Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Bangka Belitung

Nama Pondok Pesantren di Bangka Belitung

Provinsi yang terdiri dari dua wilayah utama yaitu Bangka dan Belitung ini memiliki berbagai tempat untuk menimba ilmu agama Islam, salah staunya dengan tersedianya pondok-pondok pesantren di wilayah Sumatra, khususnya Provinsi Bangka Belitung.

Tentusaja hal ini menjadi salah satu solusi bagi setiap umat Islam di daerah tersebut dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya.

Pesantren di Bangka Belitung

Provinsi Kapulauan Bangka Belitung memiliki berbagai pondok pesantren yang tersebar di seluruh wilayah. Seluruh kabupaten di wilayah ini memiliki pondok pesantren yang santrinya tidak hanya berasal dari wilayah ini saja, tetapi juga dari berbagai wilayah lain di luar Bangka Belitung. 

Daftar Pesantren di Bangka Belitung

Beberapa pondok pesantren berdiri di wilayah pangkal pinang, bangka, bangka tengah, belitung, bangka selatan, hingga wilaya bangka barat. Daftar pondok pesantren tersebut, yakni;

1. At Toybah

Pondok pesantren yang akan pertama adalah pondok pesantren at Toybah. Pesantren ini berdiri pada tahun 2014 di Dusun Balun Ijuk, Kab. Bangka. Meskipun baru tujuh tahun berdiri, pesantren ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dari berbagai bidang mulai dari kemampuan santr hingga fasilitas pesantren. 

Tidak hanya pelajaran agama islam, pesantren ini juga mengajarkan tentang ilmu pengetahuan umum, sehingga para santri menguasai berbagai bidang. Meskipun begitu fokus utama tetap pada ajaran agama islam. 

2. Darul Fatah

Selanjutnya ada pondok pesantren terbaik di Kota Pangkal Pinang bernama Darul Falah yang terletak di Bukit Merapin, Gerunggang Pesantren yang berdiri pada tahun 2009  ini dipimpin oleh Ustadz Khusnul Anam, Lc. Pesantren ini terfokus pada Dienul Islam (keimanan dan ketakwaan kepada Allah) dan pendidikan tahfidz Quran pada jenjang Sekolah Dasar. 

Ponpes ini memiliki 18 pengajar dengan jumlah siswa lebih dari 100 orang. Saat ini sekolah atau pesantren ini sudah terakreditasi C.

Pesantren ini memiliki lokasi yang dekat dengan berbagai tempat rekreasi edukatif seperti museum, cagar budaya, taman budaya, dan juga sanggar. Lokasi strategis tersebut akan membantu anak-anak untuk belajar tentang kebudaayan dengan tetap mengutamakan pendidikan agama islam.  

3. Hidayatussalikin 

Pondok pesantren ini beralamat di Air Itam, Bukit Intan, kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka. Pesantren ini dipimpin oleh KH A Ja'far Shidiq. Saat ini pesantren ini sudah memiliki lebih dari 500 santri dari berbagai wilayah di Indonesia dari yang awalnya hanya 12 santri pada awal pendriannya. 

Berbagai prestasi banyak diraih oleh para santri di pesantren ini, diantaranya melaksanakan program tahfidz quran di turki dan berbagai beasiswa di berbagai wilayah, salah satunya adalah di Jawa Timur. Berbagai kegiatan besar kerap kali dilaksanakan pada pesantren ini seperti upacara memperingati hari santri nasional, dan kegiatan peringatan agama lainnya. 

Selain memperdalam ilmu agama, para santri di pesantren ini juga diajarkan berbagai ilmu pengetahuan umum. Salah satunya adalah ilmu enterpreneur. Para santri dari pesantren ini berhasil membuat oalhan mie berbahan dasar sagu.

4. Darussalam

Ponpes ini berlokasi di Jl. A. Yani, Batin Tikal, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Ponpes ini masih terbilang baru karena baru berdiri pada tahun 2019. Meskipun terbilang baru, ponpes ini sudah memiliki banyak santri. Ponpes ini menekankan pada pendidikan agama dengan program Tahfidz Quran. Sebanyak 28 orang dari tingkat MTs dan MA sedang menimba ilmu agama program tahfidz di ponpes ini.

Ponpes ini diperuntukan bagi siapa saja yang ingin menimba ilmu pendidikan agama islam. Biaya pendidikannya pun sangat terjangkau. Untuk anak yatim piatu, pondok ini tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis. Saat ini ponpes ini sedang membangun sekolah formal untuk SMP IT Pondok Tahfidz Quran. 

