Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13+ Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Tengah Modern/Salafiyah yang Menjadi Pilihan

Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Tengah
Pesantren di Jateng (Jawa Tengah) merupakan salah satu lembaga pendidika yang digunakan sebagai tempat untuk menimba dan memperdalam Ilmu Agama Islam. Namun seiring dengan berkembangnya zaman pesantren bukan hanya digunakan untuk menimba ilmu agama Islam saja namun juga untuk pendidikan umum.

Hal ini dilakukan agar santri dapat mengembangkan ilmu yang dimilikinya baik itu ilmu dunia ataupun ilmu akhirat. Disisi lainnya, untuk pesantren di Provinsi Jawa Tengah ini tersebar di berbagai Kabupaten dan Kota yang ada. Sehingga tak salah banyak sekali masyarakat yang menempuh pendidikan Islam di wilayah tersebut.

Pesantren di Jawa Tengah


Apalagi saat ini sudah banyak sekali kita temui pondok pesantren, terutama untuk di pulau Jawa. Berikut ini ada beberapa pondok pesantren yang ada di Jawa tengah, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pondok Pesantren Al-Anwar

Pesantren Al-Anwar adalah salah satu nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Dimana untuk kajian yang diajarkan sendiri berbasis kitab salaf, adapun pendiri dan perintisnya pondok pesantren di rembang ini ialah Syaikhina KH. Maimoen Zubair.

Oleh karena itulah tak salah banyak pondok pesantren NU di Indonesia yang menempuh pendidikan di PonPes Al-Anwar ini.

2. Ponpes Raudlatut Thalibin

Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat di Provinsi Jawa Tengah untuk menempuh pendidikan. Adapun pimpinan sekaligus pendirinya sendiri ialah KH. Bisyri Mustofa. Untuk alamatnya berada di Tawangsari, Leteh, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

 3. Pondok Pesantren Darul Amanah

Pondok Pesantren Darul Amanah adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di Desa Ngadiwarno, Kecamatan Sukarejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Pondok Pesantren Darul Amanah adalah saah satu filial yang ke 10 dari pesantren Darunnajah yang ada di DKI Jakarta.

Pondok Pesantren Darul Amanahadalah salah satu pondok pesantren terbaik yang ada di Jawa Tengah dan merupak pondok pesantren yang memiliki pendidikan formalnya juga. Jadi bukan hanya tentang pendidikan agama islam saja namun juga mempelajari tentang ilmu Dunia. 

4. Pondok Pesantren Modern Islam Assalam

Pondok Pesantren Modern Islam Assalam ini adalah salah satu pondok terbaik yang ada di Jawa Tengah dengan urutan pertama. Pondok Pesantren Modern Islam Assalam ini untuk yang pertama kalinya didirikan oleh Majelis Pengajian Islam Surakarta (MPI).

Pondok Pesantren Modern Islam Assalam ini didirikan pada tanggal  7 Agustus 1982. Pondok Pesantren Modern Islam Assalam ini juga terletak di Jalan Garuda Mas Pabelan Po. Box No.286 Sukoharjo, Surakarta Jawa tengah.

Pondok Pesantren Modern Islam Assalam ini merupakan pondok pesantren modern yang terdapat jenjang pedidikan umum yaitu MTS, MA, SMA, SMK, TKS dan ada juga pendidikan non Formal yaitu pendidikan tentang kesantrian.

Didalam Pondok Pesantren Modern Islam Assalam ini juga tersedia ekstrakulikuler yang tujuannya adalah untuk mengembangkan bakat atau skill yang telah dimiliki oleh santri tersebut. Setiap harinya santri yang ada di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam ini latihan pidato dengan menggunakan tiga bahasa.

5. Pondok Pesantren Modern Selamat

Pondok Pesantren Modern Selamat terletak di Kendal Jawa Tengah, lebih tepatnya terletak di Jalan Raya Soekarno Hatta Km3 Kendal Desa  Jambearum. Pondok Pesantren Modern Selamat ini berdiri pada tahun 1992 yang didirikan oleh seorang alumni dari pondok pesantren Gontor Darussalam yaitu H. Selamet Soemadyo.

Pondok Pesantren Modern Selamat adalah pondok pesantren modern yang memiliki pendidikan formalnya juga. 


