Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14+ Pondok Pesantren Terbaik di Provinsi Kalimantan Timur

Pondok Pesantren di Kalimantan Timur

Selain terkenal dengan Universitas Mulawarman yang merupakan universitas terbesar di wilayah tersebut, Provinsi Kalimantan Timur juga memiliki banyak pondok-pondok pesantren yang besar sekaligus tersebar di berbagai daerah.

Oleh karena itulah, maka berikut ini akan dibahas daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kalimantan Timur.

Pondok Pesantren di Kalimantan Selatan

Pesantren di wilayah ini tersebar seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Timur. Sekitar 160 pondok pesantren berdiri di Kalimantan Tengah. Wilayah Samarinda menjadi kota yang memiliki pondok pesantren dengan jumlah 34 pondok pesantren. 

Dengan kualitas yang bagus, banyak para orang tua yang ingin mendidik anaknya di pondok pesantren di Kaliamantan Tengah. Pada tahun 2019, tercatat jumlah santri dari seluruh pondok pesantren sebanyak 24 ribu. 

Hal tersebut tentu menjadi bukti kemajuan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan agama bagi anaknya. Buat kalian yang ingin mengetahui beberapa pondok pesantren yang ada di wilayah Kalimantan Timur, simak artikel berikut hingga akhir. 

Daftar Pondok Pesantren di Kalimantan Timur

Beberapa daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Kalimantan Timur antara lain: 

1. Pondok Pesantren Baron

Pondok Pesantren ini berlokasi di Desa Karang Mulya, Kecamatn Pangkalan Banteng, Kab. Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Pesantren ini menyediakan program pendidikan Play ground dan TK Villa Quran, SD Villa Quran, SMP, SMA, dan pasca SMA. 

Pondok pesesantren di Kotawaringin Barat ini memiliki tiga program unggulan yaitu The winner, moslem scholar, dan program enterpreneur. Program the winner diarahkan untuk program akselerasi, program sekolah muslim terfokus pada tahfidzul quran dan penguasaan tsaqafah islam yang mendalam, serta program enterpreneur diwujudkan dengan pembekalan skill enterpreneur. 

2. Pondok Pesantren Al Mujahidin 

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Soekarno Hatta, Karang joang, Balikpapan Utara, Balikpapan, Kalimantan Timur. Pesantren ini memiliki 2 jenjang pendidikan yaitu SMPM 3 Al Mujahidin, dan SMAM 2 Al Mujahidin. Keduanya sudah terakreditasi A. 

Program pengembangan atau ekstrakurikuler yang disediakan pondok pesantren di wilayah Balikpapan pun beragam, diantaranya kepanduan hizbul wathan, seni tari, kelas khusus tahfidz, dan juga bela diri tapak suci. Pesantren ini menjadi salah satu pesantren palig diminati oleh masyarakat di kalimantan tengah karena prestasinya. 

3. Pondok Pesantren Syabilarrasyad

Pondok pesantren ini berokasi di Jl. Pusaka loa bahu, kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Berbagai kegiatan rutin sering diadakan di pesantren ini, seperti kegiatan taqsimul mufridat pada setiap ba’da subuh, Muhadarah, dan kegiatan keagamaan maupun nonkeagmaan lainnya. 

Pondok pesantren di Samarinda ini termasuk jenis pondok salafiyah yang mengkaji kitab kuning yang terdiri dari pemelajaran fiqih, tauhid, sharf, nahwu, tamrin, muthalahaa, serta insya. Kegiatan belajar juga sudah menggunakan bahasa Arab pada umumnya. 

4. Pondok Pesantren Nabil Husain 

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Rapak Indah, Samarinda, Kalimantan Timur. Pesantren ini menyediakan jenjang pendidikan formal berupa SMP, MTS, SMA, dan SMK. Untuk jenjang SMP dan SMA saat ini sudah terakreditasi A. sedangkan untuk jenjang MTs dan SMK saat ini sudah terakreditasi B. 

Hal tersebut tentunya dapat menjadi pembuktian bahwa pondok pesantren ini memang menjadi salah satu pondok terbaik di wilayah ini. Santri di pondok pesantren ini juga berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Penggunaan kurikulum berupa kurikulum modern dan kurikulum pesantren juga menjadi daya tarik tersendiri. 

5. Pondok Pesantren Hidayatullah

Pondok pesantren ini berolokasi di Jl. Imam Bonjol, No. 65, Bontang Utara, Kalimantan Timur. Program pendidikan formal yang tersedia berupa PAUD, MI, SMP, dan SMA. Program unggulan di pondok pesanten ini berupa program Tahfidz. 

Pendidikan di pondok pesantren ini berbasis pendidikan tauhid. Berdiri pada tahun 1982 pesantren ini saat ini menjadi salah stau pesantren yang terkenal di wilayah Kalimantan Timur. 

6. Pondok Pesantren Trubusiman

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Salak pondoh, Padang Pengrapat, Tanah Grogot, Kab. Paser, Kalimantan timur. Pesantren trubusiman menyediakan program pendidikan formal MI, MTs, dan MA dengan penggunaan kurikulum berupa kurikulum departemen agama, kurikulum dari Mu’allmat Al Islamiyah, serta kurikulum Tahfidz Al Quran. 

