Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Daftar Sekolah Pesantren Terbaik di Wilayah Jakarta

 

Sekolah Berbasis Pesantren di Jakarta

Penanaman akhlak dan moral merupakan hal penting bagi setiap anak. Karena dengan akhlak yang baik maka anak dapat tumbuh dewasa dengan baik pula. Selain itu, penanaman akhlak juga bisa mengembangkan pola pikir anak agar selalu menerapkan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi banyak orang. 

Salah satu cara penanaman akhlak yaitu melalui pendidikan, karena pendidikan adalah hal utama yang diperlukan anak. Pendidikan sekolah yang berbasis agama merupakan aspek penting dan wajib dimiliki setiap anak, karena agama disini yang dapat menjadi pegangan hidup seseorang dan sebagai bentuk keyakinan atau kepercayaan terhadap Tuhannya. Pendidikan agama yang bisa menanamkan akhlak baik yaitu pondok pesantren. 

Sekolah Pesantren di Jakarta

Pondok pesantren di Indonesia letaknya telah tersebar ke seluruh Nusantara, termasuk di daerah Ibu Kota yaitu Jakarta. Jumlah pondok pesantren yang ada di Jakarta kurang lebih telah mencapai 106 unit pesantren dengan visi, misi dan kualitas yang baik.

Bahkan ada pesantren memiliki sekolah formal tingkatan TK, SD/MA/Sederajat, MTs/SMP/Sederajat, MA/SMA/SMK/Sederajat, bahkan sampai pergeruan tinggi.

Daftar Sekolah Pesantren Di Jakarta

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar sekolah berbasis pesantren di daerah Jakarta, antara lain;

1. Pondok Pesantren Asshiddiqiyah

Pondok pesantren asshiddiqiyah merupakan salah satu contoh pondok pesantren yang menanamkan akhlak sangat baik kepada setiap santrinya. Selain itu pesantren yang satu ini juga dikenal sebagai pondok pesantren tariqat tasawuf. Alamat lengkap pesantren asshiddiqiyah yaitu berada di Jl. Panjang No 6C, Rt 7 Rw 11 Jakarta Barat. 

2. Pondok Pesantren Darunnajah

Pesantren ini merupakan contoh pesantren yang ada di kota Jakarta dan pendirinya yaitu para alumni ponpes Gontor. Oleh karena itu tidak heran apabila kurikulum yang ada dalam ponpes di Jakarta selatan ini hampir mirip atau bahkan sama dengan ponpes Gontor.

Adapun alamat pondok pesantren darunnajah yaitu berada di Jl. Ulujami Raya No. 86, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. 

3. Pondok Pesantren Daarul Rahman

Selanjutnya yaitu ada pondok pesantren daarul rahman yang didirikan pada tahun 1975. Tokoh yang berhasil mendirikan ponpes daarul rahman yaitu alumni ponpes Gontor bernama KH Syukran Ma’mun. Fokus pendidikan yang diberikan kepada para santri yaitu 75% ilmu agama dan 25% ilmu umum lainnya. Lokasi ponpes daarul rahman yaitu berada di Jl. Senopati Dalam II, NO. 35 A. 

4. Pondok Pesantren Husnayain

Pondok pesantren husnayain adalah ponpes yang waktu pendidikannya berlangusng selama 6 tahun dengan tambahan 1 tahun dengan mengajar di ponpes. Alamat pesantren husnayain berada di Jl. Raya Lapan No.25 RT 9 RW 1. 

5. Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah

Alamat pondok pesantren luhur al-tsaqafah yaitu berada di Jl. Moh Kahfi No. 22 RT 15 RW 01 Cipedak. 

6. Pondok Pesantren Minhaaurrosyidiin 

Pondok pesntrenMminhurrosyidiin termasuk pesantren di Jakarta Timur yang dipenuhi dengan tumbuhan hijau, sehingga disebut juga sebagai pesantren yang asri. Alamat lengkap pondok pesantren ini yaitu berada di Jl. SPG No.17 Jakarta Timur. 

7. Pondok pesantren Al Isyraq

Ponpes ini didirikan sejak tahun 2009 dan lokasinya berada di Jl. F RT 10 RW 10 Jakarta Barat. Santri yang belajar di pondok pesantren al isyraq tidak dikenakan biaya sama sekali. Biaya yang perlu dibayarkan yaitu pada saat mengisi formulir pendaftaran sebesar 100.000,-

8. Pondok Pesantren Putri Al Kenaniyah

Ponpes ini merupakan salah satu pesantren terbaik yang ada di kota Jakarta. Selain itu pondok pesantren ini hanya khusus santri putri saja. Fokus pendidikan dalam ponpes ini yaitu pengkajian kitab kuning. 

9. Pondok Pesantren Darul Quran

Pondok pesantren darul quran adalah ponpes tahfidz quran yang lokasinya berada di Tangerang. Jenjang pendidikan di ponpes ini yaitu mulai dari SMP hingga SMA. 

10. Pondok Pesantren Kafila

Terakhir yaitu ada pondok pesantren kafila yang didirikan pada tahun 2005. Jenjang pendidikan di ponpes ini bermula dari TK, SD, SMP, hingga SMA.

Tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren kafila yaitu bernama Ir. H. Abdullah Mas’ud dan juga Ust. Masrur Syamhari. Hingga saat ini pondok pesantren kafila semakin berkembang dan memiliki banyak santri maupun alumni yang sukses.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama sekolah berbasis pesantren yang berada di wilayah DKI Jakarta. Semoga saja bisa memberikan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "10+ Daftar Sekolah Pesantren Terbaik di Wilayah Jakarta "