6. Pondok Pesantren Islam Al-Irsyad

Pondok Pesantren Islam Al-Irsyad adalah salah satu pondok pesantren terbaik yang ada di Jawa Tengah dengan urutan ke dua. Pondok Pesantren Islam Al- Irsyad adalah salah satu pondok yang terletak di Jalan Raya Solo Semarang Km, 45 Desa Butuh Kecamatan Tangaran Kabupaten Semarang.

Pondok Pesantren Islam Al- Irsyad adalah salah satu pondok pesantren modern yang juga menyediakan pendidikan umum yitu SDITQ ( Sekolah dasar tingkat Tahfidzhul Qur’an atau SD, MTW (mutawasithoh)  atau SMP, IM (I’dad Muallimin), IL ( I’dad Lughowi) dengan program unggulan adalah bahasa arab intensif.

Selain itu juga di dalam Pondok Pesantren Islam Al- Irsyad ini menyediakan ekstrakulikuler yang di tunjukan untuk menggali skill dan bakat yang telah dimiliki oleh santri. Agar setelah lulus dari Pondok Pesantren Islam Al- Irsyad ini dapat mengembangkan bakat yang telah dimilikinya tersebut. 

7. Pondok Pesantren Modern Darul Husna

Pondok Pesantren Modern Darul Husna adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di Jalan Mangunharjo, RT 002/04, Mangunharjo Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Pondok Pesantren Modern Darul Husna adalah salah satu pondok modern yang memiliki jenjang pendidikan formal juga, salah satunya adalah untuk pendidikan di jenjang SD, SMP, SMA ada di Pondok Pesantren Modern Darul Husna ini. Sehingga ilmu yang akan di dapat oleh santri selain ilmu akhirat juga ilmu dunia.

8. Pondok Pesantren Al- Muayyad Kudus

Pondok Pesantren Al- Muayyad Kudus adalah salah satu pondok pesantren yang ada di Kudus, Provinsi awa Tengah yang terletak di DK. Tanggulangin, Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah.

Pondok Pesantren Al- Muayyad Kudus adalah salah satu pondok yang paling terkenal di jawa tengah, santri yang ada di pondok tersebut cukup banyak sehingga tidak perlu diragukan kualitas yang di miliki oleh Pondok Pesantren Al- Muayyad Kudus ini.

Pondok ini memiliki enjang pendidikan umum bukan hanya tentang pendidikan agama saja. Jenjang pendidikannya mulai dari pendidikan SD,  SMP, SMA ada di Pondok Pesantren Al- Muayyad Kudus ini

9. Pondok Pesantren Askhabul Kahfi

Pondok Pesantren Askhabul Kahfi ini terletak di Jalan Cangkiran Gunungpati, Kelurahan Polaman Kecamatan Mijen Kota Semarang Jawa Tengah. Pondok Pesantren Askhabul Kahfi ini berdiri sejak tahun 2008 tidak heran jika memang banyak sekali orang yang bilang bahwa pondok pesantren ini adalah pesantren yang paling muda di Jawa Tengah.

Namun begitu Pondok Pesantren Askhabul Kahfi ini telah menunjukan bahwa perkembangannya sangat pesat dengan santri yang dimilikinya cukup banyak yaitu kurang lebihnya 900 santri baik itu untuk santri putra ataupun untuk santri putri. Selain itu juga di Pondok Pesantren Askhabul Kahfi terdapat pendidikan formal dan juga pendidikan non formal. 

10. Pondok Pesantren Assalam

Pondok Pesantren Assalam adalah salah satu pondok pesantren yang memiliki luas hampir 2.845 m. Pondok Pesantren Assalam ini berdiri pada tanggal 7 agustus 1982 M atau 17 Syawal 1402 didalam kalender hijriyah tersebut.

Pondok Pesantren Assalam ini terletak di Sukoharjo Surakarta dan Pondok Pesantren Assalam adalah salah satu pondok pesantren terbaik di Solo. Masyarakat sekita dan kebanyakan orang sering menyebut pondok pesantren ini sebagai PPMI. Pondok Pesantren Assalam ini didirikan oleh H. Abdullah Marzuki dan Siti Aminah. 

