Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Barat yang Menjadi Pilihan

 

Daftar Pesantren di Jawa Barat

Provinsi yang berada di Pulau Jawa ini adalah salah satu Provinsi yang dekat dengan ibukoa negara. Oleh karenanya, perkembangan ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat termasuk ilmu agama Islam.

Oh iya, setidaknya ada lebih dari 8000 pondok pesantren tersebar di provinsi Jawa Barat. Pondok pesantren tersebut tentunya memiliki bermacam-macam program pendidikan. Tidak hanya santri dari wilayah tersebut, banyak santri dari luar Provinsi menimba ilmu pendidikan di pondok-pondok pesantren yang ada di Jawa Barat. 

Pondok Pesantren di Jawa Barat

Penyebaran pondok pesantren tentunya merata hingga ke pelosok daerah. Di pulau jawa sendiri, wilayah Jawa Barat memiliki jumlah pondok pesantren lainnya dibandingkan dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bahkan bisa dikatakan bahwasanya Jawa Barat menjadi Provinsi dengan jumlah pondok pesantren terbanyak di Indonesia.

Daftar Pondok Pesantren di Jawa Barat 

Beberapa daftar pondok pesantren yang ada di Jawa Barat antara lain: 

1. Pondok Pesantren Darul Muttaqien

Pondok pesantren di Jawa Barat Pertama yang akan dibahas adalah PP Darul Muttaqien yang beralamat di Jl. Jkt - Bogor No.KM. 41, Jabon Mekar, Kec. Parung, Bogor, Jawa Barat. Pondok pesantren ini sudah berdiri sejak tahun 1988.

Jenjang pendidikan yang tersedia berupa TMI, SMP Islam Terpadu, SD Islam Terpadu, Raudhatul Athfal, Taman Pendidikan Quran, serta Diniyah Takmiliyah. Untuk biaya pendaftaran pondok pesantren di Bogor ini memang tergolong cukup mahal. Meskipun begitu kualitas pondok ini memang sudah tidak diragukan lagi. 

2. Pondok Pesantren Al Ma’some

Pondok pesantren ini terletak di Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinagor, Sumedang, Jawa Barat. Salah satu yang menarik dari pondok ini adalah adanya program akselerasi pada jenjang SMP.

Selain itu, pondok pesantren di Sumedang ini juga membuka program beasiswa. Ponpes ini menyediakan empat jenjang pendidikan yaitu TK Munggangg, SD Al Ma’soem, SMP Al Ma’soem, dan SMA Al Ma’some. 

3. Pondok Pesantren Al Ikhlas 

Pondok pesantren Al Ikhlas berada di Puhun, RT 14 RW 04, Kuningan, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Pondok pesantren ini menerapkan sistem pembelajaran modern dengan pola mu’alimin sertra pendidikan tinggi.

Kurikulum yang diterapkan dalam pondok pesantren di Kabupaten Kuningan ini berupa KMI Pondok Modern Darussalam Gontor dan Kurikulum yang dikembangkan sendiri oleh PP Modern Al Ikhlas. Santri dituntut untuk mampu berbahasa Arab dan Bahasa Inggris. 

4. Pondok Pesantren Ma’ad Al Zaytun

Berikutnya ada pondok pesantren Ma’ad Al Zaytun. Pondok ini terletak di Desa Mekar Jaya, kec. Ganjar, Kab. Indramayu, Jawa Barat. Ponpes ini berdiri pada tahun 1999. Sebagai salah satu pondok terbesar di Indonesia, pondok ini banyak diminati masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke. 

Jenjang pendidikan formal pondok pesantren di Kab. Indramayu ini terdiri dari PAUD, MI Al Zaytun, MTs Al Zaytun, MA Al Zaytun, Pendidikan kelas dewasa (Paket A, B, C), serta perguruan tinggi berupa Institut Agama Islam Al Zaytun Indonesia. Selain pendidikan formal, terdapat pula pendidikan nonformal seperti pendidikan komputer bertaraf internasional. 

5. Pondok Pesantren Al Umanaa

Pondok pesantren ini terletak di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Berdiri pada tahun 2012 dan diresmikan pada tahun 2014, saat ini jenjang pendidikan yang disediakan oleh pondok pesantren ini sudah terakreditasi A. 

