Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Provinsi Papua

Pondok Pesantren di Papua

Dikenal dengan keanekaragaman budaya, Papua sejatinya memiliki daya tarik tersendiri dari segi pariwisata. Namun kali ini kita akan membahas wilayah Papua dari segi pendidikan khususnya pendidikan Islam.

Berikut ini akan dibahas mengenai informasi terkait dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Provinsi Papua.

Pondok Pesantren di Provinsi Papua

Provinsi dengan wilayah terbesar dan terluas di Indonesia ini tentu memiliki jumlah penduduk yang cukup besar juga. Jumlah penduduk total sekitar 4 juta jiwa. Sebagian besar masyarakat disana memang bukan beragama islam melainkan kristen baik kristen protestan maupun katolik. 

Jumlah penduduk islam disana hanya sekitar 14,5 persen dari jumlah penduduk total. Perkembvangan islam disana memang tidak begitu pesat. Meskipun demikian, beberapa tempat pendidikan islam seperti pondok pesantren tetap ada dan tersedia meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak.

Daftar Pondok Pesantren di Provinsi Papua

Beberapa daftar pondok pesantren yang ada di provinsi Papua antara lain:

1. Pondok Pesantren Al Istiqomah Walesi

Pondok ini berlokasi di Desa Walesi, Kec. Wamena, Kab. Jaya Wijaya, Papua. Memang tidak banyak yang tau pesantren ini karena memang lokasinya yang terpencil. Meskipun begitu, perkembangan pendidikan di pesantren ini sudah cukup baik. 

Salah satu contohnya adalah pesantren ini berhasil mengirimkan delegasi santri dalam ajang pekan olahraga dan seni antar pondok pesantren tingkat nasional (POSPENAS) pada tahun 2019. Hal tersebut tentu menjadi prestasi yang membanggakan bagi para santri di pondok pesnatren ini. 

2. Pondok pesantren Al Muttaqin Buper 

Pondok pesantren ini mulai dioperasikan pada tahun 2007 di Jl. Merah Putih, Waena, Heram, Kota Jayapura, Papua. Dengan menyelenggarakan pendidikan setingkat SMP dan SMA, pesantren ini sudah terbilang cukup maju dari segi pendidikan. 

Kegiatan pengembangan diri bagi para santri pun sudah sangat bervariatif, seperti seni teater yang juga selalu mengadakan kegiatan rutin tahunan berupa apresiasi seni, klub pecinta alam, marching band, basket, hingga beladiri (silat, karate, inkai, do gojukai). 

3. Pondok Pesantren At Thayyibah Nimbokrang

Pesantren ini berlokasi di Jl. Iskandar Muda, Kec. Nimborkang, Jayapura, Papua. Menyelenggraan tipe pendidikan pesantren kombinasi, pesantren ini memiliki jumlah santri lebih dari 80 santri. 

Tipe kombinasi yang diterapkan di pesantren di Jayapura ini memang menjadi salah stau pilihan mayoritas pesantren di Indonesia. Tipe kombinasi disini adalah kombinasi anatara pengajaran tipe asriyah dan modern. 

Pendidikan pesantren seperti ini di wilayah papua memang sangat diperlukan untuk memperkenalkan sistem pendidikan modern namun tetap memgang teguh syariat islam megingat bahwa wilayah papua termasuk slaah stau wilayah yang tergolong wilayah terpencil dan jauh dari pusat atau ibukota negara. 

4. Pondok Pesantren DDI Lampu Satu Merauke 

Pesantren yang stau ini berlokasi di Kl. Menara lampu satu, Kelurahan samkai, Kec. Merauke, Kab. Merauke, papua. Menjadi slaah stau pondok pesantren yang berada di ujung timur wilayah Indonesia tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengembangkan sistem pendidikan. 

Meskipun berada di wilayah perbatasan, perkembangan pesantren di Merauke ini memang cukup bagus. Terbukti dengan terselenggaranya jenjang pendidikan formal MTs dan MA. Bantuan bantun berupa fasilitas penunjang pendidikan maupaun bantuan makanan sering dikirimkan ke pesantren ini untuk memenuhi kebutuhan para santri sehingga santri lebih nayaman dalam belajar dengan fasilitas yang tidak kekurangan.  

