Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik Tingkatan SMA/MA/Sederajat di Indonesia

Pondok Pesantren SMA/MA/Sederajat

Anak-anak remaja pada perkembangan zaman seperti sekarang ini memang perlu untuk diperhatikan dengan lebih banyak lagi. Hal ini karena pergaulan anak muda dizaman sekarang jauh lebih luas, dengan adanya kecanggihan teknologi dan kemudahan akses internet.

Melalui kondisi tersebut, tentu membuat para orangtua semakin cemas dengan pergaulan masing-masing anaknya. Sehingga dengan penuh rasa sadar orangtua memilihkan pendidikan terbaik bagi anaknya yaitu di pondok pesantren yang mampu memberikan bekal pendidikan dunia maupun akhirat. Adapun pondok pesantren sendiri ada banyak jumlahnya di Indonesia. Mulai dari pesantren tingkatan anak SD, pesantren SMP/MTs/sederajat, sampai dengan pondok pesantren khusus tingkatan SMA/MA/Sederajat. 

Pondok Pesantren SMA/MA/Sederajat

Pondok pesantren sendiri pada dasarnya terbagi dalam beberapa jenjang mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi.

Berikut dibawah ini akan dibahas lebih lanjut mengenai beberapa pondok pesantren SMA terbaik dengan kualitas yang mumpuni. Sehingga mampu memberikan bekal pendidikan agama maupun pengetahuan umum lainnya untuk setiap santri. 

Daftar Pondok Pesantren SMA (Sekolah Menengah Atas)/MA (Madrasah Aliyah)/Sederajat

Berikut dibawah ini beberapa contoh pondok pesantren SMA terbaik yaitu;

1. Pondok Pesantren An Nida Al Islamy

Pondok pesantren SMA terbaik yang pertama yaitu pondok pesantren An Nida Al Islamy yang beralamat di daerah Bekasi. Ponpes di Bekasi ini selain menyediakan pendidikan jenjang SMA juga menyediakan pendidikan informal yaitu madrasah diniyah dan tahfidz al quran.

Beberapa fasilitas yang ada di pesantren ini yaitu seperti asrama, perpustakaan, gedung sekolah, kantin, perpustakaan, dan lain sebagainya. 

2. Pondok Pesantren An Nur Yapink

Pondok pesantren An Nur Yapink beralamat di Jalan Sultan Hasanudin No 226, Bekasi. Tanggal berdirinya ponpes An Nur Yapink ialah 20 Februari 1969.

Pendidikan formal yang ada pada ponpes ini bukan hanya SMA saja, melainkan dimulai dari TK, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan institut agama islam sholahudin al-ayyubi.

3. Pondok Pesantren Modern Al Hassan

Alamat pondok pesantren modern al hassan yaitu berada di Jl. Jambu Ujung RT 03 RW 11, Jatimakmur. Beberapa program maupun ciri yang menggambarkan pondok pesantren modern al hassan ialah program tahfidz 30 juz, pembelajaran bahasa arab, menggunakan kurikulum terpadu, dan lain – lain. 

4. Pondok Pesantren Al Muchtar

Pondok pesantren Al Muchtar beralamat di Jl. KH Muhtar Tabrani RT 04 RW 04, Bekasi. Selain memiliki pendidikan formal dan informal, pesantren Al Muchtar juga mempunyai kegiatan pengembangan diri seperti kegiatan outing, ekstrakurikuler dan lain-lain. 

5. Pondok Pesantren At Taqwa

Pondok pesantren At Taqwa pada dasarnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pesantren putri dan pesantren putra. Kedua jenis ponpes tersebut berada pada di alamat Jl. KH Noer Ali dan Jl. Ujung Harapan No 89.

Kurikulum yang digunakan pada pesantren at taqwa yaitu perpaduan antara kurikulum pemerintah, kurikulum pondok, dan kurikulum luar negeri

6. Pondok Pesantren Al Azhar Yogyakarta

Pondok pesantren Al Azhar Yogyakarta pada dasarnya memiliki visi untuk menjadi sekolah islami yang bermutu, efektif dan modern agar dapat membinan generasi muda yang mempimpin bangsa.

Oleh karena itu ada beberapa misi yang dilakukan pada ponpes ini diantaranya ialah menciptakan kondisi belajar yang islami, mengembangkan model pembelajaran yang efektif , efisien, dan kondusif, serta menerapkan sistem pendidikan yang bermutu dan masih ada banyak yang lainnya lagi. 

7. Al Izzah International Islamic Boarding School 

Sekolah islami yang satu ini berada di Daerah Batu, Jawa Timur. Pendirian lembaga pendidikan muslimah berbasis pondok pesantren di Batu ini dilakukan pada tanggal 17 Juli 2006. Awalnya Izzah International hanya menerapkan sistem pendidikan jenjang SMP. Akan tetapi pada tahun 2011, mulai dibuka program jenjang sekolah menengah atas (SMA). 

8. Al Mahad Islamic Boarding School 

Sekolah islami Al Mahad merupakan salah satu sekolah islami yang ada di daerah Bekasi dengan akreditasi A. Adapun untuk jenjang pendidikan pada sekolah islami ini yaitu dimulai dari SD hingga SMA. 

9. Pondok Pesantren Al Hidayah Al Mumtazah

Pondok pesantren yang ada di daerah Bekasi ini melakukan kegiatan program terpadu selama 6 tahun dengan jenjang pendidikan MTS dan MA. 

10. Pondok Pesantren Al Istighotsah 

Pondok pesantren ini menyediakan program pendidikan MTS dan MA. Alamatnya berada di Jl. Kramat Cijengkol RT 02 RW 05, Bekasi, Jawa Barat.

Nah, itulah saja daftar informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren tingkatan pendidikan SMA/MA/Sederajat di Indonesia. Semoga saja bisa membantu ya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik Tingkatan SMA/MA/Sederajat di Indonesia"