5. Miftahul Ulum

Pondok pesantrenyang menyelenggarakan pendidikan Diniyah Awaliyah, Taman Pendidikan Al Quran, dan Program pendidikan kesetaraan 5 tahun  ini terletak di Dusun Tiang Pulut Desa Cit, Riau Silip, Sri Menanti, Sungai Liat, Kabupaten Bangka. 

Pondok pesantren ini adalah salah satu pondok swasta yang ada di wilayah Bangka Belitung. Ponpes ini Meyelenggarakan Kitab Kuning dan Satuan Pendidikan. Selain ilmu unggulan dalam bidang agama seperti aqidah/tauhid, ponpes ini juga memiliki potensi unggulan ekonomi yaitu maritim dan perikanan. 

Saat ini santri di ponpes Miftahul Ulum sudah lebih dari 200 santri. 

6. Daarul Abror 

Ponpes ini beralamat di Mendo Bar, Kace, Mendo Bar, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Ponpes yang berada di bawah naungan yayasan Islam Bumi Serumpun Sebalai ini memiliki visi terciptanya kader ulama amilin yang berkualitas, dan memiliki pemahaman islam yang Kaffah serta memahami IPTEK. 

Selain mendalami pendidikan agama islam, ponpes ini juga menyelenggarakan berbagai kegiatan dan pengajaran ilmu-ilmu umum seperti sekolah alam. Ponpes ini memiliki misi untuk menyiapkan generasi pewaris nabi yang siap untuk menyebarkan islam di tengah-tengah masyarakat. 

Ponpes ini menyediakan tahapan pendidikan selama 6 tahun, yaitu 3 tahun untuk jenjang SMP IT dan 3 tahun untuk jenjang MA terstruktur. Kegiatan di ponpes ini dilakukan pembinaan selama 24 jam. Kegiatan yang dilakukan seperti Mufrodhat, Halaqoh Quran, Muhadatsah, mentoring, kursus, olahraga, seni bela diri, pramuka, out bound, kuliah jumat dan lain sebagianya. 

7. Nurul Falah

Ponpes ini beralamat di Jalan Raya Pangkol RT 08 Desa Airmesu Timur Kecamatan Pangkalanbaru Babupaten Bangka Belitung. Ponpes dengan visi terwujudnya lembaga yang dapat melahirkan insan pembawa rahmat bagi umat dengan kecerdasa intelektual, emosiaonal, dan juga spiritual ini memiliki 10 program inti yang disebut sebagai prgram jati diri. 

Progra tersebut diantaranya dengan memiliki aqidah yang baik sesuai dengan Al Quran dan As Sunnah, tunduk dan takut hanya kepada Allah dan Rasul-Nya. Memfigurkan diri sebagai Uswah Khasanahyang bertumpu pada akhlak, kerendahan hati, sabar, dan rasa syukur, meiliki motivasi dan kreasi dalam dunia kerja, tegas berjihad memerangi hawa nafsu, dan lain sebagainya. 

Terdapat beberapa program pendidikan formal dan non-formal. Pada pendidikan formal terdapat MTS dan MA. Sedangkan dalam pendidikan nonformal terdiri dari program penyetaraan paket A, B, dan C, Madrasah Diniyah, Taman Pndidikan Al Quran (TPQ), lembaga pelatihan dan khusus (LPK) dan juga program pendidikan khusus. 

8. Al Muhajirin 

Ponpes ini beralamat di Jl. Pesantren RT 09 Kel. Simpang Perlang, Kec. Koba, Kab, Simpang Perlang, Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Ponpes ini merupakan salah satu pondok pesantren ddi wilayah bangka belitung yang menyediakan tingkat pendidikan dari lengkap mulai dari Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ubtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), Salfiah, Tahfiz Al Quran, hingga Ustadz dan Ustadzah. 

Saat ini, pondok pesantren terbaik di Bangka Tengah ini memiliki sekitar 1400 santri yang berasal dari berbagai wilayah di Bangka belitung. Dengan jumlah ustadz/ustadzah lebih dari 70, memiliki program-program pendidikan yang mumpuni khususnya dalam bidang agama. Salah satu prgram yang menjadi sorotan adalah program gerakan madrasah literasi (GEMLI) selain memperdalam ilmu agama, ilmu-ilmu umum juga dipelajari dengan meningkatkan budaya literasi para sasntri. 

9. At Takwa 

Pondok pesantren ini beralamat di Jl. Air Ketekok Gg. Pinang No.Kec, Air Merbau, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Pondok pesantren ini mulai dirintis sejak tahun 1994 dengan menyediakan jenjang pendidikan formal berupa Madrasah Tsanawiyah (MTs). 

