Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16+ Pondok Pesantren Terbaik di Riau yang Bisa Menjadi Pilihan

Pondok Pesantren di Provinsi Riau

Wilayah Riau merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Hal tersebut menjadikan wilayah ini memiliki banyak pondok pesantren yang banyak diminai masyarakat sekitar.

Oleh karena itulah banyak masyarakat terutama oran tua yang ingin memberikan pendidikan agama terbaik dalam pemahaman Islam menyekolahkan maupun menitipkan anaknya untuk hidup di pondok pesantren.

Pesantren di Provinsi Riau

Berbagai pesantren dari berbagai jenjang pendidikan banyak didirikan di Pulau Sumatera, khususnya Provinsi Riau. Pondok pesantren tersebar di berbagai wilayah di provinsi Riau. Tradisi keagamaan khususnya agama islam yang masih terjaga dengan baik di Provinsi Riau membuat perkembangan islam semakin baik.

Oleh karenanya banyak terdapat pondok pesantren sebagai pusat pembelajaran agama islam yang berdiri di wilayah Riau. 

Daftar Pondok Pesantren di Wilayah Riau

Beberapa daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Riau anatar lain: 

1. Ponpes Umar bin Khatab 

Ponpes ini beralamat di Jl. Garuda Sakti, KM 9, Jl. Rajawali DAR Thaoybah. Dengan visi menjadi pusat pengkajian dan penerapan agama Islam berdasarkan Al Quran dan Sunnah yang shahih, ponpes ini menyediakan program pendidikan Salafiyah Ula Tahfiidzul Qur’an, program Salfiyah Wustha, Salafiyah Ulya, hingga perguruan tinggi. 

Sarana dan prasarana ponpes Umar bin Khatab yang memadai mampu menunjang pendidikan para santri dari mulai pendiidkan Al Quran, Tajwid, Fiqih, Ilmu hadis, ushul Fiqih, Tafsir, IPA, IPS, dan lain sebagainya. 

2. Ponpes Tahfidz ummul Quro

Sesuai dengan namanya, ponpes ini fokus pada tahfidz Quran bagi para santrinya. Untuk dapat menimba ilmu di pesantren ini, calon santri harus mengikuti seleksi masuk karena pesantren  inihanya menyediakan kuota yang terbats. 

Oleh karenanya, kualitas ponpes ini sudah tidak diragukan lagi. Dengan target belajar 6 tahun para santridituntut untuk menghafal 30 juz Al-Quran. Selain itu, para santri juga harus mampu mempelajari kitab kuning dan dituntut untuk belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris yang baik dan benar. 

3. Ponpes Ibn Kasir Rumbai

Ponpes ini terletak di Jl. Belidang, RT 02 /RW 07 Rumbai Bukit, Kel. Muara Fajar, Kec.Rumbai, Pekanbaru. Dengan visi menjadi pusat pendidikan dan pengkaderan da’i serta ilmuan muslim yang berlandaskan Al-Quran dan Sunnah sesuai manhaj salaful ummah, pnpes ini fokus pada upaya penyebarluasan agama islam melalui pendidikan dai bagi para santri. 

Dengan tenaga pengajar yang berkualitas dan didukung fasilitas yang memadai, Pondok pesantren terbaik di Kota Pekanbaru ini memiliki kenyamanan belajar yang baik bagi para santri. Proses pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam ruang kelas, tetapi juga di luar kelas yait di saung saung yang sudah disediakan. 

4. Ponpes Modern Al Harakah Dumai

Ponpes ini beralamat di  Jl Harapan RT 04, Kelurahan Bukit Kayu Kapur, Kec. Bukit Kapur, Dumai, Riau. Pondok pesantren terbaik di Kota Dumai merupakan salah stau cabang pondok pesantren yang berada di bawah naungan yayasan darunnajah Ulujami Jakarta Selatan. 

Ponpes ini meyediakan jenjang pendidikan formal MI, TMI (setara dengan MTs – MA). Karena kualitasnya yang baik, banyak lulusan dari ponpes ini yang melanjutkan perguruan tinggi hingga luar negeri seperti Meir, Arab Saudi, Turki, Singapura dan lain sebagainya. 

