Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Kalimantan Tengah

Pesantren di Kalimantan Tengah

Wilayah yang terbagi menjadi 13 kabupaten ataupun kota ini memiliki mayoritas penduduk beragama islam. Hal tersebut medorong para ulama dan tokoh-tokoh agama mendirikan pondok pesantren di wilayah ini.

Oleh karena itulah, sebagai bahasan lebih lengkapnya maka berikut ini akan dibahas daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Kalimantan Tengah.

Pondok Pesantren di Kalimantan Tengah

Siapa yang tidak tahu wilayah Kalimantan Tengah. Dengan jumlah penduduk lebih dari 2 juta jiwa pada tahun 2021 ini, kalimantan tengah ternyata memiliki masyarakat yang mayoritasnya beragama Islam dnegan persentasi 73,82 persen. 

Banyaknya masyarakat yang beragama islam tentunya tidak lepas dari peran para pemuka agama untuk menyiarkan dan mengajarakan agama islam. Salah satunya dengan mendirikan pondok pesantren. 

Lebih dari 200 pondok pesantren tersebar di seluruh wilayah Kalimantan Tengah. Banyak dianataranya yang sudah terakreditasi dan terdaftar di kemenag. Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui informasi terkait pondok pesantren yang ada di wilayah Kalimantan Tengah. 

Daftar Pondok Pesantren di Kalimantan Tengah

Beberapa pondok pesantren yang ada di prvinsi Kalimantan Tengah antara lain: 

1. Pondok Pesantren Al Wafa

Pondok pesantren berlokasi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Bagi calon santri yang ingin menimba ilmu agama disini harus mengikuti tes masuk seperti tes membaca quran dan tes wawancara orang tua/wali serta tes mondok selama satu minggu. Biaya SPP satu bulan sebsar 700 ribu. 

Program keagamaan yang diajarkan berupa Al Quran, hadist, aqidah, akhlaq, fiqih, tarikh, serta bahasa Arab. Adapun jadwal kegiatan di pondok ini dimulai dari pukul 03.00 hingga pukul 20.30 waktu setempat. 

2. Pondok Pesantren Raudhatul Jannah

Pesantren ini beraalamat di Jl. Surung, No. 01, Kelurahan Sabaru, Kec. Sabangau. Kab. Palangkarayara, Kalimantan Tengah. Ponodk ini menyedikan program pendidikan formal MTs dan Madrasah Aliyah. Keduanya saat ini sudah terakreditasi B. 

Saat ini, pondok pesantren ini memiliki program kelas baru yaitu kelas Tahfidz Al Quran dan kelas kitab kuning. Hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para caon santri dan orang tua yang ingin menykolahkan anaknya di pondok pesantren Raudhatul Jannah. 

3. Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin

Pondok pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin berlokasi di Jl. Sulawesi No. 76 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Program pendidikan formal disini terbilang cukup lengkapp yaitu dari MI hingga Madrasah Aliyah. 

Program unggulan yang tersedia berupa Tahfidzul Quran, kajian kitab kuning, bahasa arab, qira’atul kutub, serta amtsilati. Penggunaan kurikulum pendidikan mengadaptasi dari kurikulum modern Gontor serta kurikulum nasional. Berbagai ekstrakurikuler pun tersedia sperti habsyi, pidato, kaligrafi, dan lain sebagainya. 

4. Pondok Pesantren Darul Ulum

Mungkin teman-teman semua sudah sering dengar nama pondok pesantren Darul Ulum. Ternyata di wilayah kalimantan tengah terdapat juga pondok pesantren darul ulum tepatnya di Jl. Dr. Murjani Gg. Sari 45, Kelurahan , Pahandut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

Pendidikan formal terdiri dari jenjang MI, MTs, dan MA serta program pendidikan nonformal berupa Tahfidzul Quran, Madrasah Diniyah, dan majelis taklim. Kurikulum pendidikan yang digunakan berupa kurikulum dari kementrian agama dan kurikulum pesantren. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap seperti laboratotium bahasa, lab. Kompter, lab. Ipa, koponten, dan lain sebagainya. 

5. Pondok Pesantren Iqro

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Karanggan, Kelurahan Tanjung Pinang, Pahandut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Pesantren ini bertipe salafiyah dan sudah terakreditasi B. Selain kegiatan keagamaan, pondok pesantren ini terkenal dengan pondok pesantren yang memperhatikan lingkungan hijau. 

Salah satu program kegiatan di luar program keagamaan adalah program bercocok tanam untuk para santri. Hal tersebut tentunya memberikan dampak positif mengajarakan kepada santri untuk menjaga lingkungan hijau. 

6. Pondok Pesantren Hidayatullah

Pesantren Hidayatullah berlokasi di Jl. Danau Rangas, Bukit Tunggal, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Disini tersedia program pendidkan formal mulai PAUD hingga SMP. 

Program ini sudah mungajarkan hafalan quran bagi santri usia PAUD. Untuk jenjang SD dan SMP, pesantren ini sudah menerapkan pembelejaran bilingual dalam proses pembelajaran. Menariknya, pondok pesantren ini memiliki program khusus untuk melatih jiwa kepemimpinan dnegan mengadakan program leadership serta program bina bakat dan life skill. 

7. Pondok Pesantren Nahdlatussalam

Pondok pesantren ini berloksi di Anjar Serapat Tengah, Kec. Kapuas Timur, Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah. Pondok dengan tipe pengajaran Ashriyah ini terbilang pondok yang sudah cukup tua. Berdiri pada tahun 1948, pondok pesantren ini memiliki santri sekitar 1800 setiap tahunnya. 