Meskipun tidak memiliki cukup banyak santri yaitu sekitar 30 santri, pondok pesantren terbaik di Kabupaten Belitung ini terus mencanangkan program pembangunan pesantren mulai dari program pendidikan hingga pembanguanan infrastruktur. Jumlah pengajar disini juga  cukup memadai yaitu sekitar 17 ustad/ustadzah. 

10. Ilzamul Maju Bahrin

Ponpes ini beralamat di Kimak, Merawang, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Dengan visi mewujudkan lembaga santri yang terpadu dan dan mencetak para dai yang alim bidnihi, amilam bilmihi, arif biasrihi, dan mudjahidan bitakhasusi mencanangkan program belajar sembilan tahun dengan menyediakan tiga jenjang pendidikan formal dan empat pendidikan nonformal. 

Untuk pengembangan diri santri, ponpes ini meneydiakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti kajian kitab kuning, hilzul Quran, percakapan bahasa arab, dan lain sebaainya. Selain ekstrakurikuler bersifat agamis, tersedia juga ekstrakurikuler umum seperti badminton, bola voley, bela diri, dan lain sebagainya. 

11. Al Hidayah 

Ponpes ini beralamat di L.. Gadung Toboali, Toboali, Gadung, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Ponpes ini merupakan pondok pesantren tertua di wilayah bangka belitung. 

Pondok pesantren terbaik di Bangka Selatan ini menyediakan dua program pendidikan formal yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Ponpes ini memiliki prinsip tidak membatasi jumlah sanntri yang ingin belajar di ponpes tersebut tetapi lebih mengedepankan seberapa banyak santri yang bisa diurus dengan mengedepankan prinsip kualitas dibanding kuantitas. 

12. Darul Hikmah

Ponpes ini terletak di Jln. Pesantren RT 06/02 Desa, Batu Betumpang, Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Ponpes ini banyak melahirkan santri-santri yang ememiliki prestasi baik dari bidang agama maupun bidang pengetahuan umum. 

Salah satu prestasi pada bidang agama adalah keberhasilan mendidik santri hingga berhasil menjuarai lomba pidato bahasa arab pada PORSADIN nasional. Dalam bidang ilmu pengetahuan, banyak santri-santri yang berhasil menjuarai berbagai perlombaan dan ajang PORSEDA se kabupaten bangka belitung mulia dari pidato, kaligrafi, hingga bidang olahraga. 

13. Miftahul Jannah 

Ponpes yang beralamat di JL. Pelabuhan Sadai, Toboali, Gadung, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung ini menjadi salah satu ponpes di Bangka Barat yang sudah terdaftar di kemenag. 

Pondok pesantren terbaik di Bangka Barat ini sendiri dipipin oleh Ust. Iskandar dengan jumlah santri lebih dari 200 santri dengan jumlah tenaga pengajar lebih dri 15 guru. Ponpes ini meneydiaka program pendidikan Madrasah Aliyah (MA)

14. Nurul Ihsan 

Ponpes ini beralamat di Kecamatan merawang kabupaten bangka dengan pendirinya yaitu ucu Suparta, Ir. H. Saat ini, pondok pesantren ini dipimpin oleh KH. Muhammad Agus. Sistem pembelajaran di ponpes ini mengikuti kurikulum dari kemenag yang berlaku. Selain pembelajaran formal, ponpes ini menyediakan pula kegiatan di luar pembelejaran seperti ekstrakurikuler berupa karakte, futsal, grup belajar, dan lain sebagainya. 

Untuk menunjang pembelajaran, pondok pesantren terbaik di Kabupaten Bangka ini ini menyediakan berbagai fasilitas belajar yang nyaman seperti ruang kelas yang emmadai, masjid, laboratorium, perpustakaan, lapanagan olahraga, dan lain sebagainya. 

15. PMS Daarul Arofah, Belitung

Ponpes ini beralamat di L. Tanjung Tinggi, Ds. Keciput Sijuk, Buluh Tumbang, Tj. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Ponpes dengan pola kobinasi tradisional dan modern ini memiliki program pendidkan yang terpadu dengan mengkombinasikan dengan pengajaran dan ihya Al-Quran. 

Sistem pendidikan di ponpes ini menggunakan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren dengan tetap mempertahankan tradisi-tradisi salaf dan kitab kuning. Dengan menyediakan tiga jenjang pendidikan frmal (Madrasah Diniyah, Mts, dan MA) pondok ini memiliki tujuan untuk membina, membantu, dan menciptaka generasi muda islam yang kuat, berilmu, dan berakhlak mulia.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Provinsi Bangka Belitung, Pulau Sumatera. Semoga saja bisa berguna.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Bangka Belitung"