5. Pondok pesantren Annajah Yamra 

Masih dari wilayah merauke tepatnya di Jl, Taman makan pahlawan Trikora, kab. Merauke, Papua. Pesantren ini menjadi salah stau pesantren terbaik di papua yang dilengkapi dnegan fasilitas yang lengkap dan sistem pendidikan yang modern. 

Untuk mendukung kegiatan belajar santri, pesantren ini sudah menyediakan Lab. Komputer dan perpusatakaan yang luas. Fasilitas fasilitas tersebut yang tentunya sangaat dibutuhkan para santri untuk mengetahui perkembangan pendidikan maupun teknologi dan ilmu pengetetahuan lain di wilayah lainnya. 

6. Pondok Pesantren Hidayatullah Merauke

Masih dari wilayah Merauke, berikutnya ada pondok pesantren Hidayatullah yang berada di Jl. Trans Irian, Kel. Kelap Lima, Kec. Merauke, Merauke, Papua. Bagi para calon santri yang ingin belajar di pondok pesantren ini harus mengikuti tes seleksi masuk yaitu tes kemampuan dasar, tes mengaji serta tes baca tulis Al Quran. 

Penggunaan sistem pendidikan modern perlahan-lahan juga mulai diterapkan di pesantren ini. Semakin tahun para santri yang mendaftar pun semakin mengalami peningkatan. Saat ini lebih dari 200 santri menetap di pesantren ini. 

Instansi pemerintah maupun swasta di papua memang menberikan perhatian lebih terhadap pondok-pondok pesantren di wilayah Papua tak terkecuali untuk pondok pesantren ini. Tidak jarang pula pesantren ini mendapatkan bantuan untuk menunjang proses belajar mengajar para santi. 

7. Pondok Pesantren Nurul Anwar

Pesantren ini berlokasi di Jl. Durian Kombo, Yobeh, Kec. Sentani, Kab. Jayapura, Papua. Guna mengajarkan nilai kemandirian terhadap para santri, pesantren ini mengembangkan usaha tani yang dikelola di lahan pesantren dan bekerja sama dengan BPTP wilayah setempat. 

Selain pertanian, pesantren ini juga megembangkan usaha ternak di lahan terpisah yang tata kelolanya dibantu oleh para santri. Meskipun berbagai kegiatan non akademik banyak dilakukan, namun tidak mengurangi fokus para santri terhadap pembelajaran formal, khususnya pembelajaran agama. Pesantren ini pun tetap memperhatikan pendidikan para santri sebagagi tujuan utama. 

8. Pondok Pesantren Hidayatullah Holtekamp

Jika sebelumnya telah dibahas pesantren hidayatulah di Merauke, pesantren hidayatullah yang satu ini berlokasi di desa Holtekamp, Kec. Muaratami, Jayapura. Pesantren ini memiliki program thafidz Al Quran yang tidak dikenakan biaya. Pada 2021 lebih dari 120 santri kurang mampu bermukim di pesantren ini. 

Jumlah tersebut tentu menunjukan adanya antusiasme dari warga sekitar untuk mendalami ilmu agama islam bagi anak-anaknya. Pesantren yang didirikan sejak tahun 1990 ini bertekad untuk menciptakan para santri yang mampu mensyiarkan islam melalui program Tahfidz Al Quran. 

9. Pondok pesantren Qurrotaayun 

Pondok pesantren ini merupakan sebuah yayasan yang menyelenggarakan pendidikan formal jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan Tahfidz Papua Madani yang berasrama. Program utamanya berupa Tahfidz Quran 30 juz. 

Untuk program pengembangan yang disediakan berupa pramuka, Al Quran dan tahfidz, arabical club, serta bidang lain seperti olahraga dan seni. Berbagai prestasi pun banyak di raih para santri seperti juara 1 MTQ tingkat provinsi Papua cabang hifdzil 5 juz dan tilawah, juara satu lomba pidato bahasa inggris dan masih banyak lagi. 