Pondok pesantren di Kapuas ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Kalimantan Tengah. Tidak heran jika semakin hari pondok ini semakin berkembang. Para santri tentunya dituntut untuk mampu mengikuti program keagamaan, program sekolah formal, hingga program ekstrakurikuler. Program unggulan berupa pembacaan kitab kuning, muhadoroh, tafsir jalallain, dan lain sebagainya. 

8. Pondok Pesantren Nurul Iman

Pondok pesantren nurul iman berlokasi di Jl. Trans Kalimantan, Kec. Basarang, Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah. Program pendidikan terdiri dari tingkat awaliyah, tingkat MTs, tngkat Wustha, dan tingkat MA. 

Pondok ini menerima santri dnegan jumlah terbatas yaitu 50-60 santri dalam satu gelombang pendafataran. Salah satu program yang menarik adalah program pengajian rutin kitab bidayatul hidayah dari berbagai ustadz ternama di wilayah Kalimantan Tengah. 

9. Pondok Pesantren Al Amin

Salah satu pondok yang terkenal di wilayah Kalimantan Tengah adalah pondok pesantren Al Amin yang berlokasi di Jl. Pemuda km 20, Desa Anjir Palambang, Kalimantan Tengah. Didirikina sejak tahun 1999 pondok ini kini sudah memiliki jenjang pendidikan MTs, MA, dan SMK jurusan perikanan dan farmasi. 

Kegiatan keagamaan di pondok pesantren ini dibarengi juga dengan kegiatan pengebangan berupa program perikanan. Pihak pondok sangat serius dalam upaya menjaga ketahanan pangan dari segi perikanan. Bahkan pada tahun 2007, pesantren ini mendapatkan penghargaan ketahanan pangan nasional dari presiden RI saat itu. 

10. Pondok Pesantren Al Falah

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Landasan Ulin, Kec. Liang Anggang, Kota Banjarbaru, Kalimantan Tengah. Sistem pendidikan dan kurikulum pesantren ini mengutamakan penguasaan terhadap kitab kuning. 

Menariknya, kurikulum pondok pesantren ini sudah diakui oleh Al Azhar University Cairo Mesir. Hal tersebut menjadikan lulusan dari pondok ini banyak yang diterima secara langsung di  Al Azhar University Cairo Mesir dari mulai S1 hingga S2. 

11. Pondok Pesantren Karya Pembangunan

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. KH Ahmad Dahlan, no. 2, Puruk Cahu, Kalimantan Tengah. Dengan visi untuk mencetak generasi yang cerdas, mandiri dan berakhlak mulia, pondok pesantren ini membentuk program unggulan yaitu baca kitab kuning gundul, ilmu fiqih, Kaidah bahasa Arab, serta Fashahah Al Quran dan tahfidz. 

Untuk jenis kegiatan pengembangan diluar pendidikan formal, pesantren ini mmbuka ekstrakurikuler rebana, tilawah, habsi muhadoroh, serta berbagai ektrakurikuler olahraga. 

12. Pondok Pesantren Hasanka

Pesantren Hasanka atau dikenal denga Hasanka Boarding school ini berlokasi di Jl. Seth Adji, Kota Palangka raya, Kalimantan Tengah. Sekolah ini menyediakan jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA IT. 

Disini, ruang kelas sudah menggunakan AC sehingga para siswa lebih nyaman untuk belajar. Tersededia juga lab. bahasa dan lab. Komputer untuk menunjang pembelajaran siswa. Saat ini, Hasanka Boarding school sudah terakreditasi A. berbagagi prestasi banyak ditorehkan oleh para siswa. 

13. Pondok Pesantren Darul Amin Sampit

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. H. Moh. Arsyad, Ketapang, Mentawa Baru, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Jenjang pendidikan yang tersedia berupa sekolah salafiyah, MTs, SMP, serta SMA. 

Pembangunan sarana dan prasana di pondok pesantren ini sudah berkembang dengan baik. Hal tersebut dapat terwujud karena adany bantuan pengembangana pesantren dari pemerintah setempat. Hal tersebut tentunya untuk memeberikan pelayanan terbaik kepada para santri agar dapat menimba ilmu dengan nyaman. 

14. Pondok Pesantren Al- Ahqaaf 

Pondok pesantren ini berlokasi di kec. Baamang, Kab. Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Pesantren ini didirikan pada tahun 2006. Wsecara geografis, lokasi pondok pesantren ini berada di wilayah pedesaan sehingga para santri dapat belajar tanpa bising. 

Untuk sarpras, memang pondok pesantren ini masih dalam proses pengembangan. Jumlah santri disini sudah lebih dari 60 santri setiap tahunnya. Selain ilmu agama, ilmu pengetahuan juga turut dikembangkan di pondok pesantren ini, khususnya ilmu ekonomi. 

15. Pondok Pesantren Al Marhamah

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Cilik Riwut, Baamang, Kotawaringin Timur, Sampit, Kalimantan Tengah. Pesantren ini tidak hanya sebagai pondok, tetapi juga menjadi panti asuhan bagi para santri yatim piatu.

Untuk pondok putra memang masih terbilang baru, didirikan pada tahun 2019. Meskipun demikian, minat para calon santri untuk menimba ilmu agama di pondok pesantren ini sangat besar. Hal tersebut didukung juga dengan tenaga pendidik yang kompeten.

Na, demikinalah saja daftar informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren terbaik yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah. Semoga saja bisa berguna bagi semuanya.

1 komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Kalimantan Tengah"

AKTIFITAS SANTRI AL-AHQAAF SAMPIT 10 Oktober 2023 pukul 22.42 Hapus Komentar
MANTAP