11. Pondok Pesantren Darul Qiyam Gontor 6

Pondok Pesantren Darul Qiyam Gontor 6 adalah salah satu pondok pesantren yang terbaik yang ada di Jawa Tengah, yang telah didirkan oleh Hj. Qoyyumi Kafrawi. Pondok Pesantren Darul Qiyam Gontor 6 adalah salah satu cabang dari pondok pesantren Modern Darussalam Gontor yang terletak di Dusun Gadingsari, Desa Mangunsari, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Pondok Pesantren Darul Qiyam Gontor 6 adalah salah satu pondok yang sama dengan pondok yang lainnya, yaitu selain mempelajri tentang pendidikan agama islam pondok pesantren ini juga mempelajari tentang pendidikan formal.

Sehingga dengan begitu santri dapat mengembangkan kemampuan yang telah dimilikinya tersebut agar dapat mejadi santri dengan lulusan terbaik dan dapat melanjutkan di jenjang selanjutnya, yaitu menjadi seorang pengurus atau yang lainnya. 

12. Pondok Pesantren Al- Muayyad

Pondok Pesantren Al- Muayyad merupakan salah satu pondok pesantren terbaik yang ada di Jawa Tengah dengan urutan ke tiga. Pondok Pesantren Al- Muayyad ini memiliki bangunan yang sangat bagus dan juga megah. Pondok Pesantren Al- Muayyad ini berdiri pada tahun 1937 dan didirikan oleh K.h Abdul Manan bersama dengan K.H Ahmad Shofawi dan juga dengan seorang profesor yaitu Prof. K. H. Moh Adnan.

Pondok Pesantren Al- Muayyad ini terletak di jalan K. H Samanhudi No.64 Purwosari, Laweyan. Kota Surakarta, Jawa Tengah. Pondok Pesantren Al- Muayyad ini tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam saja, namun juga pendidikan formal yaitu untuk jenjang MA, SMP, SMA, MDW, MDM Dan juga ada Tahfidzul Qur’an dan mempelajari tentang kitab- kitab Salaf. Maka dari itu Manfaat dari pondok pesantren memang sangat banyak.

13. Pesantren Mahasiswa Sultan Agung

Info pondok pesantren mahasiswa terbaik di Indonesia khususnya yang menjadi bagus di Kota Semarang ialah Pesantren Mahasiswa Sultan Agung dimana alamatnya sendiri berada di Jalan Kaligawe Raya No.KM, Terboyo Kulon, Kec. Genuk, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Untuk biaya sekaligus jurusan yang ada di kampus ini sepenuhnya bisa meliahat postingan media sosial Instagram dengan username @pesanmasa_unissula.

Nah, itulah tadi daftar-daftar mengenai nama-nama pondok pesantren di Provinsi Jawa Tengah baik yang sistem pendidikan morden ataupun pendidikan salafiah. Semoga melalui artikel ini memberikan informasi kepada segenap pembaca.

4 komentar untuk "13+ Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Tengah Modern/Salafiyah yang Menjadi Pilihan"

Anonim 14 Juni 2022 pukul 18.10 Hapus Komentar
jangan ragu2 ayo masukkan putra putri kita ke pondok pesantren yg bagus yg tdk brpaham wahabi
Anonim 27 September 2022 pukul 18.47 Hapus Komentar
Kami menawarkan tnh untuk di jual,bagus buat pendidikan agama Islam dgn kisaran luas 1 hktr lksi di jln Wonosobo Purworejo,lksi xkajar,pgr jln raya

NEWNORMAL 31 Oktober 2022 pukul 19.24 Hapus Komentar
Di daerah AJibarang , Banyumas juga ada Pesantren Al Azhary yang didirikan oleh KH. Slamet Efendi Yusuf ( Almarhum. ) coba disini infonya mamodernalazhary.sch.id
MA Modern Al Azhary 31 Oktober 2022 pukul 19.28 Hapus Komentar
Ayo yang mau mempesatrenkan putra putrinya bisa di Pesantren Al Azhary Ajibarang, dilengkapi dengan jenjang pendidikan MTS, dan MA (Madrasah Aliyah), info lebih lanjut bisa ke websitenya MA Modern Alazhary Ajibarang