Prestais tersebut tentunya diperoleh dari para santri dari berbagai jenjang pendidikan. Prestasi prestasi tersebut menjadikan pesantren ini menjadi salah satu pesantren yang banyak diminati di wilayah papua. 

10. Pondok Pesantren Ulil Albab Jayapura 

Pesantren ini berlokasi di Jl. Polres Doyo Baru Distrik Waibu, Kab. Jayapura, Papua. Program pendidikan formal SMP IT dan SMA IT ini memiliki program utama yaitu tahfidzul Quran. Program ini snagat dianjurkan oleh pesantren ini kepada para santrinya. 

Berbagai prestasi dalam bidang keagamaan maupun non keagamaan banyak diaraih. Salah satunya adalah juara 1 ajang musabaqah tilawatil Quran cabang syarhil Quran tingkat kabupaten Jayapura pada tahun 2020. Prestasi tersebut menunjukan keberhasilan pendidikan Al Quran yang diajarkan kepada para santri. 

11. Pondok Pesantren Daarul Fiqri

Pesantren ini berlokasi di Jl. Perintis, Desa Bumi Wonorejo, Kec. Nabire, Kab. Nabire, papua. Berfokus pada pembelajaran Al Quran, berbagai kegiatan terkait pengkajian al Quran tersedia di pondok pesantren ini. Beerapa program yang disediakan antara lain Al Quran bii tartil, Tahfidzul Quran, dan program amsilati

Biaya pendidikan awal di pesantren ini sebesar 650 ribu sudah termasuk sumbangan awal, infaq banguanan, buku, uang makan 1 bulan, SPP satu bulan. Pesantren ini membebaskan biaya asrama dan sarpras yang digunakan para santri. 

12. Pondok Pesantren APIK Karadiri

Pesantren satu ini berlokasi di jl. Kapuas no. 150 Karadiri, kec. Wanggar, Kab, Nabire, Papua. Pesantren ini hanya menyelenggarakan pendidikan formal MI dan MTs. Untuk biaya pendidikan, para calon santri cukup membayar uang gedung 100 ribu (per tahun) dan uang komite/SPP sebsar 15 ribu. 

Pesantren ini menggratiskan seluruh biaya kebutuhan santri mulai dari seragam hingga buku tulis. Di pesantren ini, para santri akan diberi bimbingan dasar membaca Al Quran. 

13. Pondok Pesantren DDI Babussalam

Pesantren ini berlokasi di Jl. Tanjung Pinang, No. 3, Desa mandow, Kec. Samofa, Kab. Biak Numfor, Papua. Pesantren ini menjadi salah stu organisasi yang mengelola bidang pendidikan dan dakwah. Pendirian pesantren ini juga bertujuan untuk memberikan pengertian terhadap masyarakat sekitar terkait toleransi dalam beragama. 

Pesantren ini juga merupakan salah stau cabang pondok pesantren Darul Dakwah wa Irsyad (DDI) Mangkoso, Sulawesi Selatan. Oleh karenanya, pembelajaran di sini pun sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di DDI pusat. 

14. Pondok Pesantren DDI Nurul Islam Timika

Pesantren ini berlokasi di Jln poros Mapur jaya Sp 1, Kamoro Jaya, Kec. Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua. Jenjang pendidikan yang diselenggrakan berupa RA, MI, SD, MTs, dan MA. Saat ini lebih dari 400 santri menimba ilmu di pondok pesantren ini dari semua jenjang pendidikan. 

Banyak para santri yang sudah tahfidz hingga 30 juz. Pada tahun 2021 saja, pesantren ini berhasil meluluskan 17 tahfidz Al Quran. Selain itu, banyak juga para santri yang berprestasi baik di tingkat kabupaten hingga nasional. 

15. Pondok Pesantren Darul Ma’arif 

Pesantren ini berlokasi di Jl. Baru Kota Raja, Kec. Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua. Pesantren ini bertipe ashriyah. Jumlah santri di pesantren ini juga cukup banyak dari jenjang MI gingga MA. Pesantren yang sudah terakreditasi B ini juga menjadi salah satu pesantren yang banyak diminati masyarakat.

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di Provinsi Papua. Semoga saja bisa berguna bagi kalian semuanya, terutama yang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Provinsi Papua"