Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Putri Terbaik di Jawa Timur

Pondok Pesantren Putri di Jawa Timuri

Jawa Timur adalah salah satu Provinsi yang ada di Pulau Jawa dan memiliki daerah yang luas. Provinsi Jawa Timur juga dihuni oleh beberapa suku diantaranya yaitu suku Jawa, suku Madura, orang Tionghoa Indonesia, dan lain-lain. 

Disisi lainnya, selain memiliki sejumlah pondok pesantren tertua di Indonesia dan juga pondok pesantren terbesar di Indonesia dalam wilayah ini juga terdapat pesantren yang khusus untuk satriawati atau santri putri.

Pesantren Putri di Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur juga memiliki lembaga pendidikan non formal seperti pondok pesantren. Salah satu ponpesnya yaitu pondok pesantren putri yang para santrinya hanya dikhususnya untuk para perempuan. 

Daftar Nama Pondok Pesantren Putri di Jawa Timur

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren di Jawa Timur, khusus untuk puti adalah: 

1. Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al Fattah 

Daftar pertama pondok pesantren putri yang ada di Jawa Timur adalah ponpes Tahfidz Putri Al Fattah yang jumlah santrinya lebih dari 1000 orang. Salah satu ciri khas dari pondok pesantren ini yaitu disaat bulan ramadhan, shalat taraweh bisa dilakukan sangat lama karena bacaan surat bisa mulai 5 juz hingga 30 juz. 

2. Pondok Pesantren Tahfidz Putri Darul Madinah Hidayatullah 

Pondok pesantren Tahfidz Putri Darul Madinah Hidayatullah berlokasi di Madiun. Setiap angkatan pesantren di Madiun yang fokusnya pada hal Tahfidz ini bisa menampung sekitar 100 orang santri. Sedangkan jenjang pendidikannya yaitu pesantren SMP dan pesantren SMA

3. Luqman al Hakim Islamic International Boarding School Lawang Malang (LH IIBS) 

LH IIBS Lawang ini adalah sekolah islam dari cabang Luqman al Hakim Boarding School Hidayatullah di Surabaya.

Sekolah Islami ini hanya dikhususkan untuk putri saja. Selain itu pesantren di Surabaya dengan konsep pendidikan modern putri ini juga akan menambah jumlah SMP SMA boarding school di Malang. Pendidikan yang difokuskan pada luqman al hakim islamic international boarding school lawang malang adalah tahfidz Quran dengan basis pendidikan Internasional School.

4. Pondok Pesantren Tahfidz putri Al Ikhlas Mantren Magetan

Pondok pesantren tahfidz putri ini berada di tengah Desa Mantren. Umumnya pesantren-pesantren yang ada di Jawa Timur lebih dikenal dengan nama desanya, sehingga nama pondok pesantrennya pun akan ada nama desa yang menjadi lokasi pondok.

Kemudian pondok pesantren di Magetan, khususnya Tahfidz  Al Ikhlas ini mulai didirikan tahun 1995 dan sekitar tahun 2010 baru menerima santri tahfidz. 

5. Pondok Pesantren Tahfidz Putri Darul Hikam Mojokerto

Pesantren Darul Hikam Mojokerto merupakan ponpes yang mempunyai segudang prestasi salah satu diantaranya yaitu juara robotic di Osaka Jepang, dan juara tiga olimpiade sains nasional di tahun 2016. Selain itu fasilitas yang ada di pesantren ini juga sangat memberikan kenyamanan bagi para santrinya. Hal ini dibuktikan dengan asrama pondok yang memiliki kamar lumayan besar, bahkan 1 kamar dapat diisi oleh 20 orang. 

6. Pondok Pesantren Modern Darusslam Gontor Putri 

Pondok pesantren yang satu ini merupakan salah satu kampus dari ponpes modern darussalam gontor putri mantingan yang ada di daerah Ngawi. Pesantren ini didirikan pada tahun 2007. 

7. Pondok Pesantren Darul Hikam

Pondok pesantren Darul Hikam Mojokerto didirikan sejak tahun 2003. Lokasi pondok pesantren Darul Hikam yaitu berada di Tambaksuruh, Puri, Mojokerto. Selain itu, pondok pesantren ini juga masih memiliki nuansa pendidikan formal yang cukup kental. Apabila ponpes – ponpes modern yang lainnya memiliki kurikulum sendiri, justru pesantren ini tetap mempertahankan pendidikan SMP dan SMA. 

8. Pondok Pesantren Al Mawaddah Coper, Ponorogo

Pondok pesantren Al Mawaddah Coper, Ponorogo juga termasuk pondok pesantren putri yang ada di Jawa Timur. Sistem pendidikan pada ponpes ini sangat mirip dengan sistem pendidikan Gontor, hal ini karena salah satu pimpinannya juga pimpinan Gontor. Kemudian untuk kurikulum yang digunakan ialah Depag, MTS dan MA, perpaduan dengan Diknas untuk SMK. 

9. Pondok Pesantren Muallimat Walisongo

Daftar pesantren putri di Jawa Timur yang berikutnya adalah pesantren Muallimat Walisongo. Pesantren ini menjadi salah satu ponpes terbaik yang ada di Jawa Timur dengan menerapkan pola pendidikan salaf dan penekanan pada quran serta hadist.   

10. Pondok Pesantren Putri Al Khoirot 

Terakhir yaitu ada pondok pesantren Putri Al Khoirot yang beralamat di Jl. Kyai H. Zuhud Jayadi, Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Kec. Pagelaran, Malang, Jawa Timur. Sistem pendidikan pada pondok pesantren Putri Al Khoirot yaitu sistem salaf dan modern yang dikhususkan untuk putri saja. Bahkan seluruh tenaga kerjanya juga perempuan.

Ponpes ini juga memiliki beberapa lembaga pendidikan meliputi pendidikan formal MTS dan MA, serta madrasah diniyah, tahfidz quran, pengajian kitab kuning, program santri kilat, program santri dewasa, dan lain-lain.

Hanya itu saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren khusus Putri yang ada di wilayah Jawa Timur. Semoga bisa bermanfaat untuk semuanya.

1 komentar untuk "10+ Pesantren Putri Terbaik di Jawa Timur"

Anonim 7 Juli 2023 pukul 20.20 Hapus Komentar
Maaf yg no 1 itu alamat pondoknya dimana nggeg