Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbesar di Pulau Jawa yang Harus Diketahui

Pondok Pesantren Terbesar di Jawa

Perkembangan zaman yang semakin modern seperti sekarang saat ini, tentu membuat banyak perubahan dalam berbagai bidang. Hal tersebut juga mempengaruhi proses perubahan hidup yang semakin hari menjadi lebih modern serba instan dan meniru dunia kebarat-baratan.

Sehingga agar dapat menjaga diri dari adanya dampak perubahan zaman, maka diperlukanlah pendidikan yang mampu menjaga perilaku setiap orang agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang salah. Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan agama yang baik untuk membimbing para santri agar selalu memiliki akhlak yang karimah. Sehingga prihal ini perlu diketahui mana saja pondok pesantren tertua di Pulau Jawa.

Pesantren Terbesar di Pulau Jawa

Pulau Jawa selain menjadi daerah dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia wilayah ini sejatinya juga memiliki banyak pesantren terbesar dan juga pesantren tertua. Lantaran kondisi ini tidak terlepas daripada penyebaran Agama Islam yang dilakukan oleh Walisongo.

Daftar Pondok Pesantren Terbesar di Indonesia

Daftar pondok pesantren terbesar yang ada di Indonesia antara lain ialah; 

1. Pondok Pesantren Al Mukmin (Sukoharjo, Jawa Tengah)

Pertama yaitu ada pondok pesantren Al Mukmin yang berada di Desa Cemani, Grogol. Pendirian ponpes ini dilakukan oleh enam serangkai yaitu Abdullah Sungkar, Abu Bakar Ba’asyir, Yoyok Roswadi, Abdullah Baradja, Hasan Basri, Daeng Matase, dan Abdul Qahar. 

2. Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin (Cilacap, Jawa Tengah)

Daftar kedua pondok pesantren terbesar yang ada di Pulau Jawa adalah pondok pesantren Al Ihya Ulumuddin. Pesantren di Cilacap yang satu ini didirikan oleh KH Badawi Hanafi pada tanggal 24 Nove,mber 1925. Lokasi ponpes ini berada di Desa Kesugihan, Kecamatan Kesugihan. 

3. Pondok Pesantren Daar El-Qolam 

Pesantren daar el qolam didirikan pada tanggal 20 Januari 1968 oleh tokoh yang bernama H Qasad Mansyur dan KH Drs Ahmad Rifai Arief. Pesantren ini lokasinya berada di Tangerang, Banten. 

4. Pondok Pesantren La Tansa (Lebak, Banten)

Pondok pesantren yang satu ini didirikan pada tanggal 9 Januari 1991. Sistem pendidikan dan pengajaran yang dilakukan pada ponpes di Banten ini yaitu dengan cara atau metode yang variatif sehingga para santri mudah untuk memahami pelajaran agama yang diajarkan. 

5. Pondok Pesantren Al Anwar (Rembang, Jawa Tengah)

Pondok pesantren Al Anwar didirikan pada tahun 1967. Selain itu sistem pendidikan yang dilakukan di ponpes yang ada di Kabupaten Rembang yaitu menggunakan sistem salafiyah, yang mana para santri diwajibkan untuk mengikuti pengajian masyayeh. 

6. Pondok Pesantren Tebuireng (Jombang, Jawa Timur)

Pesantren Tebuireng didirikan sejak tahun 1899 oleh ulama kondang bernama KH Hasyim Asyari. Perlu diketahui bahwa pondok pesantren di Jombang, yaitu Tebuireng ini selain mengajarkan tentang pendidikan bahasa arab dan ilmu agama ternyata juga memasukan pelajaran umum agar para santri memiliki bekal pengetahuan yang lebih kompleks. 

7. Pondok Pesantren Lirboyo (Kediri, Jawa Timur)

Pondok pesantren Lirboyo Kediri diprakarsai oleh KH Sholeh tepatnya di tahun 1910. Ponpes yang satu ini merupakan pesantren di Kediri yang mampu mengkombinasikan antara tradisi dengan kemodernitasan yang bisa salaing mengkapi satu sama lain. 

8. Pondok Pesantren Langitan (Tuban, Jawa Timur)

Pondok pesantren Langitan berlokasi di Dusun Mandungan, Widang, Tuban, Jawa Timur. Ponpes di Kabuaten Tuban yang satu ini didirikan sejak tahun 1852 dan dipimpin oleh KH Abdullah Faqih. 

9. Pondok Pesantren Sidogiri (Pasuruan, Jawa Timur)

Pondok pesantren Sidogiri didirikan oleh seorang ulama yang bernama Sayyid Sulaiman dari Cirebon. Beliau mendirikan ponpes ini bersama dengan kawannya yang bernama KH Aminullah tepatnya pada tahun 1745.

Hingga saat ini pondok pesantren di Pasuruan, yaitu PonPes Sidogiri menjadi salah satu pesatren yang selalu mengalami perkembangan semakin baik walau usianya telah tua. Sistem pendidikan yang ada di ponpes ini yaitu salaf murni dengan mengkaji ilmu agama melalui jenjang pendidikan madrasah diniyah hingga mahad ali atau universitas. 

10. Pondok Pesantren Modern Gontor (Ponorogo, Jawa Timur)

Pondok pesantren modern gontor didirikan oleh tiga bersaudara yang bernama KH Ahmad Sahal, KH Zainuddin Fananie, dan KH Imam Zarkasy atau sering juga disebut dengan istilah Trimurti. Pondok pesantren modern gontor didirikan pada tanggal 10 April 1926 di Provinsi Jawa Timur.

Perlu diketahui bahwa pondok pesantren di Ponorogo ini merupakan ponpes yang mempelopori dan sebagai inovator berdirinya pesantren modern karena terinsipirasi dari Aligarh Muslim University di India. Salah satu ciri utama pada ponpes modern gontor yaitu penggunaan bahasa arab dan inggris dalam sehari-hari serta tingkat disiplin yang tinggi.

Nah, demikianlah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan terkait dengan daftar nama-nama  pondok pesantren yang terbesar di wilayah Pulau Jawa. Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian ya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbesar di Pulau Jawa yang Harus Diketahui"