Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pondok Pesantren Terfavorit di Indonesia yang Harus Diketahui

Nama Pondok Pesantren Terfavorit di Indonesia

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan agama islam yang saat ini popularitasnya semakin berkembang. Hal ini karena sistem pendidikan di pesantren yang semakin hari lebih diperbaiki dan memberikan banyak inovasi-inovasi yang baik dalam pendidikan agama islam itu sendiri.

Bahkan di Indonesia sendiri, pondok pesantren bukanlah hal asing yang pertama kali didengar oleh banyak kalangan. Namun pesantren sudah menjadi tempat menimba ilmu sejak dahulu kala. 

Pesantren Favorit di Indonesia

Banyaknya pondok pesantren terbesar yang ada di negara Indonesia inilah yang membuat beberapa masyarakat memiliki pesantren favorit yang pada akhirnya dipilih untuk menyekolahkan putra maupun putrinya.

Walaupun beberapa orang telah memiliki pondok pesantren favorit yang ada di Indonesia, namun secara keseluruhan pesantren merupakan lembaga pendidikan yang begitu baik untuk membimbing dan mendidik para santri.

Daftar Nama Pondok Pesantren Favorit di Indonesia

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren favorit yang ada di Indonesia adalah : 

1. Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan

Pondok pesantren di Pasuruan dengan nama Sidogiri adalah pesantren pertama yang paling popular, favorit dan terkenal di Indonesia.

Hal ini karena ponpes yang satu ini termasuk pesantren tertua di Indonesia dan tetap mempertahankan sistem pendidikan salaf murni serta menjadi pondok pesantren mandiri yang memiliki bidang finansial sendiri seperti lembaga keuangan bernama BMT, koperasi sidorgiri dan lain – lain.

2. Pondok Pesantren Langitan Tuban

Pondok pesantren langitan Tuban berdiri pada tahun 1852 dan termasuk ponpes yang sangat berpengaruh di daerah Surabaya ke barat seperti wilayah Kabupaten Tuban, Gresik, Lamongan, Cepu, Bojonegoro. 

elain itu sistem pendidikan di pesantren di Tuban yaitu sistem salaf yang tidak pernah diubah sama sekali semenjak dahulu kala.

3. Pondok Pesantren Modern Gontor

Pesantren modern Gontor adalah ponpes di Ponorogo ini mempelopori terbentuknya sistem pendidikan pesantren modern dengan berbagai metode pendidikan yang lebih kreatif, inovatif, dan terampil. Oleh karena itu tidak heran apabila pondok pesantren modern Gontor menjadi salah satu ponpes yang terfavorit dan diminati banyak masyarakat.

4. Pondok Pesantren Tebuireng Jombang

Pondok pesantren tebuireng Jombang didirikan pada tahun 1926. Pesantren di Kabupaten Jombang termasuk pesantren terfavorit yang ada di Indonesia karena hingga sekarang tetap eksis dengan adanya sistem pendidikan akomdatif yaitu pendidikan formal maupun pendidikan non formal.  

5. Pondok Pesantren Al Khairat Palu

Pondok pesantren Al-Khairat Palu adalah pondok pesantren yang memiliki pengaruh luar biasa di daerah luar Jawa, terutama di bagian Sulawesi dan Indonesia Timur. 

Selain itu hingga saat ini pondok pesantren di Sulawesi, dengan Nama Al-Khairat Palu juga telah memiliki beberapa cabang pesantren dengan ribuan santri yang belajar di pondok tersebut. 

6. Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Madura

Pondok pesantren yang satu ini termasuk salah satu contoh pesantren tertua yang ada di Indonesia yaitu berdiri sekitar tahun 1787. Hingga saat ini pondok pesantren Darul Ulum banyuanyar Madura telah berkembang sangat pesat dan memiliki sistem kombinasi pendidikan salaf serta modern. 

7. Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo

Pesantren yang satu ini termasuk ponpes terfavorit yang ada di Indonesia, karena memiliki sarana pendidikan formal paling lengkap mulai dari TK, pesantren SD, Pesantren SMP, Pesantren SMA hingga perguruan tinggi.

Selain itu pendidikan non formal juga ada di pondok pesantren ini, sehingga banyak masyarakat yang memiliki daya minat untuk menyekolahkan putra putrinya di pesantren nurul jadi Probolinggo. 

8. Pondok Pesantren Musthofawiyah Purba Sumut

Pesantren musthofawiyah merupakan pesantren terpopuler di Sumatera Utara dan terlah berdiri sejak tahun 1912. Selain itu jenis pesantren di Sumatra yang satu ini juga memiliki kombinasi sistem pendidikan salaf dan modern. 

9. Pondok Pesantren Buntet Cirebon

Pondok pesantren Buntet Cirebon dibangun sejak tahun 1785. Selain itu pesantren di Kabupaten Cirebon ini juga menjadi cikal bakal berdirinya pondok pesantren yang lainnya, khususnya di wilayah daerah Cirebon. 

10. Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang

Pondok pesantren Al-Khoirot Malang adalah pesantren yang didirikan pada tahun 1963. Selain itu sistem pendidikan yang ada di ponpes di Malang ini yaitu ada 4 jenis kombinasi mulai dari pendidikan formal, pendidikan madrasah diniyah, bahasa arab modern, dan pengkajian kitab kuning.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren terfavorite yang ada di Indonesia dari berbagai wilayah. Semoga saja bisa berguna bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren Terfavorit di Indonesia yang Harus Diketahui"