Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Tertua di Pulau Jawa

 

Daftar Nama Pondok Pesantren Tertua di Jawa

Pondok pesantren adalah dua kata yang memiliki dua pengertian yaitu pondok sebagai rumah atau tempat tinggal, sedangkan pesantren ialah tempat belajar para snatri. Sehingga apabila digabungkan menjadi satu yang dimaksud dengan pondok pesantren adalah tempat belajar dimana para santrinya tinggal bersama di sekolah tersebut dengan bimbingan para guru maupun kyai. 

Pondok pesantren terbesar yang ada di Indonesia awalnya merupakan ponpes yang begitu tadisional, hingga pada akhirnya dengan perkembangan zaman pesantren menjadi lebih modern dan dapat mengikuti perkembangan zaman dengan tetap mempertahankan nilai-nilai keagamaan yang baik. Perkembangan pesantren yang dapat menjadi contoh salah satunya ialah pesantren yang ada di Pulau Jawa.  

Pesantren Tertua di Jawa

Pulau Jawa merupakan salah satu Pulau yang memiliki banyak pondok pesantren. Ponpes yang ada di Pulau Jawa tidak terlepas dari peran wali songo yang sekaligus pada waktu itu mendirikan masjid untuk kegiatan kajian keislaman. 

Daftar Pondok Pesantren Tertua di Pulau Jawa

Daftar pondok pesantren tertua yang ada di Indonesia, khsusnya di Pulau Jawa antara lain adalah sebagai berikut ini;

1. Pondok Pesantren Tebuireng

Daftar pertama pondok pesantren tertua yang ada di Pulau Jawa adalah pondok pesantren Tebuireng. Pesantren yang satu ini lokasinya berada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Adapun sosok tokoh pesantren yang menjadi pemimpin di Indonesia sendiri, yaitu Gus Dur sebagai presiden Indonesia ke-4.

2. Pondok Pesantren Girikusumo

Kedua yaitu ada pondok pesantren Girikusumo yang lokasinya berada di Banyumeneng, Mranggen, Demak, Jawa Tengah. Adapun untuk usia pondok pesantren di Kabupaten Demak, yaitu PonPes Girikususmo yaitu telah mencapai 152 tahun. 

3. Pondok Pesantren Langitan

Ketiga yang menjadi pondok pesantren tertua di Jawa ada pondok pesantren di Tuban, yaitu PonPes Langitan yang didirikan pada tahun 1852 dan beralamat di dusun Mandungan, Desa Widang, Kecamatan Widang, Provinsi Jawa Timur.

4. Pondok Pesantren Jamsaren

Pondok pesantren Jamsaren merupakan pesantren yang ada di Kota Solo, Jawa Tengah. Tahun berdirinya pondok pesantren di Solo, yaitu PonPes Jamsaren yaitu pada tahun 1750.

5. Pondok Pesantren Al-Mujahid Al-Alawiyin 

Lokasi pondok pesantren Al-Mujahid Al-Alawiyin yaitu berada di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Pesantren yang di Cianjur ini tepatnya telah didirikan pada tahun 1760.

6. Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu

Pondok pesantren AL-Kahfi Somalangu juga termasuk ponps tertua yang ada di Pulau Jawa. Keberadaannya berada di Desa Sumberadi, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pesantren di Kebumen ini didirikan oleh Sayid Muhammad Ishom Al-Hasani pada tahun 1475 masehi. 

7. Pondok Pesantren Sidogiri

Pondok pesantren Sidogiri didirikan pada tahun 1718 oleh Sayyid Sulaiman. Keberadaan pondok pesantren ini yaitu berada di Cirebon Jawa Barat. 

8. Pondok Pesantren Miftahul Huda

Selanjutnya yaitu ada pondok pesantren Miftahul Huda yang didirikan oleh KH Hasan Munadi pada tahun 1768. Pesantren yang satu ini juga memiliki nama panggilan lainnya yaitu pesantren Gading, karena letaknya berada di kelurahan Gading Kasri, kecamatan Klojen, Malang.  

9. Pondok Pesantren Tremas 

Tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren ini yaitu bernama KH Abdul Manan. Sedangkan keberadaan pondok berada di Pacitan.  

10. Pondok Pesantren Sukamiskin

Daftar pondok pesantren tertua yang terakhir yaitu ada pondok pesantren Sukamiskin yang didirikan pada tahun 1881. Tokoh yang mendirikan pesantren ini bernama KH Raden Muhammad bin Alqo. Selain itu lokasi pesantren Sukamiskin yaitu berada di Bandung, Jawa Barat.

Nah, itulah saja daftar informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren tertua yang ada di wilayah Pulau Jawa beserta tahun berdirinya. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Tertua di Pulau Jawa"