Dengan konsep pondok modern, pondok pesantren di Paser mempunyai nilai dan falsafal pendidikan berupa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah islamiyah, serta kebebasan. 

7. Pondok Pesantren Ibadurrahman

Pondok pesantren Ibadurrahman atu sering dikenal dengan PMI (pondok modern ibadurrahman) ini berlokasi di KH. A. Tsani Karim, Tenggarong sebrang, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.  Pesantren di Kutai Kertanegara ini memiliki tiga jenjang pendidikan formal yaitu MTs, MA, KMI. 

Dengan mengedepankan tiga pilar pendidikan berupa pendidikan formal, pendidikan kekeluargaan, dan pendidikan lingkungan, pondok pesantren ini ingin menciptakan generasi cerdas dan berakhlak mulia. Hal tersebut juga dibuktikan dnegan banyaknya program pengembangan seperti life skill, olahraga, seni, dan keorganisasian. 

8. Pondok Pesantren Al Falah

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Wanyi Dalam, Sempaja Utara, Samarinda, Kalimantan Timur. Pondok ini masih terbilang cukup baru karena baru berdiri pada tahun 2008. Meskipun begitu, pengembangan fasilitas di pondok ini terus mengalami perkembangan. Hampir sama dengan pesantren-pesantren lain, program unggulan yang disediakan berupa tahfidzul Quran. Tidak jarang, kegiatan wisuda tahfidz Quran dihadiri oleh gubernur/wakil guernur Kalimantan Timur.

9. Pondok Pesantren Darul Hanan

Pondok pesantre ini berlokasi di Jl. Kurnia makmur, kel. Harapan Baru, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Program unggulan dari pesantren ini berupa bahasa arab, tahfidz min. 5 juz, serta hafalan matam ilmiyah. 

Kurikulum yang digunakan berupa kurikulum dari Saudi Arabia dan kurikulum K-13. Penerimaan santri di pondok pesantren ini memang cukup terbatas yaitu 10 putra dan 10 putri. Hal tersebut tentu akan memudahkan santri untuk belajar lebih kondusif. 

10. Pondok Pesantren Al Kautsar

Pondok pesantren AL Kautsar berlokasi di Melayu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pesantren ini cukup terkenal di wilayah Kalimantan Timur. Untuk jenjang MTs bahkan sudah terakreditasi A. Dengan jumlah tenaga pengajar yang memadai, pondok pesantren ini bisa menjadi salah satu pilihan menjadi tempat menuntut ilmu agama. 

11. Pondok Pesantren Nahdlatut Wathan

Pondok pesantren ini berlokasi di Desa Bangunrejo, Kec. Tenggarong seberang, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pesantren ini menyediakan program pendidikan formal dari TK hingga SA. 

Berbagai program pengembangan tersedia seprti rabbani Qassidah, Ngaji kitab kuning, drumb band, karate, dan seni tari. Untuk kegiatan keagamaan hampir sama dengan pesantren-pesantren pada umumnya. 

12. Pondok Pesantren Assalam Arya Kemuning

Pondok Pesantren ini berlokasi di Simpang Raya, Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Lembaga pendidikan yang tersedia berupa TPQ, PG dan TK, SD, Madin, MI, MTs, MA, serta Kader muslim. 

Pondok ini memiliki banyak sekali program pengembangan dari mulai keagamaan, seni, olahraga, hingga ketrampilan. Salah satu yang menarik ialah pondok pesantren ini menyediakan program pengembangan perkebunan serta tataa boga dan menjahit. 

13. Pondok Pesantren Al Izzah

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Sei Wain, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pesantren yang didirikan pada tahun 2002 ini dikhususkan untuk pesantren mahasiswa karena lokasinya yang terletak dengan Institut Teknologi Kalimantan. 

Selain mengembangkan ilmu agama, pondok pesantren ini juga turut mengembangkan ilmu ekonomi bagi mahasiswa. Salah staunya adalah dengan mendirikan lembaga mandiri yang mengakar di masyarakat (LM3).

Pembelajaran islami menggunakan sistem salafyah dengan pengajaran kitab-kitab aqidah ahlusunnah wal jama’ah, fikih bermahzab, dan tasawuf yang khas NU.

14. Pondo Pesantren Subulus Salam

Pondok pesantren ini berlokas di Jl. Subulussalam, kel. Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pondok pesantren ini terkenal sebagai “rumah tahfidz” bagi para kader-kader penghafal Al Quran yang handal. 

Pesantren ini bertipe salafiyah dengan pengajaran berupa akidah, fiqih, serta tasawuf. Kitab yang diajarkan berupa durusul aqidah ad-dinniyah, aqidatul waam, kifayatul awam, dan lain sebagainya. 

Nah, demikinalah informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Semoga saja bisa berguna bagi kalia semuanya.

Posting Komentar untuk "14+ Pondok Pesantren Terbaik di Provinsi Kalimantan Timur"