5. Ponpes Dar el Hikmah

Ponpes ini terletak di Kelurahan Simpang Baru, Kec. Tampan, Pekanbaru, Provinsi Riau. Pondok ini didirikan pada tahun 1987 dibawah naungan yayasan Nur Iman Pekanbaru. Salah satu program unggulan yang ada di ponpes Da er Hikmah adalah tahfidz Al Quran. 

Dengan fasilitas yang memadai sepert ruangan kelas yang ber AC, kenyamanan belajar santri selalu diprioritaskan. Program ekstarakurikuler yang beragam juga menjadi salah satu keunggulan dari ponpes ini. meskipun tergolong ponpes yang sudah tua, pendidikan di ponpes ini tetap mengikuti perkembanagn zaman dengan tetap berpegang pada ajaran agama islam.

6. Ponpes Anak Al Kahfi 

Ponpes ini berlokasi di Jl. Cipta Karya KM. 2 Panam Kel. Tuah Karya, Kec. Tampan, Pekanbaru, Riau. Sedeikit berbeda dengan ponpes lain yang ada di Riau, ponpes ini didirikan khusus untuk anak-anak jenjang pendidikan Sekolah Dasar. 

Dengan visi untuk mewujudkan generasi yang memiliki akhlakul karimah, ponpes ini didirikan dengan tujuan untuk menyiapkan dan mengenakan anak-anak kepada Rab-nya, nabinya, serta kepada agamanya. 

7. Ponpes Babussalam

Ponpes selanjutnya yang akan dibahas adalah pondok pesantren Babussalam yang berada di Jl. HR. Soebrantas Panam No.62, Sidomulyo Bar., Kec. Tampan, Kota Pekanbaru, Riau. Didirikan tahun 1979, ponpes ini menyediakan pendidikan formal dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA. 

Ponpes ini saat ini sudah mengalamani perkembangan yang sangat pesat. Hal tersebut dibuktikan dengan akreditasi A yang didapat oleh seluruh jenjnag pendidikan. Meskipun terbilang lama, ponpes ini menerapkan pembelajaran yang maju berbasis teknologi informatika di semua jenjang pendidikan.

8. Ponpes Al Munawaroh 

Ponpes yang berdiri sejak tahun 1986 ini berlokasi di Jl. Harapan Raya, Tengkerang Tim., Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau. Dengan menerapkan 3 kurikulum yaitu kurikulum DEPAG, kuikulum DIKNAS, dan kurikulum pondok, ponpes ini menyediakan dua jenjang pendidikan yaitu MTs dan MA dengan 1 tahun program takhasus. 

Dengan pembelajara Al Quran yang bertumpu pada tiga aspek yaitu  Al Hikmah, Al Mau’izhah, dan al Mujadalah ini menerapkan tiga metode pembelejaran yaitu metode sorongan/bandungan, metode wetonan, dan metode muhawwarah. 

9. Ponpes Al Badr

Ponpes yang beralamat di Jl. Jend. Sudirman RT 01 Rw 018, kelurahan Langgini, Kec. Bangkinang Kota, Kampar, Riau ini saat ini sudah terakreditasi A. Ponpes ini mengedepankan pendidikan berbasis IMTAQ dan IPTEK. 

Ponpes ini terbilang cukup tua karena berdiri pada tahun 1990 dengan dua periode kepemimpinan yaitu Drs Bustami Jali (1990-2005) dan Drs. Al Yasser (2005-sekarang). Selain mengajarkan ilmu-ilmu agama agama, ponpes ini juga mendorong para santri untuk dapat mnciptakan lowongan pekerjaan setelah lulus. 

10. Ponpes Hubbul Wathan

Ponpes yang bearalamat di Jl. Sentosa No.29, Tengkerang Utara, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau ini sudah berdiri sejak tahun 1937. Selama masa awal berdiri hingga sekarang, ponpes ini sudah berhasil medirikan tingkat pendidikan formal dari TK hingga Perguruan Tinggi.

