisa membantu.

1 komentar untuk "10+ Pondok Pesantren Internasional di Indonesia Yang Terbaik"

Anonim 25 Mei 2022 pukul 20.14 Hapus Komentar
Sumbernya mana? Apa kriterianya bisa masuk terbaik?