Selain penggunaan bahasa Arab, pondok pesantren di Sukabumi ini juga mengajarkan para santri belajar bahasa Inggris dan Jepang, bahkan terdpapat ekstrakuurikuler khusus debat bahasa Jepang. Beberapa ekstakurikuler lain seperti jurnalistik, literatur club, lingkar sastra, hingga merajut menjadi salah satu nilai plus dari pondok ini. Pengembangan minat dan bakat para sastri turut diperhatikan dan diberikan wadah yang mumpuni. 

6. Pondok Pesantren Madinatul Quran 

Pondok pesantren selanjutnya dari Jawa Barat adalah pondok pesantren Madinatul Quran yang berada di Jl. TMMD Melati-Sodong, Singasari, Kec. Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Sesuai dengan namanya, keunggulan podok pesantren ini adalah jenjang pendidikan dengan mengutamakan program tahfidz Quran. 

Hal tersebut dapat dilihat dari jenjang pendidikan yang didirikan berupa SD Tahfidz, SMP Tahfidz, SMA Tahfidz, Tahfidz dan Bahasa Arab, serta Ma’had Aly untuk jenjang S1.

Biaya pendaftaran sebesar 350 ribu dan uang masuk mulai dari 6 juta hingga 18 juta. Meskipun begitu, PP ini memberikan keringan kepada para santri dengan adanya program beasiswa untuk program Tahfidz & bahasa Arab serta beasiswa untuk program mahad Aly. 

7. Pondok Pesantren Modern Al Islam

Pondok pesantren Modern Al Islam berada di wilayah Cirebon Jawa Barat. Saat ini pondok pesantren ini memiliki lebih dari 1000 santri. Jumlah santri yangbanyak ini tentunya didukung dengan fasilitas pondok yang memadai, bahkan fasilitas untuk pengembangan diri siswa berupa peternakan sapi dan peternakan lele untuk program peternakan. 

Pesantren di Cirebon ini juga menggunakan sistem pendidikan modern mulai dengan menerapkan sistem kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. Program unggulan lainnya adalah program tahfidz Quran. Dari segi lokasi, pondok pesantren ini memiliki lokasi hijau yang memiliki udara sejuk. 

8. Pondok Pesantren AL Muhajirin 

Pondok pesantren Al Muhajirin terletak di Jl. Veteran No.155, Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Berdiri pada tahun 1993 pondok ini menglami perkembangan pesat hingga saat ini. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya jenis program pendidikan baik formal maupun nonformal.

Para santri yang ada di pondok pesantren Kabupaten Purwakarta ini senantisa dididik dengan menggunakan kurikulum pesantren yang berbasis kitab kuning dan bahasa serta kurikulum nasional. 

9. Pondok Pesantren Al Musaddaiyah 

Pondok Pesantren ini berada di wilayah Garut tepatnya di Jayaraga, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Berdiri pada tahun 1990, pondok pesantren ini sudah memiliki 8 pendidikan formal berupa PAUD/RA, SMP, MTs, SMA, SMK, MA, STT, dan STAI. 

Salah satu keunggulan pondok pesantren di Kabupaten Garut ini adalah pembelajarn kitab yang terbilang lengkap berupa kitab Aqoidul Iman, kitab Tijan Addaruri, kitab Riadlul Badi’ah, Khulasotunurul Yaqien, Jurumiyah, Matan Bina, Akhlak Libanat, dan beberapa kitab lainnya. pondok pesantren ini juga menyediakan beasiswa tiap semester bagi mahasiswa berprestasi. 

10. Pondok Pesantren Al Ma’tuq

Pondok Pesantren Al Ma’tuq berlokasi di Jalan Kadudampit KM. 3, RT.16/RW.03, Gunungjaya, Kec. Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat. Pondok ini diresmikan oleh Duta Besar Kuwait dan Bupati Sukabumi pada tahun 1997. 

Program pendidikan yang disediakan berupa TK-IT Al-Matuq, SD Muhammad Al-‘Unaizy, Pesantren Tahfidz Al Bassam, serta Pesantren Tahfidz Al-‘Afaf. Lokasi yang strategis yaitu berada dekat dengan pusat kota, membuat pondok pesantren ini mudah untuk dicari.

Fasilitas pendidikan yang memadai pun menjadi daya tarik tersendiri bagi calon santri untuk melanjutkan pendidikan di PP ini. Bahkan PP ini menyediakan studio Al-Matuq TV yang jarang dimiliki PP lainnya.