Berdirinya perguruan tinggi bertujuan untuk menampng dan menyiapkan para pemuda di wilayah bengkalis dan sekitarnya agar dapat belajar ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum.

11. Ponpes Al Muslimun 

Ponpes ini terletak di Jalan Lintas Timur KM 29,5 Muda Setia, Bandar Seikijang, Kabupaten Pelalawan, Riau. Ponpes ini memiliki tiga program unggulan pesantren yaitu Rehabilitasi dan pemantapan akhlaqul karimah, aktif berbahasa Arab dan Inggris, serta berpola pikir eksak Yaitu ilmu diamalkan dan amal berdasarkan ilmu. 

Dengan menerapkan kurikulum pesantren yang dikombinasikan dengan kurikulum KEMENAG, ponpes ini menyediakan empat jenjang pendidikan formal, yaitu Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), SMA pesantren, dan Takhassus. 

12. Ponpes Al Muttaqiin

Ponpes ini terletak di Jl. Hang Tuah No.21, Kp. Rempak, Siak, Kabupaten Siak, Riau. Dengan menggunakan kurikulum dari kementrian agama, ponpes ini menyediakan dua pendidikan formal yaitu MTs Al Falah dan MA Al Muttaqien. 

Selain pendidikan formal, pondok pesantren terbaik di Kabupaten Siak ini juga menyediakan pendidikan non forma seperti Taman Pendidikan Quran (TPQ) dan Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA). Para santri disibukan dengan pembelajaran di sekolah dan kegiatan pegembangan di siang hari dan pembelajaran kitab utturosy (kitab kuning) di malam harinya. 

13. Ponpes Kholid bin walid

Ponpes ini beralamat di l. Pesantren II, Pematang Berangan, Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Pondok yang didirikan pada tahun 1950 ini memiliki visi untuk membentuk generasi muslim yang bertaqwa, berilmu dalam rangka mencerdaskan anak bangsa. 

Dengan menggunakan perpaduan kurikulum kemendikbud dan kemenrian agama, pondok pesantren terbaik di Rokan hulu ini berupaya menanamkan nilai-nilai keimanan melalui pemberian pemahaman syumuliyatul islam dan implementainya dalam kehidupan sehari-hari. 

14. Ponpes ulil Al-bab

Ponpes ulul Al-bab saat ini hampir semua jenajng pendidikan yang tersedia sudah terakreditasi A. Dengan penggunaan kurikulum dinas pendidikan dan JSIT, ponpes ini memiliki 5 jenjang pndidikan yaitu taman penitipan, TKIT Anak Harapan, SDIT, SMPIT, dan SMAIT. 

Beberapa kegiatan santri ketika belajar di ponpes ini antara lain kegiatan tartil dan tahfidz quran metode UMMI foundation, MABIT, kunjungan edukasi alam pertanian, kegiatan keagamaan untuk memperingati hari besar islam, ekstrakurikuler dan lain sebagainya. 

15. Ponpes Al Amin

Ponpes ini beralamat di Rawang Kacamatan, Lubuk Dalam, Kabupaten Siak, Riau. Dengan visi membentuk insan muslim yang taat, berilmu, beramal, berbudaya, mukhlis dan mandiri, ponpes ini menerapkan beberapa program unggulan yaitu hifdzil Qur’an, Hifdzil Matan Nahwu Wa Shorfi, Pidato bahasa asing serta life skil, 

Selain belajar ilmu agama, para sasntri juga didorong untuk berlatih dan terlibat dalam dunia wirausaha. Salah satunya melalui program pelatihan santripreneur yang difokuskan pada bidang pertanian. 

16. Ponpes Al Anshor Sunnah Kampar

Ponpes ini beralamat di Air Tiris, Kec. Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Ponpes ini menyediakan pendidikan formal berupa MTs dan Madrasah Aliyah serta dua program unggulan yaitu tahfidz Quran dan hafalan hadis.

Sesuai namanya, ponpes ini banyak mengajarakan kepada santri tentang sunnah-sunnah yang apa saja yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, demikinalah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Provinsi Riau, semoga saja memberikan wawasan bagi kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "16+ Pondok Pesantren Terbaik di Riau yang Bisa Menjadi Pilihan"