11. Pondok Pesantren Darul Habib

Masih dari wilayah Sukabumi, pondok pesantren ini beralamat di Jalan Raya Parungkuda Gg. Ojek Ciambar Kp. Cipamutih Desa Munjul, Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat. berdiri pada tahun 1998, pondok pesantren ini memiliki visi berbeda dari PP kebanyakan, yaitu Meraih Ridho ilahi dan Rasul-Nya. 

Para santri diajarkan ilmu Al Quran, Hadist, Fiqh, Sharaf, Nawu, Akhlaq, Balaghah, Tauhid, dan ilmu-ilmu agama lainnya. dengan jumlah santri lebih dari 500 setiap tahunnya, pondok pesantren ini diwajibkan untuk menggunakan bahasa Arab apabila sudah 6 bulan menetap di pondok pesantren tersebut. 

Yang menarik lainnya ialah pakaian para santri dimana santri laki-laki menggunakan gamis putih dengan peci putih dan imamah putih. Sedangkan santri perempuan menggunakan abaya hitam dan kerudung minimal lapis 3. 

12. Pondok Pesantren Suryalaya

Pondok pesantren berikutnya adalah pondok pesantren Suryalaya yang berada di Dusun Godebag, Tanjungkerta, Pagerageung, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat. Pondok pesantren ini termasuk pondok pesantren tertua yang berdiri pada tahun 1902 dengan bentuk awal berupa pembangunan masjid hingga mengalami perkembangan menjadi pondok pesantren. 

Saat ini pondok pesantren di Kabupaten Tasikmalaya ini sudah mendirikan pendidikan islam hingga pendidikan umum. Pendidikan islam berupa santri tradisional, MI, MTs, MA, serta IAILM. Pendidikan umum berupa TK dan SD, SMP, SMK, SMAI, dan STIE.

Ponpes ini telah banyak mendapat penghargaan baik dari presiden, pemerintah, hingga lembaga-lembaga terkait lainnya dari berbagai bidang seperti keagamaan, sosial, pendidikan, kesehatan, hingga kenegaraan. 

13. Pondok Pesantren Ummul Quro

Pondok pesantren ini terletak di Jl. Moh Noh Noer RT.004/004 Kp. Banyusuci, Desa, Leuwimekar, Kec. Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat. Berdiri pada tahun 1993, pondok pesantren ini mengalami perkembangan pesat. Terbukti dengan jenjang pendidikan MTs dan MA yang sudah terakreditasi A. 

Ponpes ini menerapkan sistem pendidikan modern dengan memadukan kurikulum pesantren dan kurikulum nasional.

Calon santri yang ingin menimba ilmu di pondok pesantren Ummul Quro harus melalui tahap seleksi masuk. Salah satu torehan prestasi addalah para alumni yang berhasil melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi hingga ke luar negeri seperti di Universitas Al Azhar, Universitas Al Ahghaf dan lain sebagainya. 

14. Pondok Pesantren Al Ikhsan

Pondok pesantren yang dibangun pada tahun 1989 ini terletak di Jl. Adipati Agung No.40, Baleendah, Kec. Baleendah, Bandung, Jawa Barat. Sistem pendidikan yang didirikan berupa KMI (Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiya) yaitu pendidikan setara SMP dan SMA yang ditempuh selama 6 tahun. 

Hampir sama dengan pondok pesantren di Bandung yang modern lainnya, dimana pondok pesantren ini menerapkan kurikulum kombinasi antara kurikulum pendidikan nasional, kurikulum, Kurikulum departemen agama, serta kurikulum Intern pesantren. 

15. Pondok Pesantren Al Wafi

Pondok Pesantren terakhir yang akan kita bahas adalah pondok pesantren Al Wafi yang terletak di daerah Bogor, Jawa Barat. Pondok ini merupakan pondok modern dengan sistem pengajaran Experimental Learning and Active Learning Islamic Integrated yang tentunya sudah terakreditasi A. 

Keunggulan lain dari pondok pesantren ini ialah sistem pendidikan yang sudah bertaraf internasional. Pengajaran dilakukan full menggunakan bahasa Inggris dan juga bahasa Arab. Selain program agama, program enterpreneurship juga ditanamkan kepada para santri.

Nah, demikinalah saja informasi yang bisa kami bagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Provinsi JaBar (Jawa Barat) yang beribukota di Bandung. Semoga saja berguna ya.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Barat yang Menjadi Pilihan"